.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:aryati.muhaymin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:18 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Fisika Terapan |
AB110822 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
05-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Aryati Muhaymin Marali |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasai nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen (P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1 : Mampu memahami mekanika CPMK2 : Mampu memahami Friction CPMK3 : Mampu memahami dan menganalisa Energy CPMK4 : Mampu memahami getaran dan gelombang CPMK5 : Mampu memahami dan menganalisa statika dan dinamika CPMK6 : Mampu memahami dan menganalisa termodinamika CPMK7 : Mampu memahami listrik dan magnet |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-Cpmk 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami dasar mekanika UNITS, kecepatan & percepatan, applikasi hk. newton. [S7, P1] Sub-CPMK 2 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami dasar friction [S7, P2, KU5] SUb-CPMK 3 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa energy di bidang alat berat. [S9, P2, KU3, KU5] Sub-CPMK 4 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami getaran dan gelombang [S7, P1] Sub-CPMK 5 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa statika dan dinamika [S9, P2, KU3, KU5] Sub-CPMK 6 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa termodinamika [S8, P2, KU5, KK1] Sub-CPMK 7 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami listrik dan magnet [S7, P1] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah fisika terapan diharapkan mahasiswa mempelajari dan dapat memahami pengenalan Konversi Satuan; Keseimbangan Partikel; Statika dan dinamia, Usaha, Energi dan Daya; Perpindahan Panas; Hidrokarbon dan Listri & Magnet |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Meknika (dasar kinematika & dinamika |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. HalidaydanResnick. 1986. Fisika (3rd ed. Jilid I) TerjemahanPanturSilabandan Erwin Sucipto. Jakarta: Erlangga. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Alat; Laptop, LCD & Projector, perangkat audio-visual. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Aryati Muhaymin Marali, |
Mata Kuliah |
Fisika Terapan |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB110822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||||
1 | Sub-Cpmk 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami dasar mekanika UNITS, kecepatan & percepatan, applikasi hk. newton. [S7, P1] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan memahami dasar mekanika (UNITS, kecepatan & percepatan, aplikasi hukum newton. |
Kriteria :
Bentuk Penilaian Non-Test : Diskusi |
Model pembelajaran: Ceramah dan Diskusi Tatap Muka (2 x 50 Menit) Belajar Mandiri (2 x 60) |
Dasar Kinematika dan dinamika yaitu kecepatan dan percepatan Dasar Mekanika Teknik yaitu aplikasi hukum newton Prima, DR. Eka Cahya S. Kinematika dan Dinamika Gerak, serta Suhu dan Kalor. Modul Belajar Mandiri Ghurri, Ainul. Dasar-dasar mekanika fluida. 2014. Modul. |
1 |
|||||
2 | Sub-Cpmk 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami dasar mekanika UNITS, kecepatan & percepatan, applikasi hk. newton. [S7, P1] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan memahami dasar mekanika (UNITS, kecepatan & percepatan, aplikasi hukum newton. |
|
|
Dasar Kinematika dan dinamika yaitu kecepatan dan percepatan Dasar Mekanika Teknik yaitu aplikasi hukum newton Prima, DR. Eka Cahya S. Kinematika dan Dinamika Gerak, serta Suhu dan Kalor. Modul Belajar Mandiri Ghurri, Ainul. Dasar-dasar mekanika fluida. 2014. Modul. |
1 |
|||||
3 | Sub-CPMK 2 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami dasar friction [S7, P2, KU5] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan mememahami dasar friction |
Kriteria :
Bentuk Penilaian : Non test : Diskusi Tets : Tugas Terstruktur |
Model Pembelajaran :
|
Friction Gesekan, keausan khususnya pada aplikasi alat berat Mandra, MAS. 2008. FisikaTeknik 1. Makassar: BadanPenerbit UNM. |
2 |
|||||
4 | SUb-CPMK 3 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa energy di bidang alat berat. [S9, P2, KU3, KU5] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan melakukan analisa energy di bidang alat berat. |
Kriteria :
Bentuk Penilaian Non Test : Observasi, Diskusi Test : Tugas Terstruktur , Mencari Jurnal Terkait |
Model Pembelajaran
|
Energy HalidaydanResnick. 1986. Fisika (3rd ed. Jilid I) TerjemahanPanturSilabandan Erwin Sucipto. Jakarta: Erlangga |
5 |
|||||
5 | SUb-CPMK 3 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa energy di bidang alat berat. [S9, P2, KU3, KU5] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan melakukan analisa energy di bidang alat berat |
Kriteria :
Bentuk Penilaian Non Test : Observasi, Diskusi Test : Tugas Terstruktur , Mencari Jurnal Terkait |
|
Energy HalidaydanResnick. 1986. Fisika (3rd ed. Jilid I) TerjemahanPanturSilabandan Erwin Sucipto. Jakarta: Erlangga |
10 |
|||||
6 | SUb-CPMK 3 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa energy di bidang alat berat. [S9, P2, KU3, KU5] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan melakukan analisa energy di bidang alat berat. |
Kriteria :
Bentuk Penilaian
|
CBL (Tatap Muka (luring) 2x50”) Membaca Pustaka (Belajar Mandiri 2x60”) |
Energi HalidaydanResnick. 1986. Fisika (3rd ed. Jilid I) TerjemahanPanturSilabandan Erwin Sucipto. Jakarta: Erlangga |
10 |
|||||
7 | Sub-CPMK 4 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami getaran dan gelombang [S7, P1] |
Ketepaatan mahasiswa dalam menjelaskan dan memahami getaran dan gelombang |
Kriteria :
Bentuk Penilaian
|
Model Pembelajaran
|
Getaran dan gelombang Mandra, MAS. 2008. FisikaTeknik 1. Makassar: BadanPenerbit UNM |
2 |
|||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||||
9 | Sub-CPMK 5 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa statika dan dinamika [S9, P2, KU3, KU5] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan melakukan analisa statika dan dinamika |
Kriteria :
Bentuk Penilaian
|
Model Pembelajaran
|
Statika dan dinamika yang akan dipelajari yaitu dasar- dasar fluis dan hidrolik pada alat berat Mandra, MAS. 2008. FisikaTeknik 1. Makassar: BadanPenerbit UNM |
1 |
|||||
10 | Sub-CPMK 5 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa statika dan dinamika [S9, P2, KU3, KU5] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan melakukan analisa statika dan dinamika |
Kriteria :
Bentuk Penilaian
|
Model Pembelajaran
|
Statika dan dinamika yang akan dipelajari yaitu dasar- dasar fluis dan hidrolik pada alat berat Mandra, MAS. 2008. FisikaTeknik 1. Makassar: BadanPenerbit UNM |
1 |
|||||
11 | Sub-CPMK 6 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa termodinamika [S8, P2, KU5, KK1] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan melakukan analisa termodinamika dan penerapan di bidang alat berat |
Kriteria:
Bentuk Penilaian ; non-test: Diskusi, Observasi, Quisioner (Penilaian antar teman) |
Model Pembelajaran
|
Dasar termodinamika, yaitu usaha, hukum termo 1 dan hukum termo 2, perpindahan panas
|
5 |
|||||
12 | Sub-CPMK 6 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa termodinamika [S8, P2, KU5, KK1] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan melakukan analisa termodinamika dan penerapan di bidang alat berat |
Kriteria:
Bentuk Penilaian ; non-test: Diskusi, Observasi, Quisioner (Penilaian antar teman) |
Model Pembelajaran
|
Dasar termodinamika, yaitu usaha, hukum termo 1 dan hukum termo 2, perpindahan panas HalidaydanResnick. 1986. Fisika (3rd ed. Jilid I) Terjemahan Pantur Silaban dan Erwin Sucipto. Jakarta: Erlangga. Mandra, MAS. 2008. FisikaTeknik 1. Makassar: BadanPenerbit UNM |
10 |
|||||
13 | Sub-CPMK 6 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan analisa termodinamika [S8, P2, KU5, KK1] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan dan melakukan analisa termodinamika dan penerapan di bidang alat berat |
Kriteria:
Bentuk Penilaian ; non-test: Diskusi, Observasi, Quisioner (Penilaian antar teman) |
Model Pembelajaran
|
Dasar termodinamika, yaitu usaha, hukum termo 1 dan hukum termo 2, perpindahan panas HalidaydanResnick. 1986. Fisika (3rd ed. Jilid I) Terjemahan Pantur Silaban dan Erwin Sucipto. Jakarta: Erlangga. Mandra, MAS. 2008. FisikaTeknik 1. Makassar: BadanPenerbit UNM |
10 |
|||||
14 | Sub-CPMK 7 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami listrik dan magnet [S7, P1] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan listrik dan magnet |
Kriteria:
|
Model Pembelajaran
|
Dasar motor listrik; Selenoid; Valve yang ada di unit alat berat Mandra, MAS. 2008. FisikaTeknik 1. Makassar: BadanPenerbit UNM |
1 |
|||||
15 | Sub-CPMK 7 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami listrik dan magnet [S7, P1] |
Ketepatan mahasiswa menjelaskan listrik dan magnet |
Kriteria: • Ketepatan mahasiswa memahami dan menjelaskan • Keaktifan mahasiswa didalam kelas
Bentuk Penilaian test: Tugas dan Presentasi |
Model Pembelajaran Ceramah, diskusi (Tatap Muka (luring) 2x50”) Membaca Pustaka (Belajar Mandiri 2 x 60") |
Dasar motor listrik; Selenoid; Valve yang ada di unit alat berat Mandra, MAS. 2008. FisikaTeknik 1. Makassar: BadanPenerbit UNM |
1 |
|||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Aryati Muhaymin Marali lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|