.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:masrul.huda@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:59 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Inggris I |
TS110222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
20-01-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Masrul Huda M.A. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198810072018031001 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yang tepat dan membuat serta mendemonstrasikan teks deskriptif, prosedural dan argumentatif sesuai dengan unsur-unsur kalimat dan tata bahasa baku bahasa Inggris. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1 Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai learning strategy, evaluation, learning contract, and introduction to general English. Sub CPMK 2 Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu skimming. Sub CPMK 3 Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu scanning. Sub CPMK 4 Mahasiswa mampu mengembangkan pemahaman kosa kata (building vocabulary). Sub CPMK 5 Mahasiswa mampu mengidentifikasi elemen yang ada pada paragraf. Sub CPMK 6 Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan antara inferensi dan kesimpulan. Sub CPMK 7 Mahasiswa mampu membuat inferensi. Sub CPMK 8 Mahasiswa mampu menulis teks deskriptif. Sub CPMK 9 Mahasiswa mampu menulis teks prosedural. Sub CPMK 10 Mahasiswa mampu melakukan demonstrative speech Sub CPMK 11 Mahasiswa mampu menulis teks argumentatif. Sub CPMK 12 Mahasiswa mampu mendemonstrasikan argumentative speech. Sub CPMK 13 Mahasiswa mampu mengerjakan TOEIC simulation pada bagian reading. Sub CPMK 14 Mahasiswa mampu mendemonstrasikan teks deskriptif. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Inggris mempelajari strategi membaca, pemahaman kosakata, paragraf, kesimpulan, dan inferensi sebagai persiapan menghadapi test TOEIC. Selain itu, juga mempelajari beberapa jenis teks yaitu teks deskriptif, prosedural, dan argumentatif. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Introduction to General English |
|||||||
Pustaka |
1. Bloomfield, Leonard, 1933, Language, New York, Henry Holt Company 2. Echols, John dan Hasan Shadily, 2008, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta,
Gramedia 3. Ellis,
Rod, 1985, Understanding Second Language
Acquisition, Oxford, Oxford University Press 5. Katamba,
Francais, 1993, Morphology, St.
Martins Press. NewYork 9. Roe,
B.D., Stoodt, B.D & Burns, P.C, 1995,
Secondary School Reading Instruction: The Content Areas. 5th ed,
Boston, Houghton Mifflin Company
10.Vacca,
R.T & Vacca, J.A. L, 1999, Content
Area Reading: Literacy and Learning across the Curriculum. 6th
ed, Boston, Addison-Wesley Educational Publishers Inc. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Laptop, Proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Masrul Huda, |
Mata Kuliah |
Bahasa Inggris I |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS110222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1 Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai learning strategy, evaluation, learning contract, and introduction to general English. |
Ketepatan menjelaskan poin penting pembelajaran dan memiliki motivasi dalam mempelajari Bahasa Inggris 1. |
Sikap dan Keaktifan (Rubrik Afektif) |
Ceramah Tanya-Jawab BM 1 x 60 menit (Membaca learning contract dan RPS di BLP) TM 1 x 50 menit Pemaparan learning contract dan pengenalan Bahasa Inggris secara umum BT 1 x 60 menit Mengerjakan fill in the blank exercise Karakteristik: - Interaktif - Holistik - Integratif |
Introduction to General English #Pustaka 1 |
2 |
|||
2 | Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu skimming. |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguasai strategi membaca cepat menggunakan metode skimming. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Integratif - Interaktif |
Skimming #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
2 |
|||
3 | Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu scanning. |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguasai strategi membaca cepat menggunakan metode scanning. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice
Karakteristik: - Integratif - Interaktif |
Scanning #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
2 |
|||
4 | Mahasiswa mampu mengembangkan pemahaman kosa kata (building vocabulary). |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang jenis dan sistem kosakata bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Mahasiswa mampu menjelaskan makna kata sulit dengan menggunakan petunjuk konteks |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Soal Fill in the Blank |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif |
Vocabulary Building : Synonym dan Antonym # Pustaka 2 # Pustaka 7 # Pustaka 8 |
2 |
|||
5 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi elemen yang ada pada paragraf. |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian main idea, topic dan title. Mahasiswa mampu menentukan main idea, topic dan title. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Elements of Paragraph : Mind Idea Supporting Sentence # Pustaka 3 # Pustaka 6 |
2 |
|||
6 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan antara inferensi dan kesimpulan. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep inferensi dan kesimpulan. Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan inferensi dan kesimpulan dalam sebuah teks. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Konsep Inferensi dan Kesimpulan # Pustaka 9 # Pustaka 10 |
2 |
|||
7 | Mahasiswa mampu membuat inferensi. |
Mahasiswa mampu membuat inferensi dalam sebuah teks bacaan. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Tugas 1 (Analyzing an essay) Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik
|
Steps in making Inferences # Pustaka 9 # Pustaka 10 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mahasiswa mampu menulis teks deskriptif. |
Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks yang berisi tentang deksripsi object. |
Sikap dan Keaktifan Menulis Essay/Teks |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Menulis teks descriptive Tugas 2 (Writing a Descriptive Text) Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Descriptive Text Generic Structure & Characteristics #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
5 |
|||
10 | Mahasiswa mampu mendemonstrasikan teks deskriptif. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan object (things) secara lisan dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat video describing things Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Describing a thing #Pustaka 3 #Pustaka 6 #Pustaka 9 |
5 |
|||
11 | Mahasiswa mampu menulis teks prosedural. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep procedural text. Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks procedural. |
Sikap dan Keaktifan Menulis teks procedural |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat poster tentang procedural text. Tugas 3 (Writing a Procedural Text) Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Procedural Text: Definition & generic Structure #Pustaka 4 #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
5 |
|||
12 | Mahasiswa mampu melakukan demonstrative speech |
Mahasiswa mampu melakukan demonstrative speech dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat video demonstrative speech Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Demonstrative Speech: How to ... Benefit ... #Pustaka 2 #Pustaka 7 |
5 |
|||
13 | Mahasiswa mampu menulis teks argumentatif. |
Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks argumentatif. |
Sikap dan Keaktifan Menulis teks argumentatif |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan fill in the blank exercise Tugas 4 (Writing an Argumentative Text) Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Argumentatiive Speech: Definition & Generic Structure #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
5 |
|||
14 | Mahasiswa mampu mendemonstrasikan argumentative speech. |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip argumentative speech. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan argumentative speech dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Debate |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Debate #Pustaka 2 #Pustaka 7 #Pustaka 8 |
5 |
|||
15 | Mahasiswa mampu mengerjakan TOEIC simulation pada bagian reading. |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal reading comprehension pada TOEIC. |
Soal multiple choice |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Mempelajari soal-soal reading TOEIC) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Soal Reading Comprehension in TOEIC #Pustaka 2 #Pustaka 7 #Pustaka 8 |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Masrul Huda lahir di Kediri pada tanggal 07-10-1988 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|