.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:aryati.muhaymin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:54 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Etika Profesi |
AB110922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
05-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Aryati Muhaymin Marali |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Mampu mengusai teknik berkomunikasi sesuai EYD dan bahasa asing lainnya dengan baik |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya (KU-7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu melakukan pemeriksaan visual dengan menggunakan checklist dan service literature kebocoran, kerusakan struktur, kelainan suara, kelainan gas buang, kelainan system dengan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menjelaskan pengertian etika secara umum dan etika profesi dilingkungan kerja Mampu menjelaskan tentang komunikasi yang efektif di dunia |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai kode etika profesi (S9, P8) Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsep Etika (KU5, KU7) Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsep profesi (KU5, KU7) Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsep Profesionalisme (S9, P8, KU5) Mahasiswa mampu memahami menjelaskan, menganalisis Sikap dan Kepribadian (S9, P8, KU5) Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mempraktekkan serta mengevaluasi Grooming (KU7, KK7) Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, serta mengevaluasi Peran Emotional Quetient dalam dunia kerja (KU5, KU7) Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mempraktekkan dan menganalisis Dunia Kerja, Hakikat Kerja dan Disiplin kerja (S9, P8, KU5) Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mempraktekkan dan menganalisis Komunikasi, Stres dan Konflik Kerja (S9, P8, KU5) Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mempraktekkan dan mengevaluasi Kepemimpinan yang Beretika (S9, P8, KU5, KK7)) Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Karier Kerja (S9, P8, KU5) Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mengaplikasikan dan menganalisis Penilaian Sistem Kerja (S9, P8, KU5, KK7) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Etika Profesi mempelajari konsep dasar dan pengertian Etika Profesi, menjunjung tinggi martabat profesi, standar-standar etika merupakan dasar untuk menjaga kelakuan dan integritas atau kejujuran dari
tenaga ahli profesi, untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota, meningkatkan mutu profesi dan meningkatkan layanan di atas keuntungan pribadi.
|
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Kode Etika Profesi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Anoraga Pandji dan Suyanti Sri, 1995, Psikologi Industri & Sosial, Penerbit Pustaka Jaya, Semarang. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Alat; Laptop, LCD & Projector, perangkat audio-visual. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Aryati Muhaymin Marali, |
Mata Kuliah |
Etika Profesi |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB110922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai kode etika profesi (S9, P8) |
Ketepatan memahami dan menjelaskan tentang kode etika profesi |
Kriteria:
|
Model Pembelajaran:
|
Kode Etika Modul Etika Profesi |
2 |
|||
2 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsep Etika (KU5, KU7) |
Ketepatan mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsep Etika, pengertian etika dan macammacam etika |
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran
|
Konsep Etika Modul Etika |
2 |
|||
3 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsep profesi (KU5, KU7) |
Ketetapan Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsep Profesi, karakteristik profesi, ciri-ciri profesi. |
Kriteria:
|
Model Pembelajaran
|
Konsep Profesi Modul etika dan profesi |
2 |
|||
4 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Konsep Profesionalisme (S9, P8, KU5) |
Ketepatan mahasiswa memahami dan menjelaskan Konsep Profesionalisme, ciri-ciri profesionalisme, kode etik profesionalisme |
Kriteria: |
Model Pembelajaran
|
Konsep profesionalisme Modul Etika Profesi |
2 |
|||
5 | Mahasiswa mampu memahami menjelaskan, menganalisis Sikap dan Kepribadian (S9, P8, KU5) |
Ketepatan mahasiswa memahami, menjelaskan, menganalisis tentang Sikap dan Kepribadian |
Kriteria: |
Model Pembelajaran
|
Sikap dan Kepribadian Modul Etika dan profesi |
10 |
|||
6 | Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mempraktekkan serta mengevaluasi Grooming (KU7, KK7) |
Ketepatan mahasiswa memahami dan menjelaskan, Mempraktekkan, Mengevalusai tentang Grooming |
Kriteria: |
Model Pembelajaran kooperatif (mahasiswa melakukan presentasi) (Tatap Muka (luring) 2x50”) |
Grooming Modul Etika Profesi |
5 |
|||
7 | Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, serta mengevaluasi Peran Emotional Quetient dalam dunia kerja (KU5, KU7) |
Ketepatan mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, serta mengevaluasi Peran Emotional Quetient dalam dunia kerja |
Kriteria: |
Model Pembelajaran role play and simulation (Tatap Muka (luring) 2x50”) |
Peran Emotional Quetient Modul Etika Profesi |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mempraktekkan dan menganalisis Dunia Kerja, Hakikat Kerja dan Disiplin kerja (S9, P8, KU5) |
|
Kriteria: Bentuk Penilaian non-test: |
|
Dunia Kerja, Hakikat Kerja dan Disiplin kerja Modul Etika |
2 |
|||
10 | Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mempraktekkan dan menganalisis Dunia Kerja, Hakikat Kerja dan Disiplin kerja (S9, P8, KU5) |
Ketepatan mahasiswa menganalisis tentang disiplin kerja |
Kriteria:
Bentuk Penilaian non-test: |
Model Pembelajaran kooperatif |
Dunia Kerja, Hakikat Kerja dan Disiplin kerja Modul Etika dan Profesi |
2 |
|||
11 | Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mempraktekkan dan menganalisis Komunikasi, Stres dan Konflik Kerja (S9, P8, KU5) |
Ketepatan mahasiswa memahami dan menjelaskan tentang Komunikasi, Stres dan Konflik Kerja |
Kriteria: Bentuk Penilaian non-test: |
Model Pembelajaran : CBL (Tatap Muka (luring) 2x50”) |
Komunikasi, Stres dan Konflik Kerja Modul Etika profesi |
5 |
|||
12 | Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mempraktekkan dan menganalisis Komunikasi, Stres dan Konflik Kerja (S9, P8, KU5) |
Ketepatan mahasiswa mempraktekkan tentang Komunikasi, Stres dan Konflik Kerja |
Kriteria:
Bentuk Penilaian non-test: |
Model Pembelajaran CBL (Tatap Muka (luring) 2x50”) |
Komunikasi, Stres dan Konflik Kerja Modul Etika Profesi |
5 |
|||
13 | Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mempraktekkan dan mengevaluasi Kepemimpinan yang Beretika (S9, P8, KU5, KK7)) |
Ketepatan mahasiswa memahami dan menjelaskan tentang Kepemimpinan yang Beretika |
Kriteria: |
Model Pembelajaran CBL (Tatap Muka (luring) 2x50”) |
Kepemimpinan yang Beretika Modul Etika Profesi |
5 |
|||
14 | Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Karier Kerja (S9, P8, KU5) |
Ketepatan mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Karier Kerja |
Kriteria: |
Model Pembelajaran : CBL (Tatap Muka (luring) 2x50”) |
Kepemimpinan yang Beretika Modul Etika profesi |
5 |
|||
15 | Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, mengaplikasikan dan menganalisis Penilaian Sistem Kerja (S9, P8, KU5, KK7) |
|
Kriteria: |
|
Penilaian Sistem Kerja Modul Etika profesi |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Aryati Muhaymin Marali lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|