.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mariatul.kiptiah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 12, 2025, 3:16 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pengetahuan Lingkungan |
TS120922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
23-01-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mariatul Kiptiah S.T., M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199008172019032031 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni (KU-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-3) Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mengidentifikasi dan menyelesaiakan masalah lingkungan di Bidang konstruksi Jalan dan Jembatan Mampu merancang Teknologi Pengolahan untuk meminimalisir dampak limbah yang ditimbulkan. (CPL KK1) Mampu merancang Teknologi Pengolahan untuk meminimalisir dampak limbah yang ditimbulkan. (CPL KK1) Memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaanya secara mandiri.(CPL Sh) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
(CPMK 2) Mampu menjelaskan berbagai metode pengolahan untuk meminimalisir pencemaran lingkungan (CPMK 1) Mampu merumuskan permasalahan pencemaran lingkungan dengan sumber rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. (CPMK 1) Mampu memilih dan menetapkan kasus permasalahan dengan penyelesaian secara sistematis, bermutu dan terukur (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada Mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip lingkungan hidup dan metode pengolahan pencemaran lingkungan. Mahasiswa belajar pengertian pengetahuan Lingkungan Hidup, mengidentifikasi, merumuskan permasalahan lingkungan, memilih dan menetapkan kasus permas | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengetahuan Lingkungan 2. Pencemaran yang diakibatkan aktivitas Manusia. 3. Pencemaran Air 4. Pencemaran Udara 5. Pencemaran Tanah 6. Pencemaran Suara 7. Rancangan Teknologi Pengolahan pencemaran lingkungan secara sederhana 8. Analisa mengenai dampak lingkungan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Alat : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mariatul Kiptiah, |
Mata Kuliah |
Pengetahuan Lingkungan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | (CPMK 1) Mampu merumuskan permasalahan pencemaran lingkungan dengan sumber rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. |
Ketepatan dalam mengambil pokok penting dalam suatu artikel terkait pencemaran lingkungan. |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan menjelaskan pendahuluan materi yang akan dipelajari) BT : 2 x 60 menit (Mengkaji artikel terkait pencemaran lingkungan.) |
Permasalahan pencemaran Lingkungan dengan sumber rujukan secara ilmiah. Hal: 35-40 Pustaka: [1] Azrul Anwar, 1979, Pengantar Ilmu Lingkungan, Jakarta: Penerbit Mutiara |
2 |
|||
2 | (CPMK 2) Mampu menjelaskan berbagai metode pengolahan untuk meminimalisir pencemaran lingkungan |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan Metode Jenis-jenis pengolahan limbah, Pencemaran Lingkungan) |
Jenis-jenis Metode Pengolahan untuk pencemaran Hal: 10 -20 Pustaka: [2] Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP. |
3 |
|||
3 | (CPMK 1) Mampu merumuskan permasalahan pencemaran lingkungan dengan sumber rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. |
Ketepatan altenatif solusi dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan:
Mampu menyelesaikan permaslaah dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan Pemaparan materi dan diskus) BT : 2 x 60 menit (memilih Studi Kasus dengan penyelesaiannya)
|
Kasus Permasalahan di Lingkungan Konstruksi Jalan Jembatan dan Pencemaran Lingkungan Hal. 51-59 Pustaka: [3] Miller G.Yr. 2000, 1998 atau 1996, Living in the Enviromnet Principles, California: Wadsworth Publishing Company. |
3 |
|||
4 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
Ketepatan altenatif solusi dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan:
Mampu menyelesaikan permaslaah dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok, Rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup)
|
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi Jalan Jembatan dan Pencemaran Lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah. Hal. 60 -78 Pustaka: [2] Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP. |
3 |
|||
5 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
Ketepatan altenatif solusi dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan:
Mampu menyelesaikan permaslaah dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok, Rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup)
|
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi Jalan Jembatan dan Pencemaran Lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah. Hal. 60 -78 Pustaka: [2] Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP. |
3 |
|||
6 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
Ketepatan altenatif solusi dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan:
Mampu menyelesaikan permaslaah dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok, Rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi Jalan Jembatan dan Pencemaran Lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah. Hal. 60 -78 Pustaka: [2] Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP. |
3 |
|||
7 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
Ketepatan altenatif solusi dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan:
Mampu menyelesaikan permaslaah dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok, Rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup)
|
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi Jalan Jembatan dan Pencemaran Lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah. Hal. 60 -78 Pustaka: [2] Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP. |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup)
|
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi Jalan Jembatan dan Pencemaran Lingkungan terkait Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. Hal. 78-85 Pustaka: [5] Soeriaatmadja,1991, Ilmu Lingkungan, Bandung: ITB |
2 |
|||
10 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup)
|
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi Jalan Jembatan dan Pencemaran Lingkungan terkait Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. Hal. 78-85
Pustaka: [5] Soeriaatmadja,1991, Ilmu Lingkungan, Bandung: ITB |
3 |
|||
11 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan:
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi Jalan Jembatan dan Pencemaran Lingkungan terkait Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. Hal. 78-85 Pustaka: [5] Soeriaatmadja,1991, Ilmu Lingkungan, Bandung: ITB |
3 |
|||
12 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Mereview kembali materi yang sudah disampaikan)
|
Perancangan Teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan. Hal. 100-117 Pustaka: [6] Stanley H.Anderson, 1993, Environmental Science, New York: Mcmillan Publishing Company. |
3 |
|||
13 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Mereview kembali materi yang sudah disampaikan)
|
Perancangan Teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan. Hal. 100-117 Pustaka: [6] Stanley H.Anderson, 1993, Environmental Science, New York: Mcmillan Publishing Company. |
3 |
|||
14 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Mereview kembali materi yang sudah disampaikan)
|
Perancangan Teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan. Hal. 100-117 Pustaka: [6] Stanley H.Anderson, 1993, Environmental Science, New York: Mcmillan Publishing Company. |
3 |
|||
15 | (CPMK 3) (CPMK4). Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. |
|
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test:
|
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Mereview kembali materi yang sudah disampaikan)
|
Perancangan Teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan. Hal. 100-117
Pustaka: [6] Stanley H.Anderson, 1993, Environmental Science, New York: Mcmillan Publishing Company. |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mariatul Kiptiah lahir di Palangka Raya pada tanggal 17-08-1990 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|