.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:dwi.lesmideyarti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:10 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Algoritma dan Pemrograman |
TL120422 |
0 |
2 |
2 |
84 |
2 |
14-06-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dwi Lesmideyarti S.T., M.Kom. |
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198605032019032011 |
NIP/NIK. 199411012019031015 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
1. Mampu mendemonstrasikan dasar pemrograman pada microcontroller dan atau microprocessor. [C3] [P3, S9] 2. Mampu mengkreasikan pemrograman computer pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C6] [CPMK 2] [S9, P3, P5, KK5] 3. Mampu merencanakan, mengevaluasi dan mendemonstrasikan program dan perangkat keras berdasarkan alur kerja pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. [C6], [P2] [KU5, P4, S9, KK5] |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
2. mampu menjelaskan Konsep Pemrograman dalam hal : (1) Algortima, (2) Pseudo Code, (3) Flowchart 3. Mampu menjelaskan dan menerapkan Konsep Pemrograman dalam hal (1) Struktur Flowchart, (2) Pemecahan Masalah dengan Flowchart, (3) Pengenalan Program 4. Mampu menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: (1) Tipe Data Dasar, (2) Operator Aritmatika, (3) Operator Penurunan dan Penaikan, (4) Operator Penugasan, (5) Operator Kombinasi (Pemendekan) 5. Mampu menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: (1) Menampilkan Data ke Layar, (2) Memasukkan Data dari Keyboard 1. Mampu menjelaskan tujuan mata kuliah Algoritma dan Pemrograman, menjelaskan mata kuliah prasyarat dan mengerjakan soal-soal Pre-Test 6. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: (1) Operator Kondisi, (2) Operator Relasi, (3) Operator Logika, (4) Prioritas Operator Logika dan Relasi 7. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: (1) Pernyataan IF, (2) Pernyataan IF-ELSE, (3) Nested IF 8. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Looping dalam hal: (1) Pernyataan For, (2) Pernyataan While, (3) Pernyataan Do-While 9. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Looping dalam hal Nested Loop 10. Mampu menjelaskan dan menerapkan bentuk Fungsi dalam (1) Dasar Fungsi, (2) Memberikan Nilai Keluaran Fungsi, (3) Fungsi dengan Keluaran Bukan Integer, (4) Prototipe Fungsi, (5) Parameter Fungsi 12. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Array dalam hal: (1) Konsep Pemrograman Terstruktur, (2) Array Berdimensi Satu, (3) Array Berdimensi Dua, (4) Array Berdimensi Banyak 13. Mampu membuat dan mempresentasikan aplikasi Konversi Suhu 14. Mampu membuat dan mempresentasikan aplikasi Kalkulator 15. Mampu membuat dan mempresentasikan aplikasi Kalender 11. menjelaskan dan menerapkan bentuk Fungsi dalam (1) Dasar Fungsi, (2) Memberikan Nilai Keluaran Fungsi, (3) Fungsi dengan Keluaran Bukan Integer, (4) Prototipe Fungsi, (5) Parameter Fungsi |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang algoritma, pseudocode, flowchart, dan struktur-struktur pemrograman. Untuk mengimplementasikan konsep-konsep pemrograman tersebut digunakan salah satu bahasa pemrograman yang populer. Â
|
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Konsep Pemrograman 2. Input dan Output (I/O) 3. Pengambilan Keputusan 4. Looping 5. Nested Looping 6. Fungsi 7. Array 8. Program Aplikasi Sederhana |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Pratama, Andre. 2018. Pascal Uncover, Panduan Belajar Pascal Untuk Pemula. Duniailkom.com 2. Munir, Rinaldi.
2016. Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal,
C, dan C++. Bandung: Informatika.
3. Hartono, Jogiyanto.
2009. Pengenalan Komputer:
Dasar Ilmu Komputer,
Pemrograman, Sistem Informasi, dan Intelegensi Buatan. Yogyakarta: Andi |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Modul, 2.Panduan Praktek, 3. LCD, 4. Proyektor, 5. Laptop, 6. Whiteboard, 8. Spidol (warna hitam, merah dan biru), dan
9. Alat tulis. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Dwi Lesmideyarti, |
Mata Kuliah |
Algoritma dan Pemrograman |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL120422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. Mampu menjelaskan tujuan mata kuliah Algoritma dan Pemrograman, menjelaskan mata kuliah prasyarat dan mengerjakan soal-soal Pre-Test |
|
|
(PT: 1 x 60")
Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. |
|
0 |
|||
2 | 2. mampu menjelaskan Konsep Pemrograman dalam hal : (1) Algortima, (2) Pseudo Code, (3) Flowchart |
Ketepatan menjelaskan dan menggunakan Konsep Pemrograman dalam hal: (1) Algortima, (2) Pseudo Code, (3) Flowchart |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
(PT: 1 x 60")
Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. |
Konsep Pemrograman (I): (1) Algoritma, (2) Pseudo Code, (3) Flowchart
|
5 |
|||
3 | 3. Mampu menjelaskan dan menerapkan Konsep Pemrograman dalam hal (1) Struktur Flowchart, (2) Pemecahan Masalah dengan Flowchart, (3) Pengenalan Program |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan Konsep Pemrograman dalam hal (1) Struktur Flowchart, (2) Pemecahan Masalah dengan Flowchart, (3) Pengenalan Program |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek,dan tugas |
berpusat pada mahasiswa P = 2 x 170' |
Konsep Pemrograman (II): (1) Struktur Flowchart, (2) Pemecahan Masalah dengan Flowchart, (3) Pengenalan Program
|
5 |
|||
4 | 4. Mampu menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: (1) Tipe Data Dasar, (2) Operator Aritmatika, (3) Operator Penurunan dan Penaikan, (4) Operator Penugasan, (5) Operator Kombinasi (Pemendekan) |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: (1) Tipe Data Dasar, (2) Operator Aritmatika, (3) Operator Penurunan dan Penaikan, (4) Operator Penugasan, (5) Operator Kombinasi (Pemendekan) |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
berpusat pada mahasiswa P = 2 x 170' |
Input dan Output (I): (1) Tipe Data Dasar, (2) Operator Aritmatika, (3) Operator Penurunan dan Penaikan, (4) Operator Penugasan, (5) Operator Kombinasi (Pemendekan)
|
5 |
|||
5 | 5. Mampu menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: (1) Menampilkan Data ke Layar, (2) Memasukkan Data dari Keyboard |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: (1) Menampilkan Data ke Layar, (2) Memasukkan Data dari Keyboard |
(1) Kriteria: Ketepatan presentasi/ menjawab pertanyaan, (2) Bentuk Penilaian: nontes, bahan presentasi, tugas |
berpusat pada mahasiswa P = 2 x 170' |
Input/Output (II): (1) Menampilkan Data ke Layar, (2) Memasukkan Data dari Keyboard
|
5 |
|||
6 | 6. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: (1) Operator Kondisi, (2) Operator Relasi, (3) Operator Logika, (4) Prioritas Operator Logika dan Relasi |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: (1) Operator Kondisi, (2) Operator Relasi, (3) Operator Logika, (4) Prioritas Operator Logika dan Relasi |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
berpusat pada mahasiswa P = 2 x 170' |
Pengambilan Keputusan (I): (1) Operator Kondisi, (2) Operator Relasi, (3) Operator Logika, (4) Prioritas Operator Logika dan Relasi
|
0 |
|||
7 | 7. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: (1) Pernyataan IF, (2) Pernyataan IF-ELSE, (3) Nested IF |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: (1) Pernyataan IF, (2) Pernyataan IF-ELSE, (3) Nested IF |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
Kuliah, diskusi, dan praktek (2 x 170”) |
Pengambilan Keputusan (II): (1) Pernyataan IF, (2) Pernyataan IF- ELSE, (3) Nested IF
|
5 |
|||
9 | 9. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Looping dalam hal Nested Loop |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Looping dalam hal: (1) Pernyataan For, (2) Pernyataan While, (3) Pernyataan Do-While |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
berpusat pada mahasiswa (2x170') |
Looping (I): (1) Pernyataan For, (2) Pernyataan While, (3) Pernyataan Do-While
|
0 |
|||
10 | 10. Mampu menjelaskan dan menerapkan bentuk Fungsi dalam (1) Dasar Fungsi, (2) Memberikan Nilai Keluaran Fungsi, (3) Fungsi dengan Keluaran Bukan Integer, (4) Prototipe Fungsi, (5) Parameter Fungsi |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Looping dalam hal Nested loop |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
berpusat pada mahasiswa (2x170') |
Looping II: (1) Nested Loop
|
0 |
|||
11 | 11. menjelaskan dan menerapkan bentuk Fungsi dalam (1) Dasar Fungsi, (2) Memberikan Nilai Keluaran Fungsi, (3) Fungsi dengan Keluaran Bukan Integer, (4) Prototipe Fungsi, (5) Parameter Fungsi |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan bentuk Fungsi dalam (1) Dasar Fungsi, (2) Memberikan Nilai Keluaran Fungsi, (3) Fungsi dengan Keluaran Bukan Integer, (4) Prototipe Fungsi, (5) Parameter Fungsi |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
berpusat pada mahasiswa (2x170') |
Fungsi: (1) Dasar Fungsi, (2) Memberikan Nilai Keluaran Fungsi, (3) Fungsi dengan Keluaran Bukan Integer, (4) Prototipe Fungsi, (5) Parameter Fungsi
|
10 |
|||
12 | 12. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Array dalam hal: (1) Konsep Pemrograman Terstruktur, (2) Array Berdimensi Satu, (3) Array Berdimensi Dua, (4) Array Berdimensi Banyak |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Array dalam hal: (1) Konsep Pemrograman Terstruktur, (2) Array Berdimensi Satu, (3) Array Berdimensi Dua, (4) Array Berdimensi Banyak |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
berpusat pada mahasiswa (2x170') |
Variabel Array: (1) Konsep Pemrograman Terstruktur, (2) Array Berdimensi Satu, (3) Array Berdimensi Dua, (4) Array Berdimensi Banyak
|
0 |
|||
13 | 13. Mampu membuat dan mempresentasikan aplikasi Konversi Suhu |
Ketepatan membuat dan mempresentasikan aplikasi Konversi Suhu |
(1) Kriteria: Ketepatan pengerjaan tugas dan presentasi, (2) Bentuk Penilaian: nontes, bahan presentasi, tugas |
berpusat pada mahasiswa (2x170') |
Program Aplikasi (I): Program Aplikasi Konversi Suhu
|
5 |
|||
14 | 14. Mampu membuat dan mempresentasikan aplikasi Kalkulator |
Ketepatan membuat dan mempresentasikan aplikasi Kalkualtor |
(1) Kriteria: Ketepatan pengerjaan tugas dan presentasi, (2) Bentuk Penilaian: nontes, bahan presentasi, tugas |
berpusat pada mahasiswa (2x170') |
Program Aplikasi (II): Program Aplikasi Kalkulator
|
5 |
|||
15 | 15. Mampu membuat dan mempresentasikan aplikasi Kalender |
Ketepatan membuat dan mempresentasikan aplikasi Kalender |
(1) Kriteria: Ketepatan pengerjaan tugas dan presentasi, (2) Bentuk Penilaian: nontes, bahan presentasi, tugas |
berpusat pada mahasiswa (2x170') |
Program Aplikasi (III): Program Aplikasi Kalender
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Dwi Lesmideyarti lahir di Bengkulu Selatan pada tanggal 03/05/1986 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|