.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ali.arifin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:41 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Konstruksi Baja 2 |
JJ240222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
4 |
02-01-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ir.. Ali Arifin Soeparlan MT |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 2018.90.001 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu merancang bangunan jalan dan jembatan dalam bentuk perancangan teknik rinci4 (detail engineering deGISn) dengan menggunakan pangkalan data dan referensi teknik konstruksi5 dengan mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi, sosial, budaya, kesehatan da keselamatan publik dan lingkungan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu mendesain bangunan atas jembatan gelagar komposit baja-beton (CPL KK-4) CPMK 2: Mampu menerapkan RSNI T03-2005 Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan, Standar Jembatan Gelagar Komposit, Direktorat Bina Program Jalan- Direktorat Jendral Bina Marga-Departemen Pekerjaan Umum dan SNI 1725-2016 Pembebanan untuk Jembatan. (CPL P-6) CPMK 3: Mampu menyelesaikan Tugas PjBL dengan benar & rapi, tepat waktu, secara kelompok dan masing-masing mampu mempresentasikannya. (CPL: S8, Ku-1, KU-2, KU-7) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan sistem struktur komposit (baja-beton), kelebihannya, penggunaannya dan menjelaskan aksi komposit pada umumnya. [C2, A2](CPMK 1) Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan dan menggambar komponen/ elemen jembatan komposit (baja-beton). Pelat, balok dan kolom. [C2, A2] (CPMK 2) Dan mampu menerapkan pembebanan pada jembatan sesuai SNI 1725-2016. [C3, A2] (CPMK 2) Sub CPMK 3: Mampu menganalisis dan mendesain lentur dan geser pada balok jembatan gelagar komposit (baja-beton) sesuai RSNI T03-2005 dan Standar Jembatan Gelagar Komposit, Direktorat Bina Program Jalan- Direktorat Jendral Bina Marga-Departemen Pekerjaan Umum Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain pelat jembatan gelagar komposit sesuai RSNI T03-2005 dan Standar Jembatan Gelagar Komposit, Direktorat Bina Program Jalan- Direktorat Jendral Bina Marga-Departemen Pekerjaan Umum Sub CPMK 5: Mampu mendesain (menghitung & menggambar) struktur atas jembatan gelagar komposit baja-beton pada Tugas PjBL |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas teori, contoh soal (latihan) dan tugas mendesain struktur komposit baja-beton dengan dua metode desain, yaitu metode Plastis (metode Desain Beban dan Tahanan Terfaktor-Load Resistance Factor Design =LRFD) dan metode Elastis. Kesemuanya mengacu pada RSNI T03-2005. Tugas mendesain jembatan struktur komposit sederhana sebagai bentuk Project Based Learning (PjBL). Strategi penyampaian adalah Model Blended Learning (Sinkronous langsung dan sinkronous maya: ceramah, diskusi dan tutorial PjBL. Asinkronous Mandiri-baca modul, dan Asinkronous Kolaboratif-tugas kelompok) berbasis Nine Instructional Event. Evaluasi dilakukan dengan pemberian tugas, tes lisan dan tes tertulis yang menekankan kepada tes uraian (terbatas maupun bebas) pada jenjang belajar C3-C5 (aspek kognitif), aspek psikomotorik (P2-P5) melalui tugas menyusun laporan perencanaan dan presentasi serta aspek afektif (A2-A5) ditekankan pada kehadiran dan partisipasi dalam seluruh kegiatan belajar serta nilai-nilai tanggungjawab, mandiri, pencapaian kinerja yang maksimal serta kejasama melalui pemberian tugas kelompok. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sub CPMK 1: PENGENALAN STRUKTUR KOMPOSIT BAJA-BETON |
|||||||
Pustaka |
1. Charles G. Salmon, Jhon E. Johnson,”STRUKTUR BAJA, Design dan Perilaku”, Jilid 2, Penerbit AIRLANGGA, Jakarta, 1996 2. Agus Setiawan,”Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD (Berdasarkan SNI 031729-2002)”, Penerbit AIRLANGGA, Jakarta, 2008.
3. Pujianto, A., "STRUKTUR KOMPOSIT DENGAN METODE LRFD (LOAD AND RESISTANCE FACTOR DESIGN)", handbook.
4. RSNI T-03-2005, Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan. Jakarta, 2005 5. Standar Jembatan Gelagar Komposit, Direktorat Bina Program Jalan- Direktorat Jendral Bina Marga-Departemen Pekerjaan Umam.
6. SNI 1725-2016, Pembebanan untuk Jembatan, Badan Standardisasi Nasional, Jakarta, 2016 7. Tabel Profil Baja Gunung Garuda atau Morisco |
|||||||
Media Pembelajaran |
Laptop, LCD, Pointer, Papan tulis, Spidol, Penghapus, BLP |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ali Arifin Soeparlan, |
Mata Kuliah |
Konstruksi Baja 2 |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ240222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan sistem struktur komposit (baja-beton), kelebihannya, penggunaannya dan menjelaskan aksi komposit pada umumnya. [C2, A2](CPMK 1) |
|
KP:
BP: Tes: Kuis
|
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
Pengenalan Struktur Komposit Baja-Beton
[1], [2], [3] |
6 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan dan menggambar komponen/ elemen jembatan komposit (baja-beton). Pelat, balok dan kolom. [C2, A2] (CPMK 2) Dan mampu menerapkan pembebanan pada jembatan sesuai SNI 1725-2016. [C3, A2] (CPMK 2) |
1. Ketepatan dalam menjelaskan dan menggambar elemen jembatan gelagar baja-beton komposit pada tugas PjBL 2. ketepatan dalam menerapkan pembebanan pada jembatan gelagar baja-beton komposit pada tugas PjBL |
KP:
BP: Non tes, review tugas PjBL |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
PENGENALAN ELEMEN JEMBATAN GELAGAR BAJA-BETON KOMPOSIT DAN PEMBEBANANNYA [4], [5], [6] |
6 |
|||
3, 4, 5, 6, 7 | Sub CPMK 3: Mampu menganalisis dan mendesain lentur dan geser pada balok jembatan gelagar komposit (baja-beton) sesuai RSNI T03-2005 dan Standar Jembatan Gelagar Komposit, Direktorat Bina Program Jalan- Direktorat Jendral Bina Marga-Departemen Pekerjaan Umum |
1. ketepatan dalam menganalisis balok sederhana komposit dan membandingkannya dengan balok sederhana non komposit 2. ketepatan dalam menentukan Lebar Efektif Balok-Pelat Komposit 3. ketepatan dalam menganalisis balok komposit dengan atau tanpa penyangga (Propping) |
KP:
BP: Non Tes: Review tuga PjBL |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
ANALISIS BALOK KOMPOSIT
[1], [2], [3], [4] |
6 |
|||
4. Ketepatan dalam menghitung Gaya Geser Longitudinal 5. Ketepatan dalam menghitung Sambungan Geser Parsial 6. Ketepatan dalam menganalisis Balok Komposit Menerus |
KP:
BP: Tes: Kuis (gaya geser longitudinal, sambungan geser parsial & menganalisis Balok Komposit menerus) |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
4. Gaya Geser Longitudinal 5. Sambungan Geser Parsial 6. Balok Komposit Menerus [1], [2], [3], [4] |
6 |
|||||
|
KP:
BP: Tes: kuis |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
[1], [2], [3], [4] |
6 |
|||||
|
KP:
BP: Tes: kuis |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
[1], [2], [3], [4], [7] |
6 |
|||||
|
KP:
BP: Non Tes: Tugas 2 (gaya geser longitudinal, sambungan geser parsial & menganalisis Balok Komposit menerus) |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
[1], [2], [3], [4] |
6 |
|||||
8, 9 | Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain pelat jembatan gelagar komposit sesuai RSNI T03-2005 dan Standar Jembatan Gelagar Komposit, Direktorat Bina Program Jalan- Direktorat Jendral Bina Marga-Departemen Pekerjaan Umum |
|
KP:
BP: Tes: kuis |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
PELAT KOMPOSIT
[1], [2], [3], [4] |
7 |
|||
|
KP:
BP: Tes: kuis |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
[1], [2], [3], [4] |
7 |
|||||
10, 11 | Sub CPMK 5: Mampu mendesain (menghitung & menggambar) struktur atas jembatan gelagar komposit baja-beton pada Tugas PjBL |
Ketepatan dalam menerapkan konsep & analisis struktur komposit baja-beton pada desain jembatan gelagar komposit baja-beton pada elemen
|
KP:
BP: Non Tes: Tugas PjBL |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
TUTORIAL DESAIN JEMBATAN GELAGAR KOMPOSIT BAJA-BETON (PROJECT BASED LEARNING- PjBL)
[4], [5], [6], [7] |
7 |
|||
Ketepatan dalam menerapkan konsep & analisis struktur komposit baja-beton pada desain jembatan gelagar komposit baja-beton pada elemen 4. Balok Diafragma 5. Balok (Gelagar) Utama |
KP:
BP: Non Tes: Tugas PjBL |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
TUTORIAL DESAIN JEMBATAN GELAGAR KOMPOSIT BAJA-BETON (PROJECT BASED LEARNING- PjBL) 4. Desain Balok Diafragma 5. Desain Balok (Gelagar) Utama [4], [5], [6], [7] |
7 |
|||||
12, 13 , 14, 15, 16 | Sub CPMK 5: Mampu mendesain (menghitung & menggambar) struktur atas jembatan gelagar komposit baja-beton pada Tugas PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
6 |
|||
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
6 |
|||||
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
6 |
|||||
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
6 |
|||||
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
Presentasi PjBL |
6 |
|||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ali Arifin Soeparlan lahir di Surabaya pada tanggal 29-10-1958 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|