.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:wahyu.yusuf@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:57 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Manajemen Proyek |
TS230216 |
3 |
0 |
3 |
42 |
3 |
18-01-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Wahyu Yusuf Rio S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199005082019031014 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-8) Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur, Rencana Kerja dan Syarat, dan nilai kontrak, dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) (KK-9) Mampu membuat dokumen kontrak dan syarat-syarat administrasi untuk tahap perencanaan, pelaksanaan dan pasca konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan dalam pengendalian proyek konstruksi dan membuat deskripsi butir pekerjaan dari perencanaan teknis bangunan sipil sehingga menjadi dokumen Rencana Kerja dan Syarat-Syarat |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB CP-MK 1: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami konsep manajemen proyek [C2,A2] SUB CP-MK 2: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen proyek [C2,A2] SUB CP-MK 3: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami biaya langsung dan tidak langsung [C2,A2] SUB CP-MK 4: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pengendalian proyek [C2,A2] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Manajemen Proyek mempelajari tentang hal mempelajari definisi tentang proyek, serta proses-proses yang termasuk dalam pengaturan sebuah proyek, termasuk perencanaan, penyusunan, motivasi, dan pengendalian sumber daya, serta prosedur pemenuhan tujuannya. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Metode pelaksanaan konstruksi, Pengendalian Proyek, Penjadwalan |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Blended Learning Poltekba, Dokumen Proyek, Powerpoint Presentation |
|||||||
Dosen Pengampu |
Wahyu Yusuf Rio, |
Mata Kuliah |
Manajemen Proyek |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230216 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB CP-MK 1: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami konsep manajemen proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan konsep manajemen proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
|
5 |
|||
2 | SUB CP-MK 1: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami konsep manajemen proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan konsep manajemen mutu proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
|
5 |
|||
3 | SUB CP-MK 1: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami konsep manajemen proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Rencana Kerja dan Syarat-Syarat
|
5 |
|||
4 | SUB CP-MK 2: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan dan dapat membedakan pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Rencana Kerja dan Syarat-Syarat
|
5 |
|||
5 | SUB CP-MK 2: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan kewajiban dan syarat prinsipal, perencanaan, dan prosedur pelaksanaan pekerjaan (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Rencana Kerja dan Syarat-Syarat
|
5 |
|||
6 | SUB CP-MK 3: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami biaya langsung dan tidak langsung [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan terkait biaya langsung dan tidak langsung (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Biaya Langsung dan Tidak Langsung
|
5 |
|||
7 | SUB CP-MK 3: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami biaya langsung dan tidak langsung [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan terkait biaya langsung dan tidak langsung dengan memberikan contoh item pekerjaan yang termasuk didalamnya (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Biaya Langsung dan Tidak Langsung
|
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
15 |
|||||||
9 | SUB CP-MK 4: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pengendalian proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan hubungan antara waktu, biaya, dan sumber daya dalam suatu proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Waktu, Biaya, dan Sumber daya dalam suatu proyek
|
5 |
|||
10 | SUB CP-MK 4: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pengendalian proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat penjadwalan proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Penjadwalan
|
5 |
|||
11 | SUB CP-MK 4: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pengendalian proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu membuat laporan kemajuan proyek dan administrasi proyek lainnya (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Laporan kemajuan
|
5 |
|||
12 | SUB CP-MK 4: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pengendalian proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu menhitung produktivitas tenaga kerja (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Produktivitas Tenaga Kerja
|
5 |
|||
13 | SUB CP-MK 4: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pengendalian proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan metode pengendalian proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Pengendalian Proyek
|
5 |
|||
14 | SUB CP-MK 4: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pengendalian proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan proses pengadaan barang dan jasa (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Pengadaan Barang dan Jasa
|
5 |
|||
15 | SUB CP-MK 4: Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami pengendalian proyek [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan evaluasi proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: - Rubrik pedoman penskoran - Sikap dan keaktifan Teknik: Portofolio |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Evaluasi Proyek
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Wahyu Yusuf Rio lahir di Samarinda pada tanggal 08-05-1990 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|