.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:anis.aulia@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:55 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Konstruksi Beton 2 |
JJ240217 |
2 |
0 |
2 |
28 |
4 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Anis Aulia Ulfa S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199309032022032014 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan (P-5) Menguasai konsep teoritis manajemen proyek konstruksi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilka prototype, prosedur baku, desain atau karya seni. (KU-4) Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-4) Mampu merancang bangunan jalan dan jembatan dalam bentuk perancangan teknik rinci4 (detail engineering deGISn) dengan menggunakan pangkalan data dan referensi teknik konstruksi5 dengan mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi, sosial, budaya, kesehatan da keselamatan publik dan lingkungan. (KK-5) Mampu merencanakan, melaksanakan, mengawasi proses konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan publik, serta menerapkan sistem manajemen, keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (SMK3L) dengan mengacu dokumen perancangan teknik rinci |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas geser balok CPMK 2 : Mahasiswa mampu merancang kolom beton bertulang CPMK 3 : Mahasiswa mampu merancang pondasi telapak beton bertulang |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas geser balok beton bertulang. dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C4,A2) Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu merencanakan penampang dan tulangan geser balok beton bertulang dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kolom beton bertulang dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C2,A2) Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas penampang kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C4,A2) Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merancang tulangan longitudinal dan geser kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu merancang pondasi telapak beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) Sub-CPMK7: Mahasiswa mampu menyajikan dan mempresentasikan perencanaan balok, pelat, kolom dan pondasi RC dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Konstruksi Beton 2 mempelajari teori dalam menghitung, menganalisa dan mendisain kapasitas geser balok, penampang dan tulangan kolom serta pondasi | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Penampang balok dan tulangan geser yang dibebani oleh geser- lentur dan oleh geser- lentur- aksial 2. Penampang balok dan tulangan geser yang dibebani geser- torsi/puntir. 3.Penampang kolom dan tulangan lenturnya. 4. Penampang pelat pondasi tapak dan pondasi pelat menerus serta tulangan lentur maupun gesernya |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. ACI Committee, 318-14. (2014). Building Code Requirements for Reinforced Concrete. American Concrete Institute. Detroit. Michigan. |
|||||||
Media Pembelajaran |
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Anis Aulia Ulfa, |
Mata Kuliah |
Konstruksi Beton 2 |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ240217 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2,3 | Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas geser balok beton bertulang. dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C4,A2) |
1. Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan dan mengiplementasikan teori mekanisme geser di elemen struktur balok |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Menyampaikan protokol kesehatan dan kontrak pembelajaran Pustaka [2][3][5][6][7][11] |
2 |
|||
Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas geser balok beton bertulang. dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C4,A2) |
1. Ketepatan menganalisa kapasitas penampang beton terhadap beban geser, baik yang dibebani geser dan lentur maupun yang terkombinasi dengan aksial |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit Karakteristik: Interaktif |
1. Kapasitas penampang beton terhadap beban geser, baik yang dibebani geser dan lentur maupun yang terkombinasi dengan aksial Pustaka [2][3][5][6][7][11] |
5 |
||||
Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas geser balok beton bertulang. dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C4,A2) |
1. Ketepatan menjelaskan definisi, pengertian dan asumsi-asumsi torsi |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas PPT, TT, 2x60 menit Karakteristik: Interaktif |
1.Definisi, pengertian dan asumsi-asumsi torsi Pustaka [2][3][5][6][7][11] |
2 |
||||
4,5 | Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu merencanakan penampang dan tulangan geser balok beton bertulang dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
- Ketepatan dalam merencanakan tulangan geser balok beton bertulang |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
PjBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 1, TT, 2x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Tulangan geser balok beton bertulang Pustaka [2][3][5][6][7][11] |
10 |
|||
Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu merencanakan penampang dan tulangan geser balok beton bertulang dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
- Ketepatan dalam merencanakan tulangan geser torsi balok beton bertulang |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
PjBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 2, TT, 2x60 menit Karakteristik: Kolaboratif |
Tulangan geser torsi balok beton bertulang Pustaka [2][3][5][6][7][11] |
10 |
||||
6 | Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kolom beton bertulang dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C2,A2) |
- Ketepatan menjelaskan kolom pendek dan kolom panjang. |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit Karakteristik: Interaktif |
- Kolom pendek dan kolom panjang. Pustaka [2][3][5][6][7][11] |
2 |
|||
7,8,9 | Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas penampang kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C4,A2) |
- Ketepatan dalam menganalisa kebutuhan tulangan kolom beton bertulang dibebani secara konsentris |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Kebutuhan tulangan kolom beton bertulang dibebani secara konsentris Pustaka [2][3][5][6][7][11] |
5 |
|||
Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas penampang kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C4,A2) |
-Ketepatan mengaplikasikan Diagram Interaksi Gaya aksial- Momen pada kolom untuk menghitung beban pada kolom |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Diagram Interaksi Gaya aksial- Momen pada kolom untuk menghitung beban pada kolom Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9][10][11] |
5 |
||||
Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas penampang kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C4,A2) |
1. Ketepatan menjelaskan hubungan N (gaya Normal) dengan kelangsingan |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit Karakteristik: Interaktif |
1 Hubungan N (gaya Normal) dengan kelangsingan Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9][10][11] |
5 |
||||
10,11,12 | Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merancang tulangan longitudinal dan geser kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
-Ketepatan merencanakan tulangan longitudinal kolom |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
PjBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 3, TT, 2x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Kebutuhsn tulangan longitudinal kolom RC Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9][10][11] |
10 |
|||
Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merancang tulangan longitudinal dan geser kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
- Ketepatan menjelaskan konsep geser pada kolom RC |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Konsep geser pada kolom RC Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9][10][11] |
2 |
||||
Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merancang tulangan longitudinal dan geser kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
- Ketepatan merencanakan tulangan transfersal kolom RC |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
PjBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, TT, 2x60 menit Karakteristik: Kolaboratif |
Kebutuhan tulangan transfersal kolom RC Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9][10][11] |
10 |
||||
13,14 | Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu merancang pondasi telapak beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
- Ketepatan menjelaskan konsep lentur pada telapak pondasi |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit Karakteristik: Saintifik |
- Konsep lentur pada telapak pondasi Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9][10][11] |
2 |
|||
Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu merancang pondasi telapak beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
- Ketepatan merencanakan tulangan lentrur dan geser pondasi telapak |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
PjBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 5, TT, 2x60 menit Karakteristik: Kolaboratif |
- Perencanaan pondasi telapak RC Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9][10][11] |
5 |
||||
15,16 | Sub-CPMK7: Mahasiswa mampu menyajikan dan mempresentasikan perencanaan balok, pelat, kolom dan pondasi RC dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek Presentasi Projek |
15 |
|||
Sub-CPMK7: Mahasiswa mampu menyajikan dan mempresentasikan perencanaan balok, pelat, kolom dan pondasi RC dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek Presentasi Projek |
10 |
||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Anis Aulia Ulfa lahir di Balikpapan pada tanggal 03-09-1993 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|