.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:patria.rahmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:20 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pancasila |
KU3503 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
18-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Patria Rahmawaty S.Psi., M.MPd.Psikolog. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197601312003122002 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan memajukan peradaban berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu merencanakan waktu, menyiapkan komponen, membuat estimasi, dan merealisasikan prosedur perawatan alat berat sesuai dengan service literatur yang telah ditetapkan dengan pertimbangan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
1. Mampu menjelaskan tentang Sejarah Perjuangan Bangsa yang merupakan latar belakang nilai-nilai Pancasila 2. Mampu menjelaskan tentang nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar dalam berkehidupan bernegara di Indonesia |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan tentang sejarah perjuangan bangsa Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai sistem Filsafat dan Etika Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Menjelaskan tentang Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa, Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Ideologi, Pancasila sebagai Filsafat dan sistem Etika, Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pancasila dalam Sejarah Pejuangan Bangsa, 2. Pancasila sebagai Dasar Negara, 3. Pancasila sebagai Ideologi, 4.Pancasila sebagai Filsafat, 5. Pancasila sebagai SIstem Etika, 6. Pancasila sebagai Dasar NIlai Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 7. Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Kaelan.2001. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta. Paradigma 2. Suwarno. 1993. Pancasila Budaya Bangsa Indonesia. Yogyakarta. Kanisius |
|||||||
Media Pembelajaran |
laptop, Lcd , White board |
|||||||
Dosen Pengampu |
Patria Rahmawaty, |
Mata Kuliah |
Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
KU3503 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan tentang sejarah perjuangan bangsa |
Menjelaskan tentang Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa sebelum kemerdekaan dan setelah era kemerndekaan |
SIkap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, interaktif, Ceramah, Diskusi, Kelompok ( 150 menit) |
Pancasila dalam Sejarah Bangsa |
4 |
|||
2 | Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi |
Menjelaskan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara, Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945 Hubungan Pembukaan dengan Batang Tubuh 1945 |
SIkap dan keaktifan serta diksusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit) |
Pancasila sebagai Dasar Negara |
4 |
|||
3 | Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi |
Menjelaskan implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan Hankam |
Sikap dan keaktifan serta diksusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 Menit) |
Pancasila senagai Dasar Negara |
4 |
|||
4 | Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi |
Menjelakan tentang pengertian ideologi, unsur-unsur dan jenis ideologi, Pancasila sebagai ideologi terbuka, Pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara |
SIkap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit) |
Pancasila sebagai dasar Ideologi |
4 |
|||
5 | Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi |
Menjelaskan tentang Ideologi Pancasila dengan ideologi lain yaitu Ideologi Liberal, Komunis, Keagamaan |
SIkap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi kelompok (150 menit) |
Pancasila sebagai Ideologi |
4 |
|||
6 | Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai sistem Filsafat dan Etika |
Menjelaskan tentang pengertian filsafat, jenis-jenis aliran filsafat, pengertian Pancasila secara filsafat |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit) |
Pancasila sebagai sistem filsafat |
4 |
|||
7 | Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai sistem Filsafat dan Etika |
Menjelaskan tentang landasan dalam sistem filssafat ( Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis) |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, DIskusi Kelompok (150 menit) |
Panasila sebagai sistem filsafat |
4 |
|||
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
||||||||
9 | Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai sistem Filsafat dan Etika |
Menjelaskan tentang pengertian dasar etika, nilai, moral dan norma serta berbagai jenis etika, hubungan antara etika, moral, nilai, norma |
SIkap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi,, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit) |
Pancasila dalam sistem etika |
4 |
|||
10 | Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai sistem Filsafat dan Etika |
Menjelaskan tentang etika Pancasila, Etika Politik dan berbangsa dan bernegara serta Etika Pancasila dalam kehidupan berbangsa bernegara |
Sikap dan keaktifam serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit) |
Pancasila sebagai sistem etika |
4 |
|||
11 | Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Menjelaskan tentang perkembangan ilmu dan teknologi, permasalahan nilai dalam pengembangan ilmu dan teknologi |
SIkap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit) |
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
4 |
|||
12 | Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Menjelaskan tentang implementasi Pnacasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit) |
Pancasila sebagai dasar nilao pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
4 |
|||
13 | Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional |
Menjelaskan tentang pengertian paradigma, Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit ) |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
4 |
|||
14 | Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional |
Menjelaskan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dibidang politik dan ekonomi |
SIkap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit) |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
4 |
|||
15 | Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional |
Menjelaskan tentang Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional di bidang sosial bidaya dan pertahanan keamanan |
Sikap dan keaktifas serta diskusi kelompok |
DIskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit) |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
24 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Patria Rahmawaty lahir di Balikpapan pada tanggal 31 Januari 1976 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|