.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ezra.hartarto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:57 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Drainase Jalan |
JJ241017 |
2 |
0 |
2 |
28 |
4 |
31-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199110232019031013 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-3) Mampu mengelola survey (merencanakan, mengimplementasikan, mengendalikan) dan interpretasi data (tata guna lahan, kontur, lalu lintas, hidrologi), uji dan analisa kelaikan tanah (geoteknik), uji dan analisa material, untuk menghasilkan perancangan teknik rinci sesuai dengan norma-standar-pedoman dan manual 3 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu memahami dasar perencanaan drainase dan merancang kapasitas saluran drainase jalan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan terkait dasar-dasar drainase jalan [C2, A2] Sub-CPMK 2: Mampu menganalisis besar intensitas hujan [C4, A3] Sub-CPMK 3: Mampu menganalisis daerah layanan aliran [C4, A3] Sub-CPMK 4: Mampu menganalisis debit saluran drainase [ C4, A3] Sub-CPMK 5: Mampu merancang sistem resapan aliran [C6, A3] Sub-CPMK 6: Mampu merancang kapasitas saluran drainase jalan [C6, A3] Sub-CPMK 7: Mampu merancang program operasi pemeliharaan drainase jalan [C6, A3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Drainase Jalan mempelajari evaluasi dan rancangan teknik drainase jalan yang berisikan faktor-faktor hidrologi, hidrolika, konservasi, hingga desain perencanaan drainase jalan. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Dasar drainase jalan |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Ezra Hartarto Pongtuluran, |
Mata Kuliah |
Drainase Jalan |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ241017 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan terkait dasar-dasar drainase jalan [C2, A2] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
1 |
|||
2,3,4 | Sub-CPMK 2: Mampu menganalisis besar intensitas hujan [C4, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
2 |
|||
Sub-CPMK 2: Mampu menganalisis besar intensitas hujan [C4, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
3 |
||||
Sub-CPMK 2: Mampu menganalisis besar intensitas hujan [C4, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
2 |
||||
5,6 | Sub-CPMK 3: Mampu menganalisis daerah layanan aliran [C4, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
2 |
|||
Sub-CPMK 3: Mampu menganalisis daerah layanan aliran [C4, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
2 |
||||
7 | Sub-CPMK 4: Mampu menganalisis debit saluran drainase [ C4, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9,10 | Sub-CPMK 5: Mampu merancang sistem resapan aliran [C6, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
2 |
|||
Sub-CPMK 5: Mampu merancang sistem resapan aliran [C6, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
2 |
||||
11,12,13 | Sub-CPMK 6: Mampu merancang kapasitas saluran drainase jalan [C6, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
2 |
|||
Sub-CPMK 6: Mampu merancang kapasitas saluran drainase jalan [C6, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
3 |
||||
Sub-CPMK 6: Mampu merancang kapasitas saluran drainase jalan [C6, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
2 |
||||
14,15 | Sub-CPMK 7: Mampu merancang program operasi pemeliharaan drainase jalan [C6, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
2 |
|||
Sub-CPMK 7: Mampu merancang program operasi pemeliharaan drainase jalan [C6, A3] |
|
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: |
Materi Pembelajaran: Pustaka: |
2 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
40 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ezra Hartarto Pongtuluran lahir di Samarinda pada tanggal 23-10-1991 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|