.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:dwi.lesmideyarti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:28 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Kewirausahaan + Etika Profesi |
TL-U-5-46-6 |
2 |
0 |
2 |
28 |
6 |
22-05-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dwi Lesmideyarti S.T., M.Kom. |
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198605032019032011 |
NIP/NIK. 199411012019031015 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-10) menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya (KU-7) mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. (KK-9) Mampu merancang proses dan komponen sistem pemanfaatan energi baru terbarukan dengan pendekatan analisis, dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mengetahui dasar konsep dasar kewirausahaan, sikap dan kepribadian kewirausahaan, ide dan peluang, kreativitas dan inovasi, proses kewirausahaan, fungsi dan peran kewirausahaan, merintis usaha baru, Teknik dan strategi pemasaran, etika bisnis, studi lapangan, project bisnis |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. mampu menjelaskan konsep dasar kewirausahaan 2. mampu menjelaskan sikap dan keperibadian kewirausahaan 3. mampu menjelaskan konsep ide dan peluang 4. mampu menjelaskan konsep keratifitas dan inovasi 5. mampu menjelaskan fungsi dan peran kewirausahaan 6. mampu menjelaskan cara merintis usaha baru dan model pengembangan 7. mampu menjelaskan teknik dan strategi pemasaran 8. mampu menjelaskan etika bisnis 9. mampu menjelaskan seluk beluk merintis usaha 10. Mampu menjelaskan pembuatan proposal usaha |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada matakuliah ini diberikan materi perkuliahan mengenai dasar konsep dasar kewirausahaan, sikap dan kepribadian kewirausahaan, ide dan peluang, kreativitas dan inovasi, proses kewirausahaan, fungsi dan peran kewirausahaan, merintis
usaha baru, Teknik dan strategi pemasaran, etika bisnis, studi lapangan, project bisnis |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1.Konsep dasar kewirausahaan 2.Sikap dan kepribadian kewirausahaan 3.ide dan peluang 4.Kreativitas dan inovasi 5.Proses kewirausahaan 6.Fungsi dan peran kewiraushaan 7. Merintis usaha baru 8. Teknik dan strategi pemasaran 9. Francise dan waralaba 10. Etika bisnis 11. Studi lapangan 12. Project bisnis |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Pakpahan Maruji, Diktat Kewrirausahaan, 2013, Jakarta
2. Kemdikbud, Modul Pembelajaran Kewirausahaan, 2013, Jakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Laptop 2. LCD 3. whiteboard 4. spidol |
|||||||
Dosen Pengampu |
Dwi Lesmideyarti, |
Mata Kuliah |
Kewirausahaan + Etika Profesi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL-U-5-46-6 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. mampu menjelaskan konsep dasar kewirausahaan |
Mampu menjelaskan:
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk penilaian :Tes |
|
|
0 |
|||
2 | 2. mampu menjelaskan sikap dan keperibadian kewirausahaan |
Mengetahui sikap dan keperibadian kewirausahaan |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk penilaian :Tes |
|
Sikap dan kepribadian kewirausahaan
|
5 |
|||
3 | 2. mampu menjelaskan sikap dan keperibadian kewirausahaan |
Mampu menjelaskan sikap dan kepribadian wirausahawan
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk penilaian :Tes |
2 X 50menit |
Sikap dan kepribadian kewirausahaan
|
5 |
|||
4 | 4. mampu menjelaskan konsep keratifitas dan inovasi |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep kreatifitas dan inovasi |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk penilaian :Tes |
|
|
5 |
|||
5 | 5. mampu menjelaskan fungsi dan peran kewirausahaan |
Dapat menjelaskan fungsi dan peran kewirausahaan |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk penilaian :Tes |
|
Cara merintis usaha baru dan model pengembangan-
|
5 |
|||
6 | 3. mampu menjelaskan konsep ide dan peluang |
Mampu menjelaskan konsep ide dan peluang |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk penilaian :Tes |
|
|
5 |
|||
7 | 7. mampu menjelaskan teknik dan strategi pemasaran |
Mampu menjelaskan cara merintis usaha baru dan model pengembangan- |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk penilaian :Tes |
|
Cara merintis usaha baru dan model pengembangan-
|
0 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | 7. mampu menjelaskan teknik dan strategi pemasaran |
Mampu menjelaskan teknik dan strategi pemasaran |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk penilaian :Tes |
|
Teknik dan strategi pemasaran
|
0 |
|||
10 | 7. mampu menjelaskan teknik dan strategi pemasaran |
Mampu menjelaskan teknik dan strategi pemasaran |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk penilaian :Tes |
|
Promosi & Iklan
|
0 |
|||
11 | 8. mampu menjelaskan etika bisnis |
Mampu menjelaskan etika bisnis dalam menjalankan usaha |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk penilaian :Tes |
|
Etiika bisnis
|
0 |
|||
12 | 9. mampu menjelaskan seluk beluk merintis usaha |
Mampu menjelaskan sejarah membuka usaha baru dan pengembangannya? (observasi usaha industri ) |
Kriteria dan Bentuk penilaian: mahasiswa mampu mengambil pelajaran dari pengusaha yang sukses |
studi Lapangan, Wawancara |
Studi kasus : seluk beluk merintis usaha dan pengembangannya
|
0 |
|||
13 | 9. mampu menjelaskan seluk beluk merintis usaha |
Mampu menjelaskan sejarah membuka usaha baru dan pengembangannya? (observasi usaha industri ) |
Kriteria dan Bentuk penilaian: mahasiswa mampu mengambil pelajaran dari pengusaha yang sukses |
Presentasi hasil studi lapangan (observasi)
Diskusi |
Studi kasus : seluk beluk merintis usaha dan pengembangannya |
10 |
|||
14 | 10. Mampu menjelaskan pembuatan proposal usaha |
Mampu membuat proposal usaha |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi.
Bentuk penilaian :Tes |
Presentasi, Diskusi |
Proposal usaha
|
0 |
|||
15 | 10. Mampu menjelaskan pembuatan proposal usaha |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi.
Bentuk penilaian :Tes |
Presentasi, Diskusi |
Proposal Usaha
|
15 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Dwi Lesmideyarti lahir di Bengkulu Selatan pada tanggal 03/05/1986 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|