.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mohamad.isram@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:51 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
|||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
|||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
|||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
||||
T |
P |
TOTAL |
|||||||
Laboratorium Uji Tanah)* |
TS230916 |
0 |
3 |
3 |
126 |
3 |
28-01-2023 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
|||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
|||||||
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
||||||||
NIP/NIK. 198903052022031010 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
||||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
||||||||
SIKAP |
|||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||||||
PENGETAHUAN |
|||||||||
(P-2) Menguasai prinsip pengujian dan pengukuran komponen bangunan sipil sesuai codes dan standar (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung (P-8) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunangedung di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
|||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
||||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
|||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
|||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-5) Mampu melakukan pekerjaan pengukuran tanah (site surveying) untuk bangunan sipil guna mendukung proses perencanaan, perancangan dan pelaksanaan konstruksi dengan menggunakan peralatan terkini yang disajikan dalam format gambar ukur |
|||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
||||||||
Mahasiswa menguasai prosedur pengujian pengambilan contoh tanah undistrub (tidak terganggu) maupun distrub (terganggu) dilapangan, serta pengujian properties tanah dan engineering properties di laboratorium |
|||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
|||||||||
Sub CP-MK 1 : Mampu melakukan pengujian sondir [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 2 : Mampu melakukan pengambilan sampel dengan handboring [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 3 : Mampu melakukan pengujian berat volume tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 4 : Mampu melakukan pengujian kadar air tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 5 : Mampu melakukan pengujian batas plastis [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 6 : Mampu melakukan pengujian batas cair [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 7 : Mampu melakukan pengujian kuat tekan bebas [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 8 : Mampu melakukan pengujian konsolidasi [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 9 : Mampu melakukan pengujian analisa saringan [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 10 : Mampu melakukan pengujian GS [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 11 : Mampu melakukan pengujian hidrometer [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 12 : Mampu melakukan pengujian direct shear [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 13 : Mampu melakukan pengujian sandcone [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 14 : Mampu melakukan pengujian pemadatan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 15 : Mampu melakukan pengujian CBR [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 16 : Mampu menentukan klasifikasi dan jenis tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Laboratorium Uji Tanah mempelajari pengujian laboratorium tanah yang dimaksudkan untuk mendapatkan nilai-nilai parameter dan hasil pengujian tanah untuk keperluan desain pondasi. | ||||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengujian tanah disturbed |
||||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:
|
||||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul Power Point |
||||||||
Dosen Pengampu |
Mohamad Isram M. Ain, |
Mata Kuliah |
Laboratorium Uji Tanah)* |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230916 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||||||||
1 | Sub CP-MK 1 : Mampu melakukan pengujian sondir [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Metode Estimasi waktu:
|
Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
8 |
||||||||
2 | Sub CP-MK 2 : Mampu melakukan pengambilan sampel dengan handboring [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
|
|
6 |
||||||||
3 | Sub CP-MK 3 : Mampu melakukan pengujian berat volume tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui langkah-langkah pengujian berat volume tanah (B) dengan tepat |
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
4 | Sub CP-MK 4 : Mampu melakukan pengujian kadar air tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui urutan pengujian kadar air tanah (B) dengan tepat |
|
Metode Estimasi waktu: |
Pengujian kadar air tanah Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
5 | Sub CP-MK 5 : Mampu melakukan pengujian batas plastis [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui urutan pengujian batas plastis (B) dengan tepat |
|
Metode Estimasi waktu: |
Pengujian batas plastis Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
6 | Sub CP-MK 6 : Mampu melakukan pengujian batas cair [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
Pengujian batas cair tanah Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
7 | Sub CP-MK 9 : Mampu melakukan pengujian analisa saringan [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
Analisa saringan Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
8 | Sub CP-MK 11 : Mampu melakukan pengujian hidrometer [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui urutan pengujian hidrometer (B) dengan tepat |
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
Pengujian hidrometer Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
9 | Sub CP-MK 10 : Mampu melakukan pengujian GS [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
Pengujian GS Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
10 | Sub CP-MK 7 : Mampu melakukan pengujian kuat tekan bebas [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
Pengujian kuat tekan bebas Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
11 | Sub CP-MK 13 : Mampu melakukan pengujian sandcone [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
Pengujian sandcone Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
12 | Sub CP-MK 14 : Mampu melakukan pengujian pemadatan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui urutan pemadatan ringan (B) dengan tepat |
|
|
Pemadatan ringan Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
13 | Sub CP-MK 15 : Mampu melakukan pengujian CBR [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui urutan pengujian CBR lab (B) dengan tepat |
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
CBR Lab Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
8 |
||||||||
14 | Sub CP-MK 16 : Mampu menentukan klasifikasi dan jenis tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
Kalsifikasi tanah Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
15 | Sub CP-MK 8 : Mampu melakukan pengujian konsolidasi [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
Konsolidasi Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
16 | Sub CP-MK 12 : Mampu melakukan pengujian direct shear [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Pembelajaran: Estimasi waktu: |
Direct shear Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mohamad Isram M. Ain lahir di Kali pada tanggal 05-03-1989 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|