.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:sunarno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:34 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Praktek Kerja Beton |
TS240622 |
0 |
3 |
3 |
126 |
4 |
18-01-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Drs.. Sunarno M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 196404131990031015 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-2) Menguasai prinsip pengujian dan pengukuran komponen bangunan sipil sesuai codes dan standar (P-3) Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) (P-8) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunangedung di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-4) Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-8) Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur, Rencana Kerja dan Syarat, dan nilai kontrak, dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Menguasai konsep teoritis matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas 1, pelaksanaan dan pengawasan bangunan sipil2 CPMK 2 : Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan sipil CPMK 3. : Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunan sipil di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) CPMK 4 : Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat CPMK 5 : Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur CPMK 6. : Menyusun laporan tentang hasil dan proses kerja dengan akurat dan sahih, mengomunikasikan secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkannya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 Mengidentifikasi peralatan praktik kerja batu dan beton serta mengetahui dan memahami tentang tipe-tipe spesi, proses pencampuran spesi dan mempraktekkan dalam pemasangan dinding tembok ½ bentangan lurus dan ikatan siku(L),(CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) Sub-CPMK 2. Mampu memahami dan mempraktekkan pemasangan dinding tembok ½ ikatan Pertemuan (T) dan persilangan(+) (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) Sub-CPMK 3. Mampu memahami dan mempraktekkan menggunakan peralatan dasar praktik beton, menghitung ukuran dan jumlah bahan dalam pembuatan Sengkang dan membuat pembesian footplat (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktikan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok (sloof/Ringbalk) dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) Sub-CPMK 5.Mampu memahami dan mempraktikan pembesian dan menghitung bahan pembesian plat dan membuat konstruksi beton sederhana serta perawatan beton (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) Sub-CPMK 6. Mampu memahami dan mempraktikan pembesian dan menghitung bahan pembesian plat dan membuat konstruksi beton sederhana serta perawatan beton (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Lab. Praktek Beton)* mempelajari pentingnya fungsi dan alat praktik beton; ketrampilan pembuatan spesi/adukan; ketrampilan memasang bata, ketrampilan pembuatan besi sengkang; ketrampilan memasang/merangkai besi tulangan untuk pondasi, sloof, kolom, balok, plat serta pemahaman tentang pelaksanaan pekerjaan konstruksi beton untuk bangunan gedung sesuai dengan ketentuan konstruksi bangunan gedung yang berlaku |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengenalan macam-macam Peralatan Praktik Beton 2. Praktik membuat adukan/spesi /campuran beton 3. Pasangan Tembok1/2 Bata Ikatan Lurus, Siku, Pertemuan, Persilangan 4. Besi Sengkang 5. Pembesian dan Pengecoran Sloof /Balok 6. Pembesian dan Pengecoran Kolom/Tiang 7. Pembesian dan Pengecoran Plat |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: A. PEDC, (2016), Pedoman Konstruksi Batu I & II, Bandung E. _____,(2016), KONSTRUKSI RUMAH SEDERHANA, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Jakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Sunarno, |
Mata Kuliah |
Praktek Kerja Beton |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS240622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2,3,4 | Sub-CPMK 1 Mengidentifikasi peralatan praktik kerja batu dan beton serta mengetahui dan memahami tentang tipe-tipe spesi, proses pencampuran spesi dan mempraktekkan dalam pemasangan dinding tembok ½ bentangan lurus dan ikatan siku(L),(CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan mengidentifikasi peralatan praktik kerja batu dan beton Ketepatan membedakan jenis-jenis peralatan praktik kerja batu dan beton |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
Menyusun Rencana Laporan Praktik |
Pengertian . Jenis-jenis alat Praktik Beton dan fungsinya Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY
|
0 |
|||
Sub-CPMK 1 Mengidentifikasi peralatan praktik kerja batu dan beton serta mengetahui dan memahami tentang tipe-tipe spesi, proses pencampuran spesi dan mempraktekkan dalam pemasangan dinding tembok ½ bentangan lurus dan ikatan siku(L),(CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Memahami bahan yang digunakan dan perbandingan dalam pembuatan spesi Memahami proses pengadukan spesi dan campuran beton |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Metode Pembelajaran : Diskusi, Demonstrasi, Praktik |
LayOut tempat Praktik Dan Membuat Spesi dengan takaran yang sudah ditentukan PEDC, (2016), Pedoman Konstruksi Batu I & II, Bandung Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
0 |
||||
Sub-CPMK 1 Mengidentifikasi peralatan praktik kerja batu dan beton serta mengetahui dan memahami tentang tipe-tipe spesi, proses pencampuran spesi dan mempraktekkan dalam pemasangan dinding tembok ½ bentangan lurus dan ikatan siku(L),(CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan memasang dinding bata ½ bentangan lurus |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 1: Praktik memasang bata bentang lurus ½ bata |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu II, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
||||
Sub-CPMK 1 Mengidentifikasi peralatan praktik kerja batu dan beton serta mengetahui dan memahami tentang tipe-tipe spesi, proses pencampuran spesi dan mempraktekkan dalam pemasangan dinding tembok ½ bentangan lurus dan ikatan siku(L),(CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan memasang dinding bata ½ bentuk Siku(L) |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 2: Praktik memasang bata ½ bata bentuk siku |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
||||
5,6 | Sub-CPMK 2. Mampu memahami dan mempraktekkan pemasangan dinding tembok ½ ikatan Pertemuan (T) dan persilangan(+) (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan memasang dinding bata ½ bentuk Pertemuan (T) |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 3: Praktik memasang bata ½ bata bentuk pertemuan |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
|||
Sub-CPMK 2. Mampu memahami dan mempraktekkan pemasangan dinding tembok ½ ikatan Pertemuan (T) dan persilangan(+) (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan memasang dinding bata ½ bentuk Persilangan(+) |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 4: Praktik memasang bata ½ bata bentuk persilangan |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
||||
7 | Sub-CPMK 3. Mampu memahami dan mempraktekkan menggunakan peralatan dasar praktik beton, menghitung ukuran dan jumlah bahan dalam pembuatan Sengkang dan membuat pembesian footplat (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat Sengkang dengan ukuran dan diameter besi sesuai yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 5: Praktik membuat Sengkang dengan ukuran yang ditentukan |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY _____,(2016), KONSTRUKSI RUMAH SEDERHANA, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Jakarta |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 3. Mampu memahami dan mempraktekkan menggunakan peralatan dasar praktik beton, menghitung ukuran dan jumlah bahan dalam pembuatan Sengkang dan membuat pembesian footplat (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian footplat dengan besi dan ukuran yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 6: Praktik membuat Footplat sederhana dengan ukuran yang ditentukan |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY _____,(2016), KONSTRUKSI RUMAH SEDERHANA, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Jakarta |
5 |
|||
10,11 | Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktikan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok (sloof/Ringbalk) dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian sloof/balok dengan besi dan ukuran yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 7: Praktik membuat Sloof/balok dengan ukuran yang ditentukan |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY
|
5 |
|||
Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktikan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok (sloof/Ringbalk) dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian kolom dengan besi dan ukuran yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 8: Praktik membuat Kolom dengan ukuran yang ditentukan |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY _____,(2016), KONSTRUKSI RUMAH SEDERHANA, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Jakarta |
5 |
||||
12,13,14 | Sub-CPMK 5.Mampu memahami dan mempraktikan pembesian dan menghitung bahan pembesian plat dan membuat konstruksi beton sederhana serta perawatan beton (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian plat dengan besi dan ukuran yang ditentukan. Ketepatan Membuat konstruksi sederhana dengan ukuran dan besi sesuai dengan yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 9:
|
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
|||
Sub-CPMK 5.Mampu memahami dan mempraktikan pembesian dan menghitung bahan pembesian plat dan membuat konstruksi beton sederhana serta perawatan beton (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan Membuat konstruksi sederhana dengan ukuran dan besi sesuai dengan yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 10:
|
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
||||
Sub-CPMK 5.Mampu memahami dan mempraktikan pembesian dan menghitung bahan pembesian plat dan membuat konstruksi beton sederhana serta perawatan beton (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan Membuat konstruksi sederhana dengan ukuran dan besi sesuai dengan yang ditentukan. Ketepatan dalam perawatan beton setelah pengecoran. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 11:
|
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
||||
15 | Sub-CPMK 6. Mampu memahami dan mempraktikan pembesian dan menghitung bahan pembesian plat dan membuat konstruksi beton sederhana serta perawatan beton (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan merawat beton setelah pengecoran sesuai dengan yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas 12:
|
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Sunarno lahir di Sragen pada tanggal 13-04-1964 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|