.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:aryati.muhaymin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:01 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pesawat Angkat |
PAB2316 |
1 |
1 |
2 |
42 |
3 |
05-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Aryati Muhaymin Marali |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menginternalisasai nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Mengusai konsep K3L (P-5) Menguasai konsep aplikasi dasar alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mengetahui dan memahami alat transportasi, alat pemindah tenaga (conveyor, crane dan forklift), manual handling, metode pengangkatan, komponen penyambung dan komponen sling, serta mahasiswa mampu mengaplikasikan metode pengangkatan dan melakukan perhitungan Safe Working Load (SWL) dengan cara yang benar. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1 - Mampu menjelaskan mengenai alat transportasi Sub CPMK2 - Mampu menjelaskan mengenai alat pemindah mekanis conveyor Sub CPMK3 : Mampu menjelaskan mengenai alat pemindah mekanis crane Sub CPMK4 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan manual handling Sub CPMK5 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan metode pengangkatan Sub CPMK6 : Mampu menjelaskan mengenai komponen penyambung Sub CPMK7 : Mampu menjelaskan mengenai komponen sling Sub CPMK8 : Mampu menjelaskan mengenai alat pemindah mekanis forklift |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pesawat Angkat mempelajari tentang fasilitas transport, conveyor, crane, manual handling, metode pengangkatan, komponen penyambung, sling dan forklift. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Fasilitas Transport |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: R, Rudenko. 1996. Mesin Pengangkat. erlangga
Training Center PT. United Tractor Kideco Batu Kajang. Pengetahuan dasar Remove dan install
Susi Fatena R, Ir, M.sc. 2002. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi, Jakarta: Rineka Cipta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Alat; Laptop, LCD & Projector, perangkat audio-visual. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Aryati Muhaymin Marali, |
Mata Kuliah |
Pesawat Angkat |
|||
Kode Mata Kuliah |
PAB2316 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1 - Mampu menjelaskan mengenai alat transportasi |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi |
Model Pembelajaran
|
Modul |
2 |
|||
2 | Sub CPMK2 - Mampu menjelaskan mengenai alat pemindah mekanis conveyor |
1. Ketepatan menjelaskan definisi conveyor 2. Ketepatan menjelaskan bagian-bagian belt conveyor 3. Ketepatan melakukan perhitungan beban penggunaan belt conveyor |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi |
Model Pembelajaran
|
Modul |
2 |
|||
3 | Sub CPMK3 : Mampu menjelaskan mengenai alat pemindah mekanis crane |
1. Ketepatan mengidentifikasi jenis-jenis crane 2. Ketepatan menjelaskan fungsi peralatan pada crane 3. Ketepatan menjelaskan perturan pengoperasian crane |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas dan praktek |
Model Pembelajaran
|
Modul |
3 |
|||
4 | Sub CPMK3 : Mampu menjelaskan mengenai alat pemindah mekanis crane |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test tugas dan praktek |
Model Pembelajaran
|
Modul |
2 |
|||
5 | Sub CPMK4 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan manual handling |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas dan praktek |
Model Pembelajaran:
|
Modul |
3 |
|||
6 | Sub CPMK4 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan manual handling |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas dan praktek |
Model Pembelajaran
|
Modul |
3 |
|||
7 | Sub CPMK5 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan metode pengangkatan |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi |
Model Pembelajaran kooperatif (mahasiswa melakukan presentasi) (Tatap Muka (luring) 3x50”) |
Modul |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK5 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan metode pengangkatan |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas |
Model Pembelajaran kooperatif (mahasiswa melakukan presentasi) (Tatap Muka (luring) 3x50”) |
Modul |
5 |
|||
10 | Sub CPMK6 : Mampu menjelaskan mengenai komponen penyambung |
1. Ketepatan menjelaskan definisi komponen penyambung 2. Ketepatan menjelaskan dan mengidentifikasi komponen penyambung yaitu shackles, hooks, wire rope clips dan eyebolts |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas dan praktek |
• Model Pembelajaran
|
1. Pengertian komponen penyambung 2. Jenis-jenis komponen penyambung yaitu shackles, hooks, wire rope clips dan eyebolts Modul |
5 |
|||
11 | Sub CPMK6 : Mampu menjelaskan mengenai komponen penyambung |
Ketepatan menjelaskan cara inspeksi komponen penyambung |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas dan praktek |
Model Pembelajaran
|
Inspeksi komponen penyambung Modul |
5 |
|||
12 | Sub CPMK7 : Mampu menjelaskan mengenai komponen sling |
Ketepatan menjelaskan definisi komponen sling |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas |
• Model Pembelajaran Kooperatif (Tatap Muka (luring) 3x50”) |
Ketepatan menjelaskan definisi komponen sling Modul |
5 |
|||
13 | Sub CPMK7 : Mampu menjelaskan mengenai komponen sling |
Ketepatan menjelaskan dan mengidentifikasi komponen sling yaitu tali baja, tali rami dan rantai |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas |
• Model Pembelajaran Kooperatif (Tatap Muka (luring) 3x50”) |
Jenis-jenis komponen sling yaitu tali baja, tali rami dan rantai Modul |
5 |
|||
14 | Sub CPMK8 : Mampu menjelaskan mengenai alat pemindah mekanis forklift |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : praktek |
Model Pembelajaran
|
.1. Macam-macam forklift 2. Fungsi peralatan pada forklift Modul |
5 |
|||
15 | Sub CPMK8 : Mampu menjelaskan mengenai alat pemindah mekanis forklift |
Ketepatan menjelaskan perturan pengoperasian forklift |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : praktek |
Model Pembelajaran
|
Peraturan pengoperasian forklift Modul |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Aryati Muhaymin Marali lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|