.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:patria.rahmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:34 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Indonesia |
KU3504 |
2 |
0 |
2 |
28 |
5 |
19-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Patria Rahmawaty S.Psi., M.MPd.Psikolog. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197601312003122002 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu melaksanakan program perawatan terencana dan tidak terencana yang terdefinisi dengan jelas (well-defined) sesuai jadwal, checklist, analisis data yang relevan dengan service literature dengan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menjelaskan tentang sejarah perkembangan Bahasa Indonesia dengan tepat Mampu menyusun Karya Tulis Ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia secara tepat Mampu menyusun Karya Tulis Ilmiah dengan sistematika penulisan yang sudah distandarisasi |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan tentang sejarah perkembangan dan kedudukan Bahas Indonesia Mampu menjelaskan tentang penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan Mampu menjelaskan tentang kalimat efektif Mampu menjelaskan tentang persoalan psikologis dalam menulis Mampu menjelaskan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak Mampu menjelaskan tentang Sistematika Penulisan Tugas AKhir |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Indonesia mempelajari tentang sejarah perkembangan dan kedudukan Bahasa Indonesia, Ejaan Yang Disempurnakan, Kalimat Efektif, persoalan psikologis dalam menulis, Karya Tulis Ilmiah, SIstematika Penulias Karya Tulis Ilmiah, Penulisan Judul, Topik, Tema, Paragraf, Ringkasan atau Abstrak, serta Sistematika Penulisan Tugas Akhir | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia, 2. Ejaan Yang Disempurnakan, 3. Kalimat Efeketif, 4. Persoalan Psikologis Dalam Menulis, 5. Karya Tulis Ilmiah, 6. Penulisan Judul, Topik dan Tema, 7. Paragraf, 8. Ringkasanatau Abstrak, 9. Sistematika Penulisan Tugas AKhir |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Alisjahbana, S. Takdir. 1986. Tatabahasa Baru Bahasa Indonesia. Dian Rakyat: Jakarta ; Djuharie, O. Setiawan. 2001. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi. Yrama Widya: Bandung ; Nazar, Noerzisri A.. 2004. Bahasa Indonesia dalam Karangan Ilmiah. Humaniora: Bandung ;Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Balai Pustaka: Jakarta ; Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. 2007. Grasindo: Jakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
LCD Lptop White board |
|||||||
Dosen Pengampu |
Patria Rahmawaty, |
Mata Kuliah |
Bahasa Indonesia |
|||
Kode Mata Kuliah |
KU3504 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan tentang sejarah perkembangan dan kedudukan Bahas Indonesia |
Menjelaskan tentang latar belakang munculnya bahasaI Indonesia dan perkembangan budaya Indonesia |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (170 menit) |
Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia |
4 |
|||
2 | Mampu menjelaskan tentang sejarah perkembangan dan kedudukan Bahas Indonesia |
Menjelaskan tentang kedudukan Bahasa Indonesia hingga menjadi Bahasa Nasional |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, Interaktif, Ceramah, Diskusi Ilmiah (170 menit) |
Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia |
4 |
|||
3 | Mampu menjelaskan tentang penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan |
Menjelaskan tentang sejarah ejaan yang disempurnakan Fungsi menggunakan ejaan yang disempurnakan dalam kegiatan berbahasa tulis Kaidah penempatan ejaan dalam tulisan |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi, INteraktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (150 menit) |
Ejaan Yang Disempurnakan |
4 |
|||
4 | Mampu menjelaskan tentang kalimat efektif |
Menjelaskan pengertian Kalimat dan Kalimat Efektif Persyaratan kalimat efektif |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok. |
Diskusi, interaktif, Ceramah, DIskusi Kelompok (150 menit) |
Kalimat Efektif |
4 |
|||
5 | Mampu menjelaskan tentang persoalan psikologis dalam menulis |
Menjelaskan tentang persoalan-persoalan psikologis dalam mmebuat tulisan Menjelaskan tentang motivasi menulis Menjelaskan tentang dampak menulis bagi diri sendiri |
Sikap dan keaktifan serta dskusi kelompok. |
Diskusi, interaktif, ceramah, diskusi kelompok (150 menit) |
Persoalan psikologis dalam menulis |
4 |
|||
6 | Mampu menjelaskan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak |
Menjelaskan tentang pengertian karya tulis ilmiah Menjelaskan tentang jenis-jenis karya tulis ilmiah Hambatan dalam menyusun karya tulis ilmiah Indikator penyusunan karya tulis ilmiah |
SIka- dan keaktifan serta diskusi kelompok. |
Diskusi, interaktif, ceramah, diskusi kelompok (150 menit) |
Karya Tulis Ilmiah |
4 |
|||
7 | Mampu menjelaskan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak |
Menjelaskan sistematika penulisan karya tulis ilmiah dari bab I sampai dengan bab 5.
|
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok. |
Diskusi, interaktif, ceramah dan diskusi kelompok (150 menit) |
Karya Tulis Imliah : Sistematika penulisan |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu menjelaskan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak |
Menjelaskan pengertian tentang topik, tema dan judul Menjelaskan tujusn penentuan topik, tema dan judul |
Sikap dan kektifan serta diskusi kelompok. |
Diskusi, interkatif, ceramah, diskusi kelompok (150 menit) |
Karya Tulis Ilmiah : Topik, Tema dan Judul. |
4 |
|||
10 | Mampu menjelaskan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak |
Menjelaskan tentang menentukan judul konsep tentang judul yang sesuai dengan bidang akademik |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok;; Topik, Tema dan Judul |
Diskuis, interaktif, ceramah, diskusi kelompok (150 menit) |
Krya Tulis ilmiah : Topik, Tema, Judul |
4 |
|||
11 | Mampu menjelaskan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak |
Menjelaskan tentang pengertian ringkasan Menjelaskan cara meringkas
|
SIkap dan keaktifan serta diskusi kelompok. |
Diskusi, interaktif, ceramah, diskusi kelompok (150 menit) |
Karya Tulis Ilmiah : Ringkasan dan abstrak |
4 |
|||
12 | Mampu menjelaskan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak |
Menjelaskan tentang pengertian abstrak Menjelaskan cara membuat abstrak |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok. |
Diskusi, interaktif, ceramah, diskusi kelompok (150 menit). |
Karya Tulis Ilmiah : Ringkasan dan abstrak |
4 |
|||
13 | Mampu menjelaskan tentang Sistematika Penulisan Tugas AKhir |
Menjelaskan tentang pengertian Tugas Akhir Menjelaskan tentang cara merancang tugas akhir
|
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok. |
Diskusi, interaktif, ceramah, diskusi kelompok (150 menit) |
SIstematika Penulisan Tugas Akhir |
4 |
|||
14 | Mampu menjelaskan tentang Sistematika Penulisan Tugas AKhir |
Menjelaskan tentang penyusunan kerangka penulisan tugas akhir |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok. |
Diskusi, interaktif, ceramah dan diskusi kelompok (150 menit) |
Sistematika Penulisan Tugas Akhir. |
4 |
|||
15 | Mampu menjelaskan tentang Sistematika Penulisan Tugas AKhir |
Menjelaskan tentang strandar penulisan sistamtika tugas akhir yang disesuaikan dengan instistusi |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok. |
Diskusi, inetarktif, ceramah, diskusi kelompok (150 menit) |
Sistematika Penulisan Tugas Akhir |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
24 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Patria Rahmawaty lahir di Balikpapan pada tanggal 31 Januari 1976 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|