.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:angga.wahyu@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:07 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||||||||||||||||||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||||||||||||||||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||||||||||||||||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||||||||||||||||||||||
T |
P |
TOTAL |
||||||||||||||||||||||||||
Praktikum Kendali Mikro |
TL-KU-3-27-6 |
0 |
2 |
2 |
84 |
4 |
26-10-2022 |
|||||||||||||||||||||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||||||||||||||||||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||||||||||||||||||||||
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
|||||||||||||||||||||||||||
NIP/NIK. 199411012019031015 |
NIP/NIK. 199411012019031015 |
|||||||||||||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||||||||||||||||||||||
SIKAP |
||||||||||||||||||||||||||||
(S-9) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
||||||||||||||||||||||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||||||||||||||||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan system kendali |
||||||||||||||||||||||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||||||||||||||||||||||
(KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. |
||||||||||||||||||||||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||||||||||||||||||||||
(KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. |
||||||||||||||||||||||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||||||||||||||||||||||
CPMK 1: Mampu mendemonstrasikan dasar pemrograman pada microcontroller dan atau microprocessor. [C3] [P3, S9] CPMK 2: Mampu mengkreasikan pemrograman computer pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C6] [CPMK 2] [S9, P3, P5, KK5] CPMK 3: Mampu merencanakan, mengevaluasi dan mendemonstrasikan program dan perangkat keras berdasarkan alur kerja pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C6], [P2] [KU5, P4, S9, KK5] |
||||||||||||||||||||||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||||||||||||||||||||||
Sub - CPMK 1: Mampu memahami, menjelaskan dan mendemonstrasikan dasar teori pemrograman pada microcontroller dan microprocessor. [C3] [CPMK1] Sub - CPMK 2: Mampu mengasumsikan dan memproyeksikan permasalahan dalam bentuk gambar teknik pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [A3] [C5] [CPMK2, CPMK3] Sub - CPMK 3: Mampu menguraikan dan mengkalkulasi dan memilih kebutuhan perangkat keras dan lunak berdasarkan gambar rangkaian pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C3] [A2] [CPMK2, CPMK3] Sub - CPMK 4: Mampu menimbang, menganalisis dan memproyeksikan jenis komunikasi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali.[C5] [P4] [CPMK2, CPMK3] Sub - CPMK 5: Mampu membangun program untuk menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C6] [CPMK2, CPMK3] Sub - CPMK 6: Mampu mengoreksi dan memvalidasi program untuk menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C5] [P2] [CPMK2, CPMK3] Sub - CPMK 7: Mampu menggabungkan, dan memvalidasi kinerja perangkat keras dan perangkat lunak dalam menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali [A3] [C5] [CPMK2, CPMK3] |
||||||||||||||||||||||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah praktikum kendali mikro merupakan mata kuliah praktikum yang menggunakan metode studi kasus dan project based learning (PjBL) dalam proses pembelajaran. Pokok bahasan mata kuliah ini adalah : General Purpose Input / Output (GPIO), Analog to Digital Converter (ADC), Digital to Analog Converter (DAC), Pulse Width Modulation (PWM), komunikasi serial dengan kabel dan tanpa kabel, komunikasi Modbus dan Internet of Things (IoT). Project yang dikembangkan pada mata kuliah ini adalah sistem monitoring kualitas daya pada gedung dan sistem monitoring pada rooftop solar panel. |
|||||||||||||||||||||||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
GPIO |
|||||||||||||||||||||||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: [1] S. ELECTRIC, Altivar12 - Variable Speed Drives for
Asynchronous Motors - Modbus Communication Manual, SCHNEIDER ELECTRIC, 2012. [2] J. Teng, J. S. Setiadji and R. Lim, "SISTEM PEMBACAAN
DATA POWER METER DENGAN KOMUNIKASI MODBUS SECARA TERPUSAT," in Seminar
Nasional Fortei Regional 7, Malang, 2019. [3] D. He and E. Cui, EasyEDA Tutorial, Shenzen, 2022. [4] A. Wibisono, Bekerja dengan SolidWORKS 3D for Basic,
Semarang, 2018. [5] D. Handarly and J. Lianda, "Sistem Monitoring Daya
Listrik Berbasis IoT (Internet of Thing)," Journal of Electrical
Electronic Control and Automotive Engineering (JEECAE), vol. 3, no. 2,
pp. 205 - 208, 2018. [6] K.G.Srinivasan, Dr.K.Vimaladevi and Dr.S.Chakravarthi,
"Solar Energy Monitoring System by IOT," International Journal
Of Advanced Networking & Applications (IJANA), pp. 46 - 51, 2018. [7] Y. Badruzzaman, "Real Time Monitoring Data Besaran Listrik
Gedung Laboratorium Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang," Jurnal
Teknik Elektro Terapan (JTET), vol. 1, no. 2, pp. 50 - 59, 2012. [8] S. Hadi, A. S. Anas and L. G. R. Putra, "Rancang
Bangun Sistem Monitoring Penggunaan Daya Listrik Berbasis Internet of
Things," Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol. 6, no. 1,
pp. 54 - 66, 2022. [9] M. Banzi, Getting Started with Arduino, Make, 2008. [10] D. Ibrahim, The Complete ESP32 Projects Guide, London:
Elektor Digital, 2018. |
|||||||||||||||||||||||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Laptop / PC 2. Software Pemrograman 3. Peralatan Praktek |
|||||||||||||||||||||||||||
Dosen Pengampu |
Angga Wahyu Aditya, Dwi Lesmideyarti, |
Mata Kuliah |
Praktikum Kendali Mikro |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL-KU-3-27-6 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub - CPMK 1: Mampu memahami, menjelaskan dan mendemonstrasikan dasar teori pemrograman pada microcontroller dan microprocessor. [C3] [CPMK1] |
Ketepatan dalam mendemonstrasikan program GPIO. |
Kriteria Rubric Psikomotor
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Praktik Estimasi Waktu P = [1 mg x 2 x 170’] |
General Purpose Input Output [GPIO]
Pustaka : #1; #2 |
5 |
|||
2 | Sub - CPMK 1: Mampu memahami, menjelaskan dan mendemonstrasikan dasar teori pemrograman pada microcontroller dan microprocessor. [C3] [CPMK1] |
Ketepatan dalam mendemonstrasikan program ADC. |
Kriteria Rubric Psikomotor
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Praktik Estimasi Waktu P = [1 mg x 2 x 170’] |
Analog to Digital Converter (ADC)
Pustaka : #1; #2 |
5 |
|||
3 | Sub - CPMK 1: Mampu memahami, menjelaskan dan mendemonstrasikan dasar teori pemrograman pada microcontroller dan microprocessor. [C3] [CPMK1] |
Ketepatan dalam mendemonstrasikan program DAC. |
Kriteria Rubric Psikomotor
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Praktik Estimasi Waktu P = [1 mg x 2 x 170’] |
Digital to Analog Converter (DAC)
Pustaka : #1; #2 |
5 |
|||
4,5 | Sub - CPMK 1: Mampu memahami, menjelaskan dan mendemonstrasikan dasar teori pemrograman pada microcontroller dan microprocessor. [C3] [CPMK1] |
Ketepatan dalam mendemonstrasikan program PWM. |
Kriteria Rubric Psikomotor
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Praktik Estimasi Waktu P = [2 mg x 2 x 170’] |
Pulse Width Modulation (PWM)
Pustaka : #1; #2 |
2 |
|||
Sub - CPMK 1: Mampu memahami, menjelaskan dan mendemonstrasikan dasar teori pemrograman pada microcontroller dan microprocessor. [C3] [CPMK1] |
Ketepatan dalam memanfaatkan PWM pada kendali aktuator |
Kriteria Rubric Psikomotor
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Praktik Estimasi Waktu P = [2 mg x 2 x 170’] |
Pulse Width Modulation (PWM)
Pustaka : #1; #2 |
3 |
||||
6,7,8 | Sub - CPMK 2: Mampu mengasumsikan dan memproyeksikan permasalahan dalam bentuk gambar teknik pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [A3] [C5] [CPMK2, CPMK3] |
Ketepatan pembuatan gambar rangkaian skematik, desain produk dan layout komponen |
Kriteria Rubrik Presentasi Rubrik alternative assessment (desain rangkaian)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [3 mg x 2 x 170’] |
Perancangan Gambar Teknik, Perangkat Keras dan Lunak
Pustaka : #3; #4 |
10 |
|||
Sub - CPMK 3: Mampu menguraikan dan mengkalkulasi dan memilih kebutuhan perangkat keras dan lunak berdasarkan gambar rangkaian pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C3] [A2] [CPMK2, CPMK3] |
Ketepatan pembuatan Bill of Material (BoM) hardware dan software |
Kriteria Rubrik presentasi Rubrik alternative assessment (desain rangkaian)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [3 mg x 2 x 170’] |
Perancangan Gambar Teknik, Perangkat Keras dan Lunak
Pustaka : #3; #4 |
5 |
||||
Sub - CPMK 3: Mampu menguraikan dan mengkalkulasi dan memilih kebutuhan perangkat keras dan lunak berdasarkan gambar rangkaian pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C3] [A2] [CPMK2, CPMK3] |
Ketepatan design alur program (flowchart) |
Kriteria Rubrik presentasi Rubrik alternative assessment (desain rangkaian)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [3 mg x 2 x 170’] |
Perancangan Gambar Teknik, Perangkat Keras dan Lunak
Pustaka : #3; #4
|
5 |
||||
9,10,11,12 | Sub - CPMK 4: Mampu menimbang, menganalisis dan memproyeksikan jenis komunikasi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali.[C5] [P4] [CPMK2, CPMK3] |
Ketepatan pemilihan jenis komunikasi dan perangkat keras yang digunakan |
Kriteria Rubrik presentasi Rubrik alternative assessment (desain sistem komunikasi)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [4 mg x 2 x 170’] |
Perancangan Sistem Komunikasi Data (Komunikasi Serial, Modbus, dll)
Pustaka : #5; #6; #7; #8; #9; #10 |
5 |
|||
Sub - CPMK 5: Mampu membangun program untuk menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C6] [CPMK2, CPMK3] |
Kriteria Rubrik presentasi Rubrik alternative assessment (desain sistem komunikasi)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [4 mg x 2 x 170’] |
Perancangan Sistem Komunikasi Data (Komunikasi Serial, Modbus, dll)
Pustaka : #5; #6; #7; #8; #9; #10 |
5 |
|||||
Sub - CPMK 6: Mampu mengoreksi dan memvalidasi program untuk menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C5] [P2] [CPMK2, CPMK3] |
Ketepatan merangkai, dan memvalidasi pemasangan rangkaian perangkat keras pada sistem komunikasi data. |
Kriteria Rubrik presentasi Rubrik alternative assessment (desain sistem komunikasi)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [4 mg x 2 x 170’] |
Perancangan Sistem Komunikasi Data (Komunikasi Serial, Modbus, dll)
Pustaka : #5; #6; #7; #8; #9; #10 |
5 |
||||
Sub - CPMK 7: Mampu menggabungkan, dan memvalidasi kinerja perangkat keras dan perangkat lunak dalam menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali [A3] [C5] [CPMK2, CPMK3] |
Keberhasilan pengujian integrasi perangkat keras dan sistem komunikasi. |
Kriteria Rubrik presentasi Rubrik alternative assessment (desain sistem komunikasi)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [4 mg x 2 x 170’] |
Perancangan Sistem Komunikasi Data (Komunikasi Serial, Modbus, dll)
Pustaka : #5; #6; #7; #8; #9; #10 |
15 |
||||
13,14,15,16 | Sub - CPMK 4: Mampu menimbang, menganalisis dan memproyeksikan jenis komunikasi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali.[C5] [P4] [CPMK2, CPMK3] |
Ketepatan pemilihan sistem IoT efisiensi dan kesesuaian permasalahan |
Kriteria Rubrik presentasi Rubrik alternative assessment (laporan akhir)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [4 mg x 2 x 170’] |
Pembuatan sistem Internet of Things [IoT]
Pustaka : #5; #6; #7; #8; #9; #10 |
5 |
|||
Sub - CPMK 5: Mampu membangun program untuk menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C6] [CPMK2, CPMK3] |
Ketepatan penentuan parameter keberhasilan yang ditampilkan pada sistem IoT |
Kriteria Rubrik presentasi Rubrik alternative assessment (laporan akhir)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [4 mg x 2 x 170’] |
Pembuatan sistem Internet of Things [IoT]
Pustaka : #5; #6; #7; #8; #9; #10 |
5 |
||||
Sub - CPMK 6: Mampu mengoreksi dan memvalidasi program untuk menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C5] [P2] [CPMK2, CPMK3] |
Ketepatan pembuatan program pada sistem IoT |
Kriteria Rubrik presentasi Rubrik alternative assessment (laporan akhir)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [4 mg x 2 x 170’] |
Pembuatan sistem Internet of Things [IoT]
Pustaka : #5; #6; #7; #8; #9; #10 |
5 |
||||
Sub - CPMK 7: Mampu menggabungkan, dan memvalidasi kinerja perangkat keras dan perangkat lunak dalam menyelesaikan permasalahan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali [A3] [C5] [CPMK2, CPMK3] |
Keberhasilan pengujian kinerja perangkat keras dan program pada sistem IoT |
Kriteria Rubrik presentasi Rubrik alternative assessment (laporan akhir)
Bentuk Penilaian Teknik non test
|
Metode Pembelajaran Kuliah Luring Berpusat pada mahasiswa Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu P = [4 mg x 2 x 170’] |
Pembuatan sistem Internet of Things [IoT]
Pustaka : #5; #6; #7; #8; #9; #10 |
15 |
||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Angga Wahyu Aditya lahir di Pacitan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|