.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:anis.aulia@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:28 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Mekanika Rekayasa 3 |
JJ230217 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
04-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Anis Aulia Ulfa S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199309032022032014 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menghitung gaya dalam pada model struktur Rangka batang metode titik buhul, rangka batang metode cremona dan rangka batang metode ritter serta Struktur balok miring, portal, portal tiga sendi dan portal banyak sendi pada struktur statis tertentu |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menganalisa gaya dalam Rangka batang metode titik buhul dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK2: Mampu menganalisa gaya dalam rangka batang metode cremona dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK3: Mampu menganalisa gaya dalam rangka batang metode ritter dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK4: Mampu menganalisa gaya dalam Portal Statis Tertentu dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK5: Mampu menganalisa gaya dalam Struktur balok miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK6: Mampu menganalisa gaya dalam Portal dengan Balok Miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Mekanika Rekayasa 3 mempelajari rangka batang dan lanjutan struktur statis tertentu. Untuk perhitungan gaya dalam rangka batang statis tertentu akan dibahas 3 metode yaitu metode titik buhul dan metode ritter sebagai metode analitis dan perhitungan rangka batang dengan metode cremona sebagai metode grafis. Untuk struktur statis tertentu lanjutan berisi analisa gaya dalam pada balok miring, portal, portal 3 sendi dan portal banyak sendi | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Rangka batang metode titik buhul |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Buku Ajar, PowerPoint |
|||||||
Dosen Pengampu |
Anis Aulia Ulfa, |
Mata Kuliah |
Mekanika Rekayasa 3 |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ230217 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2 | Sub-CPMK1: Mampu menganalisa gaya dalam Rangka batang metode titik buhul dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepatan menjelaskan pengertian Rangka batang metode titik buhul |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Rangka batang metode titik buhul Pustaka #1 |
2 |
|||
Sub-CPMK1: Mampu menganalisa gaya dalam Rangka batang metode titik buhul dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam rangka batang dengan metode titik buhul |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Analisa Rangka batang metode titik buhul Pustaka #1 |
8 |
||||
3,4 | Sub-CPMK2: Mampu menganalisa gaya dalam rangka batang metode cremona dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepatan menjelaskan pengertian Rangka batang metode cremona |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Rangka batang metode cremona Pustaka #1 |
2 |
|||
Sub-CPMK2: Mampu menganalisa gaya dalam rangka batang metode cremona dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam rangka batang dengan metode cremona |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Analisa Rangka batang metode cremona Pustaka #1 |
8 |
||||
5,6,7 | Sub-CPMK3: Mampu menganalisa gaya dalam rangka batang metode ritter dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepatan menjelaskan pengertian Rangka batang metode ritter |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Rangka batang metode ritter Pustaka #1 |
2 |
|||
Sub-CPMK3: Mampu menganalisa gaya dalam rangka batang metode ritter dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam rangka batang dengan metode ritter |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Analisa Rangka batang dengan metode ritter Pustaka #1 |
4 |
||||
Sub-CPMK3: Mampu menganalisa gaya dalam rangka batang metode ritter dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam rangka batang dengan metode ritter (batang tertentu) |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Analisa Rangka batang dengan metode ritter (batang tertentu) Pustaka #1 |
4 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9,10,11 | Sub-CPMK4: Mampu menganalisa gaya dalam Portal Statis Tertentu dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepatan menjelaskan pengertian portal statis tertentu, jenis beban dan tumpuan |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Portal statis tertentu, jenis beban dan tumpuan Pustaka #1 |
2 |
|||
Sub-CPMK4: Mampu menganalisa gaya dalam Portal Statis Tertentu dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam portal statis tertentu sama kaki |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Analisa Portal statis tertentu sama kaki Pustaka #1 |
4 |
||||
Sub-CPMK4: Mampu menganalisa gaya dalam Portal Statis Tertentu dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam portal statis tertentu tidak sama kaki |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Analisa Portal statis tertentu tidak sama kaki Pustaka #1 |
4 |
||||
12,13 | Sub-CPMK5: Mampu menganalisa gaya dalam Struktur balok miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepatan menjelaskan gaya dalam balok miring |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Gaya dalam balok miring Pustaka #1 |
2 |
|||
Sub-CPMK5: Mampu menganalisa gaya dalam Struktur balok miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam balok miring |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Analisa gaya dalam balok miring Pustaka #1 |
8 |
||||
14,15 | Sub-CPMK6: Mampu menganalisa gaya dalam Portal dengan Balok Miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepatan menjelaskan |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Portal dengan balok miring Pustaka #1 |
2 |
|||
Sub-CPMK6: Mampu menganalisa gaya dalam Portal dengan Balok Miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam portal dengan balok miring |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Analisa Portal dengan balok miring Pustaka #1 |
8 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Anis Aulia Ulfa lahir di Balikpapan pada tanggal 03-09-1993 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|