.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ranti.rustika@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:05 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Sistem Manajemen Lingkungan & Sustainability |
MP230821 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
18-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199104022019032018 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Konsep teoretis antropologi budaya wisatawan, kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat secara umum (P-3) Konsep, prinsip, dan metode perencanaan kapasitas dan tata letak fasilitas, sistem disain kerja (work system design) dan penjadwalan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya, dengan mutu dan kuantitas yang dapat diukur dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KK-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menganalisis fenomena lingkungan di sebuah destinai |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Pemahaman komprehensif pariwisata dan lingkungan 2. Ekologi sebagai dasar lingkungan 3. Sumberdaya Lingkungan 4. Limbah dan Pencemaran 5. Permasalahan Lingkungan Global, Nasional dan Lokal 6. Impact of tourism 7. Prinsip-prinsip Pengelolaan Lingkungan 8. Mekanisme Pengelolaan Lingkungan 9. Konsep Pariwisata Berkelanjutan 10. Akomodasi Ramah Lingkungan 11. AMDAL |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Sistem Manajemen Lingkungan & Sustainability mempelajari  tentang fenomena pariwisata
dan lingkungan yang terjadi di industry pariwisata baik itu di daya Tarik wisata
maupun destinasi wisata bahkan di perhotelan. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pemahaman komprehensif pariwisata dan lingkungan 2. Ekologi sebagai dasar lingkungan 3. Sumberdaya Lingkungan 4. Limbah dan Pencemaran 5. Permasalahan Lingkungan Global, Nasional dan Lokal 6. Impact of tourism 7. Prinsip-prinsip Pengelolaan Lingkungan 8. Mekanisme Pengelolaan Lingkungan 9. Konsep Pariwisata Berkelanjutan 10. Akomodasi Ramah Lingkungan 11. AMDAL |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:
1.  Â
Higham,
J. 2007. Critical Issues in Ecotourism; Understanding a Complex Tourism Phenomenon.
London ; Sevier.
2.  Â
Honey, Martha. 2008 Ecotourism and Sustainable Development:
Who Own Paradise ? ( 2nd Ed). Island Press.
3.  Â
Page,
S.J. and Dowling, R.K. 2002. Ecotourism. London; Prentice Hall.
4.  Â
Newsome, David, Dowling, Ross and Moore, Susan. (2005).
Wildlife Tourism. Channel View Publication.
5.  Â
Newsome, David, Dowling, Ross and Moore, Susan. (2013).
Natural Area Tourism (2nd Ed). Channel View Publication.
6.  Â
Sugandhy,
A. dan Hakim, R. 2007. Prinsip Dasar Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan
Lingkungan. Jakarta; Bumi Aksara.
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :Â Power Point, Video, Jurnal |
|||||||
Dosen Pengampu |
Yogiana Mulyani, |
Mata Kuliah |
Sistem Manajemen Lingkungan & Sustainability |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP230821 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. Pemahaman komprehensif pariwisata dan lingkungan |
|
Kriteria: Diskripsi lingkungan di destinasi pariwisata
Bentuk non-test:
Mencari materi makalah secara on-line dengan menggunakan aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang pariwisata dan lingkungan |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi Waktu: 2 x 50' |
Pariwisata dan Lingkungan Hidup |
2 |
|||
2 | 2. Ekologi sebagai dasar lingkungan |
|
Kriteria: Diskripsi tentang Ekologi
Bentuk non-test:
Mencari materi secara offline dan online tentang Ekologi dan hubungannya dengan pariwisata |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi Waktu: 2 x 50' |
Konsep Ekologi |
2 |
|||
3 | 4. Limbah dan Pencemaran |
|
Kriteria: Diskripsi tentang limbah dan pencemaran
Bentuk non-test:
Mencari materi bentuk-bentuk limbah serta penceraman lingkungan secara online dan offline kemudian dapat menjelaskan dalam kelas |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi waktu: 2 x 50' |
Isu Permasalahan lingkungan Global, Nasional dan Lokal |
2 |
|||
4 | 5. Permasalahan Lingkungan Global, Nasional dan Lokal |
|
Kriteria: Diskripsi permasalahan lingkungan global, nasional dan lokal berhubungan dengan pariwisata
Bentuk non-test:
Mencari materi tentang permasalahan lingkungan global nasional dan lokal |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning Estimasi Waktu: 2 x 50' |
Isu Permasalahan lingkungan Global, Nasional dan Lokal |
2 |
|||
5 | 6. Impact of tourism |
a. Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan pariwisata yang menimbulkan dampak negative b. Siswa dapat mengidentifikasi dampak yang ditimbulkan dari sebuah kegiatan pariwisata |
Kriteria: Diskripsi dampak perkembangan pariwisata terhadap lingkungan baik fisik dan biotik
Bentuk non-test:
Mencari materi tentang dampak pariwisata terhadap lingkungan |
Impact of tourism for environment Hasil penelitian tentang dampak pariwisata terhadap lingkungan di desa wisata |
|
2 |
|||
6 | 8. Mekanisme Pengelolaan Lingkungan |
|
Kriteria: Diskripsi pengelolaan lingkungan
Bentuk non-test:
Mencari materi tentang beberapa model pengelolaan lingkungan |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning Estimasi Waktu: 2 50' |
Environmental Management System di akomodasi pariwisata |
2 |
|||
7 | 9. Konsep Pariwisata Berkelanjutan |
|
Kriteria: Diskripsi tentang paradigma dan konsep Pariwisata Berkelanjutan
Bentuk non-test:
Mencari materi tentang beberapa model pariwisata berkelanjutan |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi Waktu: 2 x 50' |
|
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | 9. Konsep Pariwisata Berkelanjutan |
|
Kriteria: Diskripsi Manajemen Wilayah Konservasi
Bentuk non-test:
Mencari secara online tentang program-program konservasi yang dilakukan di bidang hospitaliti |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning Estimasi Waktu: 2 x 50' |
Manajemen Wilayah Konservasi dan Programnya |
5 |
|||
10 | 10. Akomodasi Ramah Lingkungan |
|
Kriteria: Diskripsi akomodasi ramah lingkungan
Bentuk non-test:
Mencari materi tentang akomodasi ramah lingkungan di beberapa destinasi dunia (tugas 1) |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning Estimasi Waktu: 2 x 50' |
Akomodasi Ramah Lingkungan Hasil penelitian tentang penerapan green hotel di Nusa Lembongan dan Ecolodge |
5 |
|||
11 | 10. Akomodasi Ramah Lingkungan |
|
Kriteria: Diskripsi Perencanaan pariwisata ramah lingkungan
Bentuk non-test:
Mencari perencanaan pariwisata ramah lingkungan di destinasi wisata (Tugas 2) |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi Waktu: 2 x 50' |
Perencanaan Pariwisata Ramah Lingkungan |
5 |
|||
12 | 10. Akomodasi Ramah Lingkungan |
|
Kriteria: Diskripsi Perencanaan pariwisata ramah lingkungan
Bentuk non-test:
Mencari perencanaan pariwisata ramah lingkungan di destinasi wisata (Tugas 3) |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi Waktu: 2 x 50' |
Perencanaan Pariwisata Ramah Lingkungan |
7 |
|||
13 | 11. AMDAL |
|
Kriteria: Diskripsi AMDAL
Bentuk non-test:
Mencari penjelasan tentang AMDAL dalam UU No 32 tahun 2003 |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi Waktu: 2 x 50' |
AMDAL |
7 |
|||
14 | 10. Akomodasi Ramah Lingkungan |
|
Kriteria: Diskripsi Perencanaan Pariwisata Ramah Lingkungan
Bentuk non-test:
Mendesain perencanaan pariwisata Ramah Lingkungan tahap 1 |
Kuliah dan Presentasi
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi Waktu: 2 x 50' |
|
7 |
|||
15 | 10. Akomodasi Ramah Lingkungan |
Siswa mampu mempresentasikan hasil projek di kelas |
Kriteria: Diskripsi Perencanaan Pariwisata Ramah Lingkungan
Bentuk non-test:
Mempresentasikan perencanaan pariwisata Ramah Lingkungan |
Kuliah dan Presentasi
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi Waktu: 2 x 50' |
Projek Pariwisata Ramah Lingkungan |
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ranti Rustika lahir di Tanah Grogot pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|