.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadi.hermansyah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:50 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Matematika Teknik II |
TE120322 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
29-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Hadi Hermansyah S.Si., M.Si. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198306192014041001 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik CPMK2: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri CPMK3: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. CPMK4: Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali CPMK5: Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi CPMK6: Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur CPMK7: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri CPMK8: Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan ke dalam prosedur dan praktek instalasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Mahasiswa mampu menghitung integral tentu dengan berbagai teknik integral yang sudah dipelajari. Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menghitung luas bidang datar menggunakan konsep integral Sub CPMK3: Mahasiswa mampu menghitung volume benda putar menggunakan metode cincin Sub CPMK4: Mahasiswa mampu menghitung volume benda putar menggunakan metode silinder Sub CPMK5: Mahasiswa mampu menghitung panjang kurva menggunakan konsep Integral Sub CPMK6: Mahasiswa mamupu menentukan pusat massa benda di 2D dan 3D menggunakan konsep Integral Sub CPMK7: Mahasiswa mampu menentukan pusat massa (sentroid) benda di 3D menggunakan Integral Sub CPMK9: Mahasiswa mampu membentuk memahami dan membentuk persamaan diferensial biasa Sub CPMK10: Mahasiswa mampu menentukan solusi Persamaan Diferensial orde 1 dengan metode integral langsung Sub CPMK11: Mahasiswa mampu menentukan penyelesaian PD dengan metode pemisahan variabel Sub CPMK12: Mahasiswa mampu menentukan penyelesaian PD homogen dengan metode subtitusi y=vx Sub CPMK13: Mahasiswa mampu menentukan penyelesaian PD linier dengan faktor integrasi Sub CPMK14: Mahasiswa mampu menentukan solusi PD linier dengan Transformasi Laplace |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas tentang konsep matematika yang akan diterapkan pada permasalahan keteknikan terutama yang berhubungan dengan bidang Teknik Elektronika diantaranya adalah Bilangan Kompleks. Persamaan Diferensial dan integral Parsial, Transformasi Laplace, Deret fourier. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Integral tentu, |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: STROUD.,
K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD 2. Whiteboard
3. Laptop |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadi Hermansyah, |
Mata Kuliah |
Matematika Teknik II |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE120322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1: Mahasiswa mampu menghitung integral tentu dengan berbagai teknik integral yang sudah dipelajari. |
Menghitung integral tentu |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan |
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan TM : [2x50'] |
Integral Tentu STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
10 |
|||
2 | Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menghitung luas bidang datar menggunakan konsep integral |
Menghitung luas bidang datar menggunakan konsep integral |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan |
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal TM : [2x50'] |
Aplikasi Integral 1 : Menghitung luas daerah bidang rata, STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
3 | Sub CPMK3: Mahasiswa mampu menghitung volume benda putar menggunakan metode cincin |
Menghitung volume benda putar menggunakan metode cincin |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan
|
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal TM : [2x50'] |
Aplikasi Integral 2 : Menghitung volume benda pejal (1) metode cincin STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
4 | Sub CPMK4: Mahasiswa mampu menghitung volume benda putar menggunakan metode silinder |
Menghitung volume benda putar menggunakan metode silinder |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan |
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal TM : [2x50'] |
Aplikasi Integral 3 :Menghitung volume benda pejal (2) metode silinder STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001
|
5 |
|||
5 | Sub CPMK5: Mahasiswa mampu menghitung panjang kurva menggunakan konsep Integral |
Menghitung panjang kurva menggunakan konsep Integral |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan
|
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal TM : [2x50'] |
Aplikasi integral 4 :Menghitung panjang kurva STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
6 | Sub CPMK6: Mahasiswa mamupu menentukan pusat massa benda di 2D dan 3D menggunakan konsep Integral |
Menentukan pusat massa benda di 2D menggunakan konsep Integral |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan |
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal TM : [2x50'] |
Aplikasi Integral: menentukan Pusat massa di 2D dengan Integral STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
7 | Sub CPMK7: Mahasiswa mampu menentukan pusat massa (sentroid) benda di 3D menggunakan Integral |
Menentukan pusat massa (sentroid) benda di 3D menggunakan Integral |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan |
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal TM : [2x50'] |
Aplikasi Integral: Menentukan pusat massa benda pejal dengan Integral STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
10 |
|||||||
9 | Sub CPMK9: Mahasiswa mampu membentuk memahami dan membentuk persamaan diferensial biasa |
Membentuk persamaan diferensial biasa |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan
|
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal
TM : [2x50'] |
Persamaan Difrensial orde 1 : Pembentukan persamaan diferensial STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
10 | Sub CPMK10: Mahasiswa mampu menentukan solusi Persamaan Diferensial orde 1 dengan metode integral langsung |
Menentukan solusi Persamaan Diferensial orde 1 dengan metode integral langsung |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan |
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal
TM : [2x50'] |
Persamaan Diferensial orde 1 :Penyelesaian PD dengan metode integral langsung STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
11 | Sub CPMK11: Mahasiswa mampu menentukan penyelesaian PD dengan metode pemisahan variabel |
Menentukan penyelesaian PD dengan metode pemisahan variabel |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan |
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal TM : [2x50'] |
Persamaan Diferensial orde 1: Penyelesaian PD dengan metode pemisahan variabel STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
12 | Sub CPMK12: Mahasiswa mampu menentukan penyelesaian PD homogen dengan metode subtitusi y=vx |
Menentukan penyelesaian PD homogen dengan metode subtitusi y=vx |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan
|
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal
TM : [2x50'] |
Persamaan Diferensial orde 1 : Penyelesaian PD homogen dengan metode subtitusi y=vx STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
13 | Sub CPMK13: Mahasiswa mampu menentukan penyelesaian PD linier dengan faktor integrasi |
Menentukan penyelesaian PD linier dengan faktor integrasi |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan |
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal TM : [2x50'] |
Persamaan Diferensial orde 1: Penyelesaian PD linier dengan faktor integrasi STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001
|
5 |
|||
14 | Sub CPMK14: Mahasiswa mampu menentukan solusi PD linier dengan Transformasi Laplace |
Menentukan solusi PD linier dengan Transformasi Laplace |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan
|
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal
TM : [2x50'] |
Transformasi Laplace (1) STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
15 | Sub CPMK14: Mahasiswa mampu menentukan solusi PD linier dengan Transformasi Laplace |
Menentukan solusi PD linier dengan Transformasi Laplace |
1. Kuis 2. Tugas 3. Keaktifan
|
1. Pemaparan 2. Diskusi 3. Latihan Soal TM : [2x50'] |
Transformasi Laplace (2) STROUD., K.A.Matematika Teknik.Penerbit Erlangga.2001 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadi Hermansyah lahir di Bima pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|