.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:riklan.kango@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:45 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Mikrokontroller dan Teknik Antar Muka |
TE230222 |
1 |
2 |
3 |
70 |
3 |
15-11-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Riklan Kango S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199008192019031018 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-6) Mampu mengimplementasikan sistem kendali, mikrokontroler, PLC berdasarkan standar IEC (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika (KK-8) Mampu mengintegrasikan sistem kendali dengan menggunakan komunikasi kabel dan atau nirkabel |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1: Mampu merancang komponen pendukung sistem mikroprosesor sesuai dengan keperluan CP-MK 2: Mampu merancang sistem elektronik berbasis mikrokontroler CP-MK 3: Mampu merancang program untuk mikroprosesor dan mikrokontroler |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1: Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan, dan tujuan MK Sub CP-MK 2: Mahasiswa mampu menjelaskan diagram blok mikroprosesor Sub CP-MK 3: Mahasiswa mampu merancang hardware sistem berbasis mikroprosesor dan memori Sub CP-MK 4: Mahasiswa dapat merancang hardware sistem berbasis mikroprosesor dan I/O Sub CP-MK 5: Mahasiswa dapat menjelaskan dan mengenal interupsi mikroprosesor Sub CP-MK 6: Mahasiswa dapat menjawab dan menjelaskan pertanyaan terkait memory mapping, antarmuka, dan I/O Sub CP-MK 7: Mahasiswa dapat mengenal program sederhana mikroprosesor 8085 menggunakan bahasa assembly Sub CP-MK 8: Mahasiswa dapat menjawab dan menjelaskan pertanyaan terkait memory mapping dan pemrograman mikroprosesor 8085 menggunakan bahasa assembly Sub CP-MK 9: Mahasiswa dapat memahami arsitektur mikrokontroler Arduino Sub CP-MK 10: Mahasiswa dapat mengenal dan membuat program sederhana mikrokontroler Arduino Sub CP-MK 11: Mahasiswa dapat membuat program mikrokontroler Arduino Sub CP-MK 12: Mahasiswa dapat memprogram dan menuliskan pada mikrokontroler Arduino Sub CP-MK 13: Mahasiswa mampu membuat sistem elektronik berbasis mikrokontroler Arduino |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas tentang konsep mikrokontroler, arsitektur mikrokontroler, perangkat set instruksi, sistem minimum mikrokontroler, sistem antarmuka, dasar pemrograman dan aplikasi sederhana sistem mikrokontroler. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Organisasi sistem mikroprosesor dan piranti- piranti sistem mikroprosesor |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Riklan Kango, |
Mata Kuliah |
Mikrokontroller dan Teknik Antar Muka |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE230222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1: Mahasiswa mampu memahami rencana perkuliahan, dan tujuan MK |
|
Kriteria: Ketepatan dan Kesesuaian |
Discovery Learning Tugas-1: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: tematik |
|
1 |
|||
2 | Sub CP-MK 2: Mahasiswa mampu menjelaskan diagram blok mikroprosesor |
Ketetapan dalam memahami jenis operasional, perangkat, eksplorasi, karakteristik data. |
Kriteria: Ketepatan |
Discovery Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-2: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: kontekstual |
Pengenalan Arsitektur mikroprosesor: ALU, control unit, instruction decoder, memory, I/O
|
1 |
|||
3 | Sub CP-MK 3: Mahasiswa mampu merancang hardware sistem berbasis mikroprosesor dan memori |
|
Kriteria: Keaktifan, Keterampilan, dan Kesesuaian |
Collaborative Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-3: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: kolaboratif |
Sistem antarmuka: sistem bus, memory mapping, address decoder
|
1 |
|||
4 | Sub CP-MK 4: Mahasiswa dapat merancang hardware sistem berbasis mikroprosesor dan I/O |
Keterampilan dalam mendesain suatu sistem |
Kriteria: Keterampilan |
Collaborative Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-4: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: kolaboratif |
Bus data, busalamat, bus kontrol, I/O periferal
|
1 |
|||
5 | Sub CP-MK 5: Mahasiswa dapat menjelaskan dan mengenal interupsi mikroprosesor |
Ketepatan dalam memahami jenis operasional, perangkat, eksplorasi, karakteristik data. |
Kriteria: Ketepatan |
Discovery Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-5: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: kontekstual |
Penggunaan dan mekanisme interupsi dalam mikroprosesor 8085
|
2 |
|||
6 | Sub CP-MK 6: Mahasiswa dapat menjawab dan menjelaskan pertanyaan terkait memory mapping, antarmuka, dan I/O |
Ketepatan, Ketajaman, Keaktifan, Keterampilan, Kesesuaian, Kejelasan dalam Mampu mendesain suatu sistem |
Kriteria: Ketepatan, Keterampilan, dan Kesesuaian |
Self-Directed Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-6: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: saintifik |
Memory mapping, antarmuka, dan I/O
|
2 |
|||
7 | Sub CP-MK 7: Mahasiswa dapat mengenal program sederhana mikroprosesor 8085 menggunakan bahasa assembly |
Ketepatan dalam memahami jenis operasional, perangkat, eksplorasi, karakteristik data.
|
Kriteria: Ketepatan, dan Kejelasan |
Discovery Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-7: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: kontekstual |
Pemrograman Assembly 8085
|
2 |
|||
8 | Sub CP-MK 7: Mahasiswa dapat mengenal program sederhana mikroprosesor 8085 menggunakan bahasa assembly |
|
Kriteria: Ketepatan dan keaktifan Bentuk non-test:tanya-jawab dalam kuliah, dan Tugas Ringkasan |
Discovery Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-8: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: kontekstual |
Pemrograman Assembly 8085
|
2 |
|||
9 | Sub CP-MK 8: Mahasiswa dapat menjawab dan menjelaskan pertanyaan terkait memory mapping dan pemrograman mikroprosesor 8085 menggunakan bahasa assembly |
|
Kriteria: Ketepatan, Keterampilan, dan Kesesuaian |
Self-Directed Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-9: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: sifat interaktif |
Materi sebelumnya (6-8)
|
30 |
|||
10 | Sub CP-MK 9: Mahasiswa dapat memahami arsitektur mikrokontroler Arduino |
Ketepatan dalam memahami jenis operasional, perangkat, eksplorasi, karakteristik data. |
Kriteria: Ketepatan, Keaktifan, dan Kesesuaian |
Discovery Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-10: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: kontekstual |
Arsitektur dan piranti dalam mikrokontroler Arduino
|
2 |
|||
11 | Sub CP-MK 10: Mahasiswa dapat mengenal dan membuat program sederhana mikrokontroler Arduino |
Keaktifan dan Keterampilan dalam mendesain suatu sistem |
Kriteria: Keaktifan, dan Keterampilan |
Collaborative Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-11: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: kolaboratif |
Arduino IDE dan pemrogramannya
|
2 |
|||
12 | Sub CP-MK 11: Mahasiswa dapat membuat program mikrokontroler Arduino |
Ketepatan, Keaktifan, dan Keterampilan dalam mendesain suatu sistem |
Kriteria: Ketepatan, Keaktifan, dan Keterampilan |
Discovery Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: kontekstual |
Pemrograman arduino terkait I/O dan ADC
|
2 |
|||
13 | Sub CP-MK 12: Mahasiswa dapat memprogram dan menuliskan pada mikrokontroler Arduino |
Ketepatan dan Keterampilan dalam mendesain suatu sistem |
Kriteria: Ketepatan dan Keterampilan |
Self-Directed Learning [TM: 1 mg x (3 sks x50")] Tugas-13: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... Karakteristik: kontekstual |
Pemrograman arduino terkait serial communication dan interupt
|
2 |
|||
14 | Sub CP-MK 13: Mahasiswa mampu membuat sistem elektronik berbasis mikrokontroler Arduino |
Keaktifan dalama mendesain suatu sistem Keterampilan dan Kesesuaian dalam mendesain suatu sistem |
Kriteria: Keterampilan dan Kesesuaian |
Project Based Learning dan Diskusi [1 mg x (3 sks x170")] Karakteristik: berpusat pada mahasiswa. RTM-1A |
Desian praktis
|
15 |
|||
15 | Sub CP-MK 13: Mahasiswa mampu membuat sistem elektronik berbasis mikrokontroler Arduino |
Keaktifan dalama mendesain suatu sistem Keterampilan dan Kesesuaian dalam merancang suatu prototipe |
Kriteria: Keterampilan, dan Kesesuaian |
Project Based Learning dan Diskusi [1 mg x (3 sks x170")] Karakteristik: berpusat pada mahasiswa. RTM-1B |
Desain praktis
|
15 |
|||
16 | Sub CP-MK 13: Mahasiswa mampu membuat sistem elektronik berbasis mikrokontroler Arduino |
Ketajaman dan kejalasan dalam melakukan penataan dan penyajian data hasil eksperimen. |
Kriteria: Ketajaman, Kejalasan Bentuk non-test: Presentasi |
Project Based Learning dan Diskusi [1 mg x (3 sks x170")] Karakteristik: berpusat pada mahasiswa. RTM-1C |
Desain praktis
|
20 |
|||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Riklan Kango lahir di Paguat pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|