.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:yudi.kurniawan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:13 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Motor Bakar I |
PAB2317 |
1 |
1 |
2 |
42 |
3 |
10-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Yudi Kurniawan S.T., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198905132020121003 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan memajukan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen (P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat (P-3) Mengusai konsep K3L (P-5) Menguasai konsep aplikasi dasar alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu melaksanakan program perawatan terencana dan tidak terencana yang terdefinisi dengan jelas (well-defined) sesuai jadwal, checklist, analisis data yang relevan dengan service literature dengan memperhatikan K3L (KK-4) Mampu melakukan pengujian, penyetelan, dan menganalisa pada system-system alata berat berdasarkan service literature (KK-6) Mampu melakukan proses membongkar dan merakit komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-9) Mampu melakukan pembacaan part catalog/ part book, part inventory, dan manajemen ware house |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu Menerapkan Perawatan, Perbaikan Dan Pemecahan Permasalahan Tentang System Engine Sesuai Dengan Standar Operasional Prosedur Dan Kesehatan Keselamatan Kerja Dan Lingkungan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dan definisi tentang combustion engine, prinsip kerja engine 2 langkah dan 4 langkah, engine Diesel dan gasoline. [C3, A3] Mahasiswa mampu mengidentifikasi nama, fungsi dan jenis-jenis komponen engine. [C3, A3] Mahasiswa mampu menjelaskan, menganalisis cara kerja sistem-sistem dalam engine. [C3, A3] Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis cara kerja komponen mekanisme valve. [C3, A3] Mahasiswa mampu melakukan penyetelan celah valve. [C4, A3] Mahasiswa mampu melakukan pengukuran dan menganalisis hasil pengukuran komponen engine. [C4, A3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Motor bakar I merupakan mata kuliah yang mengenalkan bagaimana system kerja pada motor bakar, beserta bagaimana cara melakukan perawatan terhadap komponennya. Materi mata kuliah motor bakar ini dilengkapi dengan bagaimana melakukan dan penyetelan komponen yang adjustable. Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar mampu menganalisis kerusakan komponen pada motor bakar sebelum terjadi kerusakan lebih lanjut | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Cara Kerja dan System kerja pada motor bakar, serta pekerjaan perawatan dan berbaikan terhadap komponen motor bakar. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1.PT. United Tractors, Diesel engine, 2012
2.Arismunandar, Wiranto, Penggerak Mula Motor Bakar Torak : Penerbit ITB Bandung, 1989
3.Arismunandar, Wiranto, dan Koichi Tsuda, Motor Diesel Putaran Tinggi : Penerbit Pradnya Paramita, Jakarta 1976 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, Proyektor, papan tulis, spidol, penghapus, kertas, ballpoint dan BLP |
|||||||
Dosen Pengampu |
Yudi Kurniawan, |
Mata Kuliah |
Motor Bakar I |
|||
Kode Mata Kuliah |
PAB2317 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dan definisi tentang combustion engine, prinsip kerja engine 2 langkah dan 4 langkah, engine Diesel dan gasoline. [C3, A3] |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang prinsip combustion engine |
Tanya jawab / umpan balik |
Ceramah TM (50 menit) Diskusi (70 menit) Tugas (50 menit) |
Combustion engine 1. Halaman 2-17 |
1 |
|||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dan definisi tentang combustion engine, prinsip kerja engine 2 langkah dan 4 langkah, engine Diesel dan gasoline. [C3, A3] |
Mahasiswa mampu Menganalisis tentang engine 2 langkah dan 4 langkah
|
Tanya Jawab / Umpan Balik / kuis |
Ceramah TM (50 menit) Diskusi (70 menit) Tugas (50 menit) |
Engine 2 langkah dan 4 langkah 1 Halaman 20-32 |
1 |
|||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dan definisi tentang combustion engine, prinsip kerja engine 2 langkah dan 4 langkah, engine Diesel dan gasoline. [C3, A3] |
Mahasiswa mampu Menganalisis tentang prinsip kerja engine diesel dan engine gasoline |
Tanya Jawab / Umpan Balik presentasi kelompok |
Ceramah TM (50 menit) Diskusi (70 menit) Tugas (50 menit) |
Engine Diesel dan gasoline 1 Halaman 35-55 |
1 |
|||
4 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi nama, fungsi dan jenis-jenis komponen engine. [C3, A3] |
Mahasiswa mampu Menganalisis tentang fungsi dan jenis komponen engine |
Tanya Jawab / Umpan Balik / presentasi kelompok |
Ceramah TM (50 menit) Diskusi (70 menit) Tugas (50 menit) |
Komponen-komponen engine 1. Halaman 56-66 2. Halaman 20-32 |
1 |
|||
5 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi nama, fungsi dan jenis-jenis komponen engine. [C3, A3] |
Mahasiswa mampu Menganalisis tentang fungsin, jenis komponen engine |
Tanya Jawab / Umpan Balik presentasi kelompok |
Ceramah TM (50 menit) Diskusi (70 menit) Tugas (50 menit) |
Komponen-komponen engine 1 Halaman 56-66 2 Halaman 20-32 |
1 |
|||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan, menganalisis cara kerja sistem-sistem dalam engine. [C3, A3] | Mahasiswa Mampu Menganalisis tentang system-sistem engine |
Tanya Jawab / Umpan Balik presentasi kelompok |
Ceramah TM (50 menit) Diskusi (70 menit) Tugas (50 menit) |
Sistem-sistem engine
1 Halaman 68-78, 80-88 2 Halaman 45-54 3 Halaman 14-18 |
1 |
|||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan, menganalisis cara kerja sistem-sistem dalam engine. [C3, A3] |
Mahasiswa mampu Menganalisis tentang air induction system beserta komponennya |
Tanya Jawab / Umpan Balik |
Ceramah TM (50 menit) Diskusi (70 menit) Tugas (50 menit |
Air induction system 1 Halaman 80-88 3 Halaman 14-18 |
1 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan, menganalisis cara kerja sistem-sistem dalam engine. [C3, A3] |
Mahasiswa mampu Menganalisis tentang cooling system beserta komponennya
|
Tanya Jawab / Umpan Balik |
Ceramah TM (50 menit) Diskusi (70 menit) Tugas (50 menit) |
Sistem Pendingin (Cooling System)
1 Halaman 90-98, 102-110 3 Halaman 55-58, 59-65 |
1 |
|||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan, menganalisis cara kerja sistem-sistem dalam engine. [C3, A3] |
Mahasiswa mampu Menganalisis tentang lubrication system beserta komponennya |
Tanya Jawab / Umpan Balik |
Ceramah TM (50 menit) Diskusi (70 menit) Tugas (50 menit) |
Sistem Pelumasan (Lubricating System 1 Halaman 102-110 3 Halaman 59-65 |
1 |
|||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis cara kerja komponen mekanisme valve. [C3, A3] |
Mahasiswa mampu Menganalisis tentang cara kerja mekanisme valve beserta komponennya |
Tanya Jawab / Umpan Balik |
Ceramah TM (50 menit) Diskusi (70 menit) Tugas (50 menit) |
Valve mechanism 1 Halaman 113-125 |
1 |
|||
12 | Mahasiswa mampu melakukan penyetelan celah valve. [C4, A3] |
Mahasiswa mampu Menganalisis tentang testing dan adjusting komponen |
Tanya Jawab / Umpan Balik / Praktek |
Case Base Learning (CBL) Praktik (170 menit) diskusi (50 menit) |
Valve Clearance 1. Halaman 126-130 |
10 |
|||
13 | Mahasiswa mampu melakukan penyetelan celah valve. [C4, A3] |
Mahasiswa mampu melakukan dan menganalisis tentang testing dan adjusting komponen |
Tanya Jawab / Umpan Balik Laporan Praktikum |
CBL, Praktik (170 menit) diskusi (50 menit) |
Valve Clearance 1 Halaman 126-130 |
15 |
|||
14 | Mahasiswa mampu melakukan pengukuran dan menganalisis hasil pengukuran komponen engine. [C4, A3] |
Mahasiswa mampu melakukan pekerjaan pengukuran dan menganalisis tentang hasil pengukuran komponen engine |
Tanya Jawab / Umpan Balik / Laporan Praktikum |
CBL, Praktik (170 menit), diskusi (50 menit) |
Measurement component 1 Halaman 132-145 |
10 |
|||
15 | Mahasiswa mampu melakukan pengukuran dan menganalisis hasil pengukuran komponen engine. [C4, A3] |
Mahasiswa mampu melakukan pekerjaan pengukuran dan menganalisis tentang hasil pengukuran komponen engine |
Tanya Jawab / Umpan Balik Laporan Praktikum |
CBL, Praktik (170 menit), diskusi (50 menit) |
Measurement 1 Halaman 132-145 |
15 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Yudi Kurniawan lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|