.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ria.setyawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 8, 2025, 4:57 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Operasional Patiseri |
MP231021 |
1 |
2 |
3 |
70 |
3 |
14-10-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ria Setyawati |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam operasional hotel dan kebersihan makanan (food hygiene) secara mendalam |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga (KU-7) Mampu membuat produk dan layanan hotel berskala kecil dan dapat memodifikasi produk dan layanan di hotel berskala besar (hotel berbintang) yang berkualitas sesuai dengan kerangka acuan kerja yang ditetapkan dan diakui oleh pemberi kerja (KU-10) Mampu menyusun perencanaan pengadaan, pencatatan, penyimpanan dan pendistribusian bahan dan supplies untuk kegiatan operasional pada bidang divisi kamar dan divisi tata hidang yang memenuhi standar kualitas yang dapat dibuktikan dengan peningkatan efisiensi biaya operasional dan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya, dengan mutu dan kuantitas yang dapat diukur dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KK-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1 : Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9) CP-MK 2 : Menerapkan nilai-nilai hospitalitry (Integritas, Sempurna, terpercaya, Profesional, Berkepribadian) (S11) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CP-MK 1 : Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup patiseri Sub-CP-MK 2 : Mahasiswa mampu memahami dan membuat produk bakery Sub-CP-MK 3 : Mahasiswa mampu memahami dan membuat produk pastry dan jenis-jenisnya Sun-CP-MK 4 : Mahasiswa mampu memahami dan membuat produk cake dan dekorasi cake Sub-CP-MK 5 : Mahasiswa mampu memahami tentang candy dan produk coklat Sub-CP-MK 6 : Mahasiswa mampu memahami hidangan dessert Sub-CP-MK 7 : Mahasiswa mampu memahami tentang produk cookies Sub-CP-MK 8 : Mahasiswa mampu memahami dan menyusun perencanaan operasional patiseri |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Operasional Patiseri mempelajari tentang produk patiseri yang terdiri dari, produk pastry dan bakery, produk cake, chocolate, dessert dan cookies serta penyusunan rencana operasional pada pastry section. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Ruang Lingkup Patiseri |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Faridah. A. 2008. Patiseri Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Faridah. A. 2008. Patiseri Jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Ria Setyawati, |
Mata Kuliah |
Operasional Patiseri |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP231021 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CP-MK 1 : Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup patiseri |
1. Ketepatan menjelaskan ruang lingkup patiseri 2. Kepetapan menjelaskan bahan patiseri 3. Ketepatan menjelaskan peralatan patiseri |
Kriteria penilaian: Pendoman penskoran Bentuk penilaian : 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50'))
Penugasan Terstruktur Tugas 1 : Menyusun laporan survey kunjungan ke toko bakery
|
Faridah A, dkk. 2008. Patiseri Jilid 1. Direktorat Pembinaan SMK |
10 |
|||
2 | Sub-CP-MK 2 : Mahasiswa mampu memahami dan membuat produk bakery |
|
Kriteria penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian :
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50'))
Penugasan terstruktur : Tugas 2: Mencari dan mengidentifikasi video pembuatan roti |
Faridah, A. 2008. Patiseri Jilid 2. Direktorat Pembinaan SMK |
5 |
|||
3 | Sub-CP-MK 3 : Mahasiswa mampu memahami dan membuat produk pastry dan jenis-jenisnya |
|
Kriteria penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian :
|
Proses Belajar ( 1 minggu x (3 sks x 50'))
Penugasan terstruktur : Tugas 3 : Mencari dan mengidentifikasi video pembuatan jenis-jenis produk pastry |
Faridah, A. 2008. Patiseri Jilid 2. Direktorat Pembinaan SMK |
5 |
|||
4 | Sun-CP-MK 4 : Mahasiswa mampu memahami dan membuat produk cake dan dekorasi cake |
|
Kriteri penilaian : pedoman penskoran Bentuk penilaian :
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50')) Kuliah Diskusi Penugasan Terstruktur : Tugas 4 : Mencari dan mengidentiviasi video pembuatan cake dan menghias cake |
Faridah, A. 2008. Patiseri Jilid 2. Direktorat Pembinaan SMK |
5 |
|||
5 | Sub-CP-MK 5 : Mahasiswa mampu memahami tentang candy dan produk coklat |
|
Kriteria penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian :
|
Proses belajar (1 minggu x (3 sks x 50')) Kuliah Diskusi Penugasan Terstruktur : Tugas 5 : Mencari dan mengidentifikasi video pembuatan variasi produk coklat dan candy |
Faridah, A. 2008. Patiseri Jilid 2. Direktorat Pembinaan SMK |
5 |
|||
6 | Sub-CP-MK 6 : Mahasiswa mampu memahami hidangan dessert |
|
Kriteria penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian :
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50')) Kuliah Diskusi Penugasan terstruktur : Tugas 6 : Mencari dan mengidentifikasi video pembuatan dan penyajian hidangan dessert |
Faridah, A. 2008. Patiseri Jilid 3. Direktorat Pembinaan SMK |
5 |
|||
7 | Sub-CP-MK 7 : Mahasiswa mampu memahami tentang produk cookies |
|
Kriteria penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian :
|
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50')) Kuliah Diskusi Penugasan tersktruktur : Tugas 7 : Mencari dan mengidentifikasi video pembuatan produk cookies |
Faridah, A. 2008. Patiseri Jilid 3. Direktorat Pembinaan SMK |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9 | Sub-CP-MK 8 : Mampu memahami dan menyusun perencanaan operasional patiseri |
|
Kriteria penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian : Penilaian dokumen perencanaan kegiatan secara berkelompok |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50')) Kuliah Studi kasus Penugasan terstruktur: Tugas 8 : Menyususn perencanaan kegiatan di pastry section |
Studi kasus : membuat rencana kegiatan pada pastry section untuk dilakukan secara berkelompok |
5 |
|||
10 | Sun-CP-MK 4 : Mahasiswa mampu memahami dan membuat produk cake dan dekorasi cake |
|
Kriteria penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian : Ketepatan dalam membuat dan menyajikan produk cake |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50') Praktikum
|
Praktikum: Membuat produk cake :
|
15 |
|||
11 | Sub-CP-MK 2 : Mahasiswa mampu memahami dan membuat produk bakery |
|
Kriteria penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian : Ketepatan dalam membuat dan menyajikan produk |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50')) Praktikum |
Praktikum : Membuat produk roti :
|
15 |
|||
12 | Sub-CP-MK 3 : Mahasiswa mampu memahami dan membuat produk pastry dan jenis-jenisnya |
|
Kriteria penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian : Ketepatan dalam membuat produk pastry |
Proses Bel;ajar (1 minggu x (3 sks x 50')) Praktikum
|
Praktikum Membuat produk pastry:
|
10 |
|||
13 | Sub-CP-MK 3 : Mahasiswa mampu memahami dan membuat produk pastry dan jenis-jenisnya |
|
Kriteria penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian: Ketepatan dalam membuat dan menyajikan produk pastry |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50')) Praktikum |
Praktikum: Membuat produk pastry :
|
10 |
|||
14 | Sub-CP-MK 8 : Mahasiswa mampu memahami dan menyusun perencanaan operasional patiseri |
|
Kriteri penilaian : Pedoman penskoran Bentuk penilaian : Penilaian dokumen perencanaan kegiatan secara individu |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50')) Kuliah Studi kasus Penugasan terstruktur: Tugas 9 : Menyusun perencanaan kegiatan di pastry section |
Studi kasus : membuat rencana kegiatan pada pastry section untuk dilakukan secara individu |
5 |
|||
15 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ria Setyawati lahir di Bantul pada tanggal 26 Mei 1985 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|