.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadiyanto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 10, 2025, 1:19 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Praktikum Teknik Tenaga Listrik |
TL-KU-5-47-5 |
0 |
2 |
2 |
84 |
5 |
08-11-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198007082014041001 |
NIP/NIK. 199411012019031015 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan , serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standard International Electrotechnical Commision (IEC) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil danproses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standard SNI, IEC, dan standard lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan (KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumnetasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar international electrotechnican commision (IEC) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur, dan menyusun laporan hasil dan proses secara akurat dan sahih serta mngkomunikasinnya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standar SNI, IEC, dan standar lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor - faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu memahami konstruksi, prinsip kerja dan rangkaian ekivalen motor arus searah Mampu memahami konstruksi, prinsip kerja dan rangkaian ekivalen generator arus searah Mampu memahami konstruksi, prinsip kerja dan karakteristik generator sinkron Mampu memahami konstruksi dan karakteristik motor induksi Mampu memahami karakteristik arus rotor dan cara start motor induksi Mampu memahami konstruksi dan pengaruh pembebanan pada transformator Mampu memahami konfigurasi pada belitan trafo tiga fasa |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Praktikum Teknik Tenaga Listrik mempelajari tentang konstruksi dan karakteristik dari transformator, generator arus searah, motor arus searah dan motor induksi | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Dasar Kelistrikan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, LCD, Proyektor, Laptop, Whiteboard, Spidol Warna, Alat Tulis, dan Internet |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadiyanto, |
Mata Kuliah |
Praktikum Teknik Tenaga Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL-KU-5-47-5 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu memahami konstruksi, prinsip kerja dan rangkaian ekivalen motor arus searah |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep konstruksi dan prinsip kerja motor arus searah (DC)
|
3 |
|||
2 | Mampu memahami konstruksi, prinsip kerja dan rangkaian ekivalen motor arus searah |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Pengaruh efesiensi dan rangkaian ekivalen terhadap motor arus searah
|
3 |
|||
3 | Mampu memahami konstruksi, prinsip kerja dan rangkaian ekivalen generator arus searah |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep perbedaan motor dan generator arus searah serta prinsip kerja dari generator arus searah
|
3 |
|||
4 | Mampu memahami konstruksi, prinsip kerja dan rangkaian ekivalen generator arus searah |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Melakukan analisa terhadap rangkaian ekivalen generator arus searah disertai efisiensi pada generator arus searah
|
4 |
|||
5 | Mampu memahami konstruksi, prinsip kerja dan karakteristik generator sinkron |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep konstruksi generator sinkron serta prinsip kerja generator sinkron
|
3 |
|||
6 | Mampu memahami konstruksi, prinsip kerja dan karakteristik generator sinkron |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Karakteristik pembebanan generator sinkron serta implementasi generator sinkron dalam kehidupan sehari-hari
|
3 |
|||
7 | Mampu memahami konstruksi dan karakteristik motor induksi |
Ketepatan dalam menjelaskan dan memahami kosntruksi motor induksi |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep Konstruksi Motor Induksi
|
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mampu memahami konstruksi dan karakteristik motor induksi |
Ketepatan dalam mengetahui karakteristik kerja motor tak serempak, seperti: daya keluar optimal motor, efisiensi, faktor daya, kecepatan motor serta persentase slip. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Karakteristik kerja motor tak serempak, seperti: daya keluar optimal motor, efisiensi, faktor daya, kecepatan motor serta persentase slip.
|
4 |
|||
10 | Mampu memahami karakteristik arus rotor dan cara start motor induksi |
Ketepatan dalam mempelajari karakteristik arus rotor pada saat start. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Karakteristik arus rotor pada saat start
|
3 |
|||
11 | Mampu memahami karakteristik arus rotor dan cara start motor induksi |
Ketepatan dalam mempelajari cara-cara start motor induksi. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Model starting pada Motor Induksi
|
4 |
|||
12 | Mampu memahami konstruksi dan pengaruh pembebanan pada transformator |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep konstruksi transformator dan rangkaian magnetisasi transformator
|
4 |
|||
13 | Mampu memahami konstruksi dan pengaruh pembebanan pada transformator |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep Impedansi ekivalen dan pengaruh pembebanan pada transformator
|
4 |
|||
14 | Mampu memahami konfigurasi pada belitan trafo tiga fasa |
Ketapatan dalam mengetahui beberapa konfigurasi belitan transformator tiga fasa |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Jenis-jenis konfigurasi belitan transformator tiga fasa
|
5 |
|||
15 | Mampu memahami konfigurasi pada belitan trafo tiga fasa |
Ketepatan dalam mengetahui perbandingan tegangan primer dan sekunder pada beberapa konfigurasi belitan transformator tiga fasa |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep perbandingan tegangan primer dan sekunder pada beberapa konfigurasi belitan transformator tiga fasa.
|
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadiyanto lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|