.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:dwi.lesmideyarti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:25 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Matriks dan Aljabar Linear |
TL110322 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
11-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dwi Lesmideyarti S.T., M.Kom. |
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198605032019032011 |
NIP/NIK. 199411012019031015 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika, (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air (S-5) memiliki tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan , serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-7) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-9) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-10) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standard International Electrotechnical Commision (IEC) (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan system kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil danproses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. (KU-6) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU-7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri (KU-8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi dan pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah (KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standard SNI, IEC, dan standard lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan (KK-3) Mampu merancang instalasi listrik dalam bentuk gambar teknik secara manual dan/atau software aplikasi CAD (KK-4) Mampu melaksanakan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik sesuai dengan gambar rancangan (KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. (KK-6) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran kelaikan instalasi berdasarkan prosedur dan standar (SNI, IEC, SPLN), dengan menyajikan hasil analisis berdasarkan metoda yang dipilih (KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
1. Mampu menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali 2. Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri 3. Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi & pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20 KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah 4. Mampu merancang instalasi listrik dalam bentuk gambar teknik secara manual dan/atau software aplikasi CAD |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan bilangan kompleks Mampu menjelaskan matriks Mampu menjelaskan deret fourier Mampu Menjelaskan Integral Mampu Menjelaskan Persamaan Diferensial Mampu menjelaskan transformasi laplace Mampu Menjelaskan MATLAB sebagai software simulasi aritmatika |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata Kuliah Matrik dan Aljabar Linier bertujuan untuk membentuk pemahaman mahasiswa yang komprehensif mengenai konsep bilangan kompleks, matriks, deret fourier, integral, persamaan diferensial, transformasi laplace dan pengenalan MATLAB untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam bidang teknik elektro. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan platform pembelajaran berbasis blended learning, yang mengintegrasikan penggunakan teknologi (app based, video based, penggunaan software Matlab, Mathematica, Geogebra, dll), internet (penelusuran referensi berupa video, buku elektronik, diskusi live streaming, pengumpulan tugas secara online, dll) dan tatap muka di kelas. Penilaian berkelanjutan dilakukan dengan menggunakan students’ worksheet dan presentasi secara berkelompok berupa pemaparan atas authentic assessment yang mereka dapatkan. Feedback, kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa diberikan pada setiap pengumpulan tugas dan presentasi. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Bilangan Kompleks 2. Matriks 3. Deret Fourier 4. Integral 5. Persamaan Diferensial 6. Transformasi Laplace 7. Pengenalan MATLAB |
|||||||
Pustaka |
1. Kreyszig, E. 1988. Advance Egineering Mathematics. Singapore: John Wiley & Sons, Inc. 2. Stroud, K.A. & Booth, D.J. 2001. Engineering
Mathematics. New York: Palgrave Inc. 3. Bird, J.O. 1985. Mathematics for Electrical Technicians Level 4 & 5. New York: Longman
Inc. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop Proyektor Jaringan
Internet |
|||||||
Dosen Pengampu |
Dwi Lesmideyarti, |
Mata Kuliah |
Matriks dan Aljabar Linear |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL110322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan bilangan kompleks |
Mampu menjelaskan konsep bilangan secara umum, e.g.bilangan asli, bilangan cacah, bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan riil, bilangan kompleks Mampu menjelaskan konsep bilangan kompleks, e.g. bilangan j, tiga representasi bilangan kompleks, operasi aritmatika bilangan kompleks Mampu menjelaskan tahapan penerapan bilangan kompleks dalam menyelesaikan permasalahan rangkaian AC, e.g. fasor, impedansi, reaktansi Mampu mengeksekusi penghitungan fasor, impedansi, reaktansi, kuat arus, sumber tegangan dengan menggunakan app Complex Number Calculator |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab 2 x 50 menit |
Bilangan Kompleks Konsep dasar bilangan kompleks Konsep penerapan bilangan kompleks untuk menyelesaikan masalah rangkaian AC |
0 |
|||
2 | Mampu menjelaskan bilangan kompleks |
Mampu menjelaskan konsep bilangan secara umum, e.g.bilangan asli, bilangan cacah, bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan riil, bilangan kompleks Mampu menjelaskan konsep bilangan kompleks, e.g. bilangan j, tiga representasi bilangan kompleks, operasi aritmatika bilangan kompleks Mampu menjelaskan tahapan penerapan bilangan kompleks dalam menyelesaikan permasalahan rangkaian AC, e.g. fasor, impedansi, reaktansi Mampu mengeksekusi penghitungan fasor, impedansi, reaktansi, kuat arus, sumber tegangan dengan menggunakan app Complex Number Calculator |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Bilangan Kompleks Konsep dasar bilangan kompleks Konsep penerapan bilangan kompleks untuk menyelesaikan masalah rangkaian AC |
5 |
|||
3 | Mampu menjelaskan matriks |
Mampu menjelaskan konsep- konsep matriks, e.g. determinan matriks, matriks transpos, matriks identitas, matriks invers, operasi aritmatika matriks, merepresentasikan sistem persamaan linear (SPL) dengan matriks Mampu menjelaskan tahapan penerapan matriks dalam menyelesaikan masalah rangkaian listrik kompleks, e.g. eliminasi Gauss Mampu mengeksekusi tahapan eliminasi Gauss dengan menggunakan app Matrix Operation |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Matriks Konsep dasar matriks dalam bidang Teknik Elektronika Konsep penerapan matriks untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik |
0 |
|||
4 | Mampu menjelaskan matriks |
Mampu menjelaskan konsep- konsep matriks, e.g. determinan matriks, matriks transpos, matriks identitas, matriks invers, operasi aritmatika matriks, merepresentasikan sistem persamaan linear (SPL) dengan matriks Mampu menjelaskan tahapan penerapan matriks dalam menyelesaikan masalah rangkaian listrik kompleks, e.g. eliminasi Gauss Mampu mengeksekusi tahapan eliminasi Gauss dengan menggunakan app Matrix Operation |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Matriks Konsep dasar matriks dalam bidang Teknik Elektronika Konsep penerapan matriks untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik |
5 |
|||
5 | Mampu menjelaskan deret fourier |
Mampu menjelaskan konsep- konsep dasar deret Fourier, e.g. fungsi periodik, , fungsi ganjil, fungsi genap, fungsi tidak genap dan tidak ganjil Mampu menjelaskan tahapan penerapan Deret Fourier pemecahan masalah rangkaian listrik dengan Deret Fourier, e.g. tekanan elektromotif dalam rangkaian listrik Mampu mengeksekusi tahapan aplikasi deret Fourier dengan menggunakan app Sum Series |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Deret Fourier Konsep dasar deret Fourier Konsep penerapan deret Fourier untukmenyelesaikan permasalahan rangkaian listrik |
0 |
|||
6 | Mampu menjelaskan deret fourier |
Mampu menjelaskan konsep- konsep dasar deret fourier. e.g fungsi periodik fungsi ganjil fungsi genap fungsi tidak genap dan tidak ganjil Mampu menjelaskan tahapan penerapan Deret Fourier pemecahan masalah rangkaian listrik dengan Deret Fourier, e.g. tekanan elektromotif dalam rangkaian listrik Mampu mengeksekusi tahapan aplikasi deret Fourier dengan menggunakan app Sum Series |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Deret Fourier Konsep dasar deret Fourier Konsep penerapan deret Fourier untuk menyelesaikan permasalahan rangkaian listrik |
10 |
|||
7 | Mampu Menjelaskan Integral |
Mampu menjelaskan konsep integrasi dalam bidang Teknik Elektro, e.g. integral dengan substitusi dan integral dengan pecahan parsial Mampu menjelaskan tahapan penerapan integral untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik, e.g. potensial elektrostatik Mampu mengeksekusi tahapan- tahapan integral dengan menggunakan app Integrative Step-by-Step |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UTS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Integral Konsep integral dalam bidang Teknik Elektro Konsep penerapan integral untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik |
0 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mampu Menjelaskan Integral |
Mampu menjelaskan konsep integrasi dalam bidang Teknik Elektro, e.g. integral dengan substitusi dan integral dengan pecahan parsial Mampu menjelaskan tahapan penerapan integral untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik, e.g. potensial elektrostatik Mampu mengeksekusi tahapan- tahapan integral dengan menggunakan app Integrative Step-by-Step |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Integral Konsep integral dalam bidang Teknik Elektro Integral Konsep integral dalam bidang Teknik Elektro |
5 |
|||
10 | Mampu Menjelaskan Persamaan Diferensial |
Mampu menjelaskan konsep diferensiasi dalam Teknik Elektronika, e.g. diferensial fungsi implisit, diferensial fungsi terdefinisi secara parametrik, diferensiasi logaritmik, diferensial trigonometri invers, diferensial parsial Mampu menjelaskan tahapan penerapan diferensial untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik, e.g. sistem termodinamik Mampu mengeksekusi tahapan- tahapan diferensiasi dengan menggunakan app Derivative Step-by-Step |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Persamaan Diferensial Konsep diferensiasi dalam Teknik Elektro Konsep penerapan diferensial untuk menyelesaikan permasalahan rangkaian listrik |
0 |
|||
11 | Mampu Menjelaskan Persamaan Diferensial |
Mampu menjelaskan konsep diferensiasi dalam Teknik Elektronika, e.g. diferensial fungsi implisit, diferensial fungsi terdefinisi secara parametrik, diferensiasi logaritmik, diferensial trigonometri invers, diferensial parsial Mampu menjelaskan tahapan penerapan diferensial untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik, e.g. sistem termodinamik Mampu mengeksekusi tahapan- tahapan diferensiasi dengan menggunakan app Derivative Step-by-Step |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Persamaan Diferensial Konsep dasar persamaan diferensial (PD) orde pertama dan orde kedua Konsep penerapan PD untuk memecahkan permasalahan rangkaian listrik |
5 |
|||
12 | Mampu menjelaskan transformasi laplace |
Mampu menjelaskan konsep- konsep dasar transformasi Laplace, sifat-sifat transformasi Laplace, transformasi Laplace invers Mampu menjelaskan tahapan penerapan transformasi Laplace untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Transformasi Laplace Konsep dasar transformasi Laplace Konsep penerapan transformasi Laplace untuk memecahkan permasalahan rangkaian listrik |
0 |
|||
13 | Mampu menjelaskan transformasi laplace |
Mampu menjelaskan konsep- konsep dasar transformasi Laplace, sifat-sifat transformasi Laplace, transformasi Laplace invers Mampu menjelaskan tahapan penerapan transformasi Laplace untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Transformasi Laplace Konsep dasar transformasi Laplace Konsep penerapan transformasi Laplace untuk memecahkan permasalahan rangkaian listrik |
5 |
|||
14 | Mampu Menjelaskan MATLAB sebagai software simulasi aritmatika |
Mampu menjalankan program Matlab dan keluar Matlab, e.g. fasilitas pada Matlab, menu - menu pada Matlab untuk bekerja, beberapa perintah Matlab dan kegunaannya, kegunaan toolbar pada layar Matlab Mampu menjelaskan tahapan penerapan Matematika untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Pengenalan MATLAB Konsep m-file dan simulink dalam Matlab Konsep penggunaan Matlab untuk menyelesaikan permasalahan keteknikan |
5 |
|||
15 | Mampu Menjelaskan MATLAB sebagai software simulasi aritmatika |
Mampu menjalankan program Matlab dan keluar Matlab, e.g. fasilitas pada Matlab, menu - menu pada Matlab untuk bekerja, beberapa perintah Matlab dan kegunaannya, kegunaan toolbar pada layar Matlab Mampu menjelaskan tahapan penerapan Matematika untuk menyelesaikan masalah rangkaian listrik |
Kriteria : Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Tugas dan UAS |
Diskusi dan Tanya Jawab : 2 x 50 menit |
Pengenalan MATLAB Konsep m-file dan simulink dalam Matlab Konsep penggunaan Matlab untuk menyelesaikan permasalahan keteknikan |
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Dwi Lesmideyarti lahir di Bengkulu Selatan pada tanggal 03/05/1986 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|