.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ali.arifin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:17 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Struktur Beton II |
TS240722 |
3 |
0 |
3 |
42 |
4 |
06-01-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ir.. Ali Arifin Soeparlan MT |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 2018.90.001 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai referensi teknis (codes) dan standar konstruksi yang berlaku di wilayah kerjanya |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi (KK-4) Mampu menggambar teknik bangunan sipil untuk mendukung proses perencanaan, perancangan dan pelaksanaan konstruksi sesuai dengan spesifikasi teknis secara manual dan/atau menggunakan perangkat lunak |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu menganalisis dan mendesain Geser (lentur, torsi dan kombinasinya) pada Balok Beton Bertulang CPMK 2: Mampu menganalisis dan mendesain elemen struktur Kolom Beton Bertulang CPMK 3: Mampu menganalisis dan mendesain elemen struktur Fondasi Pelat Tapak & Menerus Beton Bertulang |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan perilaku geser dan mampu menerapkan pembebanan Geser pada Balok Beton Bertulang sesuai SNI 1727-2019. (C3, A2) Sub CPMK 2: Mampu menganalisis dan mendesain Geser (lentur, tarik diagonal dan torsi) pada Balok Beton Bertulang sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan perilaku lentur dan mampu menerapkan pembebanan pada Kolom Beton Bertulang sesuai SNI 1727-2019. (C3, A2) Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain Kolom Beton Bertulang sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan perilaku lentur & geser dan menerapkan pembebanan pada Fondasi Pelat Tapak (setempat) & Menerus sesuai SNI 1727-2019. (C3, A2) Sub CPMK 6: Mampu menganalisis dan mendesain lentur & geser pada Fondasi Tapak & Menerus sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Struktur Beton II adalah lanjutan Struktur Beton I, yang berisi tentang teori, analisis dan desain beton bertulang (yang telah disampaikan dalam metode PjBL/CBL) dalam hal:
|
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sub CPMK 1: 1. Teori Dasar tentang Geser pada Balok BB. 2. Pembebanan Geser (lentur, tarik diagonal & torsi) pada Balok BB. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Nawy,E. G., (Bambang Suryoatmono- Penterjemah), BETON BERTULANG: Suatu Pendekatan Dasar, PT Refika Aditama, Bandung, 1998 2. Nawy,E. G.; Tavio; dan Kusuma,B, BETON BERTULANG: Sebuah Pendekatan Mendasar- Jilid 1, ITS Press, Surabaya, 2010 3. Badan Standarisasi Nasional, BSN, Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung (SNI 2847:2019), BSN, Jakarta, 2019 4. Badan Standarisasi Nasional, BSN, Beban Minimum Perancangan Gedung dan Struktur Lainnya (SNI 1727- 2013), Jakarta 2013 5. Soeparlan, AA, Struktur Beton 2- Materi kuliah (hand out-ppt), BLP2 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media: Laptop, LCD, Pointer, Papan tulis, Spidol, Penghapus, BLP2 |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ali Arifin Soeparlan, |
Mata Kuliah |
Struktur Beton II |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS240722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan perilaku geser dan mampu menerapkan pembebanan Geser pada Balok Beton Bertulang sesuai SNI 1727-2019. (C3, A2) |
1.1 Ketepatan menerapkan pembebanan geser lentur pada balok beton bertulang 1.2 Ketepatan menjelaskan teori mekanisme geser dan tarik diagonal pada balok beton bertulang |
KP:
BP: Non tes, ketepatan penerapan pembebanan geser pada balok (Soal PjBL) dan review ringkasan |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
1.1 Pembebanan geser lentur pada balok beton bertulang 1.2 Teori dasar. [1], [2], [3] dan [5] |
3 |
|||
2, 3, 4, 5 | Sub CPMK 2: Mampu menganalisis dan mendesain Geser (lentur, tarik diagonal dan torsi) pada Balok Beton Bertulang sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
2.1 Ketepatan menghitung Kapasitas Geser Balok BB. 2.2 Ketepatan menentukan Tulangan Geser atau Sengkang dan Persyaratannya 2.3 Ketepatan menjelaskan fungsi tulangan geser/ sengkang 2.4 Ketepatan menghitung kuat geser yang disumbangkan oleh sengkang vertikal 2.5 Ketepatan menghitung kuat geser yang disumbangkan oleh tulangan/ sengkang miring 2.6 Ketepatan menjelaskan persyaratan kuat geser maksimum sengkang 2.7 Ketepatan menghitung jarak sengkang 2.8. Ketepatan menjelaskan persyaratan jarak sengkang maksimum 2.9 Ketepatan menentukan dan dapat menghitung tulangan geser minimum 2.10 Ketepatan menentukan lokasi geser maksimum pada balok
|
KP:
BP: Non tes, review tugas 1 |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
2.1 Analisis dan desain balok beton bertulang terhadap beban geser lentur 2.2 Kapasitas geser lentur dan tarik diagonal beton bertulang 2.3 Tulangan geser (sengkang dan tulangan miring) 2.4 Persyaratan sengkang dan tulangan miring [1], [2] & [3] |
3 |
|||
Sub CPMK 2: Mampu menganalisis dan mendesain Geser (lentur, tarik diagonal dan torsi) pada Balok Beton Bertulang sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
2.11 Ketepatan menentukan zonasi penulangan geser pada balok beton bertulang 2.12 Ketepatan menggambar penulangan geser pada balok sesuai dengan perhitungan yang didapatkan 2.13 Ketepatan menganalis dan mendisain geser penampang balok beton bertulang |
KP:
BP: Non tes, review tugas 2 |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
2.5 Penulangan geser lentur & tarik diagonal pada balok beton bertulang [1], [2], [3] |
3 |
||||
Sub CPMK 2: Mampu menganalisis dan mendesain Geser (lentur, tarik diagonal dan torsi) pada Balok Beton Bertulang sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
2.14 Ketepatan menjelaskan definisi, pengertian dan asumsi-asumsi torsi 2.15 Ketepatan menjelaskan mekanisme torsi pada penampang yang terpuntir 2.16 Ketepatan menjelaskan pengaruh torsi pada penampang beton bertulang 2.17 Ketepatan menjelaskan syarat dimensi penampang beton bertulang yang menerima torsi |
KP:
BP: Tes, kuis |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
2.6 Definisi, pengertian dan asumsi2 tentang torsi 2.7 Pengaruh torsi pada penampang beton bertulang 2.8 Syarat dimensi penampang beton bertulang yang menerima beban torsi [1], [2], [3] |
3 |
||||
Sub CPMK 2: Mampu menganalisis dan mendesain Geser (lentur, tarik diagonal dan torsi) pada Balok Beton Bertulang sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
2.18 Ketepatan menerapkan pembebanan torsi/puntir pada balok beton bertulang dan menentukan besar tulangan torsi minimum 2.19 Ketepatan menganalisis dan mendesain tulangan geser torsi dan tulangan memanjang akibat geser lentur dan geser torsi. 2.20 Ketepatan dalam menggambar penulangan geser balok bertulang |
KP:
BP: Non Tes, pengerjaan PjBL |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
2.9 Desain tulangan torsi 2.10 Syarat tulangan torsi minimum 2.11 Gambar penulangan geser balok beton bertulang
[1], [2], [3], [4] |
3 |
||||
6 | Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan perilaku lentur dan mampu menerapkan pembebanan pada Kolom Beton Bertulang sesuai SNI 1727-2019. (C3, A2) |
3.1 Ketepatan dalam menjelaskan definisi dan fungsi kolom dalam suatu sistem struktur 3.2 Ketepatan menggolongan Jenis Kolom dan perilakunya 3.3 Ketepatan menjelaskan syarat-syarat penulangan pada kolom 3.4 Ketepatan menerapkan pembebanan pada Kolom
|
KP:
BP: Tes, kuis dan review penerpan beban pada kolom (PjBL) |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
3.1 Definisi dan fungsi kolom dalam suatu sistem struktur 3.2 Penggolongan Jenis Kolom dan perilakunya 3.3 Syarat-syarat penulangan pada kolom 3.4 Pembebanan pada Kolom [1], [3], [5] |
4 |
|||
7 | Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain Kolom Beton Bertulang sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
4.1 Ketepatan menghitung kapasitas Kolom Pendek BB yang dibebani aksial sentris 4.2 Ketepatan membuat dan menjelaskan makna hubungan interaksi antara gaya aksial dengan momen lentur pada Kolom BB |
KP:
BP: Non tes, review tugas 3 |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
4.1 Kolom pendek & Pedestal BB yang dibebani gaya aksial sentris 4.2 Hubungan interaksi antara gaya aksial dengan momen lentur pada Kolom BB [1], [3], [5] |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9, 10, 11 | Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain Kolom Beton Bertulang sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
4.3 Ketepatan menghitung/ menentukan Angka Kelangsingan Kolom BB 4.4 Ketepatan menentukan faktor panjang tekuk kolom
4.5 Ketepatan menjelaskan masalah stabilitas pada struktur tekan 4.6 Ketepatan mengidetifikasi kolom pendek dan kolom panjang/langsing 4.7 Ketepatan menjelaskan hubungan antara gaya aksial dengan kelangsingan |
KP:
BP: -Tes, kuis. Non tes, tugas 4
|
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
4.3 Kapasitas kolom kosentris 4.4 Kelangsingan kolom 4.5 Stabilitas pada struktur tekan 4.6 Kolom pendek dan kolom panjang (langsing) 4.7 Hubungan antara gaya aksial dengan kelangsingan [1], [2], [3], [5] |
3 |
|||
Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain Kolom Beton Bertulang sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
4.8 Ketepatan mendesain tulangan longitudinal (lentur) Kolom BB
|
KP:
BP: Non Tes, Desain kolom (PjBL) |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa
|
4.8 Pembesaran momen pada kolom dengan Metode Pendekatan (Aproximate) Kebutuhan tulangan langitudinal Kolom BB [1], [2], [3], [5] |
3 |
||||
Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain Kolom Beton Bertulang sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
4.9 Ketepatan menjelaskan konsep geser pada Kolom BB 4.10 Ketepatan mendesain geser pada Kolom BB |
KP:
BP: Non Tes, Desain geser pada kolom (PjBL) |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
4.9 Konsep geser pada Kolom BB 4.10 Analisis dan desain geser pada Kolom BB [1], [3], [5] |
4 |
||||
12 | Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan perilaku lentur & geser dan menerapkan pembebanan pada Fondasi Pelat Tapak (setempat) & Menerus sesuai SNI 1727-2019. (C3, A2) |
5.1 Ketepatan menjelaskan definisi, kriteria desain, dan macam-macam Fondasi 5.2 Ketepatan menghitung tegangan tanah di bawah Fondasi Tapak & Menerus 5.3 Ketepatan menerapkan pembebanan pada Fondasi Tapak & Menerus
|
KP:
BP: Tes, kuis Non tes: penerapan pembebanan pada Fondasi Tapak & Menerus (PjBL) |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
5. 1 Pendahuluan 5.2 Tegangan Tanah di Bawah Fondasi Tapak & Menerus 5.3 Pembebanan pada Fondasi Tapak & Menerus [1], [3], [4], [5] |
3 |
|||
13, 14, 15 | Sub CPMK 6: Mampu menganalisis dan mendesain lentur & geser pada Fondasi Tapak & Menerus sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
6.1 Ketepatan menganalisis dan mendesain Lentur pada Pelat Fondasi Tapak BB |
KP:
BP: Tes, kuis Non tes: desain lentur Fondasi Tapak & Menerus (PjBL) |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
6.1 Tinjauan Lentur pada Pelat Fondasi [1], [3], [5] |
3 |
|||
Sub CPMK 6: Mampu menganalisis dan mendesain lentur & geser pada Fondasi Tapak & Menerus sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
6.2 Ketepatan menganalisis dan mendesain Geser pada Fondasi Pelat Menerus BB |
KP:
BP: Non tes: desain geser (lentur & pons) pada Fondasi Tapak & Menerus (PjBL) |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
6.2 Tinjauan Geser (lentur & pons) pada Fondasi Pelat Tapak & Menerus BB [1], [3], [5] |
3 |
||||
Sub CPMK 6: Mampu menganalisis dan mendesain lentur & geser pada Fondasi Tapak & Menerus sesuai SNI 2847-2019. (C6, A2) |
6.3 Ketepatan menjelaskan persyaratan penulangan pada Fondasi Pelat Tapak & Menerus 6.4 Ketepatan penggambaran penulangan lentur dan geser pada Fondasi Pelat Tapak & Menerus |
KP:
BP: Non tes: menggambar penulangan geser (lentur & pons) pada Fondasi Tapak & Menerus (PjBL) |
Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa |
6.3 Persyaratan Penulangan Longitudinal & Transversal pada Fondasi Pelat Tapak & Menerus 6.4 Gambar Penulangan Lentur & Geser (longitudinal & Transversal) pada Fondasi Pelat Tapak & Menerus [1], [3], [5] |
4 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ali Arifin Soeparlan lahir di Surabaya pada tanggal 29-10-1958 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|