.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:sunarno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:53 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Lab. Praktek Perancah )* |
TS240816 |
0 |
3 |
3 |
126 |
4 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Drs.. Sunarno M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 196404131990031015 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-3) Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung (P-8) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunangedung di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi (KK-5) Mampu melakukan pekerjaan pengukuran tanah (site surveying) untuk bangunan sipil guna mendukung proses perencanaan, perancangan dan pelaksanaan konstruksi dengan menggunakan peralatan terkini yang disajikan dalam format gambar ukur (KK-8) Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur, Rencana Kerja dan Syarat, dan nilai kontrak, dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memahami fungsi penggunaan alat dan bahan praktik kerja perancah CPMK 2: Mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan pembuatan perancah bangunan gedung sesuai dengan ketentuan konstruksi |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan peralatan dan bahan praktik kerja perancah [C2, A2, P3] Sub-CPMK 2: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bouwplank [C2, A2, P3] Sub-CPMK 3: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting pondasi dan sloof sesuai ketentuan [C2, A2, P3] Sub-CPMK 4: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting kolom sesuai ketentuan [C2, A2, P3] Sub-CPMK 5: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting balok sesuai dengan ketentuan [C2, A2, P3] Sub-CPMK 6: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting plat lantai sesuai ketentuan [C2,A2, P3] Sub-CPMK 7: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting tangga bangunan gedung sesuai ketentuan [C2, A2, P3] Sub-CPMK 8: Mampu melakukan pembersihan kembali dan pelaporan hasil pekerjaan [C2, A2, P3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Lab Praktik Perancah mempelajari secara sederhana proses pekerjaan bagian bangunan gedung, mulai dari pembuatan bouwplank, bekisting pondasi, sloof, kolom, balok dan plat lantai serta pelaksanaan pekerjaan konstruksi beton bangunan gedung sesuai dengan ketentuan konstruksi bangunan gedung yang berlaku.
|
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengantar praktik, Bouwplank, Bekisting Pondasi & Sloof, Bekisting Kolom, Bekisting Balok, Bekisting Plat Lantai, Bekisting Tangga bangunan gedung |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
1. Jobsheet 2. BLP 3. Alat dan Bahan Praktik |
|||||||
Dosen Pengampu |
Sunarno, |
Mata Kuliah |
Lab. Praktek Perancah )* |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS240816 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan peralatan dan bahan praktik kerja perancah [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan peralatan dan bahan serta metode pemakaiannya dalam praktik kerja perancah Bentuk Penilaian: Diskusi penguasaan materi |
Metode Pembelajaran: Pembelajaran langsung dengan ceramah dan diskusi (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM; 9 x 50 menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
4, 5, 6 |
2 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bouwplank [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan pekerjaan bouwplank dan melakukan pemasangan pekerjaan bowuplank Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bouwplank 1, 2, 3, 7, 8 |
5 |
|||
3 | Sub-CPMK 2: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bouwplank [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan pekerjaan bouwplank dan melakukan pemasangan pekerjaan bowuplank Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bouwplank 1, 2, 3, 7, 8 |
4 |
|||
4 | Sub-CPMK 3: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting pondasi dan sloof sesuai ketentuan [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan pekerjaan dan melakukan pemasangan pekerjaan bekisting pondasi dan sloof Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bekisting pondasi dan sloof 1, 2, 3, 7, 8 |
5 |
|||
5 | Sub-CPMK 3: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting pondasi dan sloof sesuai ketentuan [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan pekerjaan dan melakukan pemasangan pekerjaan bekisting pondasi dan sloof Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bekisting pondasi dan sloof 1, 2, 3, 7, 8 |
4 |
|||
6 | Sub-CPMK 4: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting kolom sesuai ketentuan [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan dan melakukan pemasangan pekerjaan bekisting kolom bangunan gedung Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bekisting kolom bangunan gedung 1, 2, 3, 7, 8 |
5 |
|||
7 | Sub-CPMK 4: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting kolom sesuai ketentuan [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan dan melakukan pemasangan pekerjaan bekisting kolom bangunan gedung Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bekisting kolom bangunan gedung 1, 2, 3, 7, 8 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 5: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting balok sesuai dengan ketentuan [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan dan melakukan pemasangan pekerjaan bekisting balok bangunan gedung Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bekisting balok bangunan gedung 1, 2, 3, 7, 8 |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 5: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting balok sesuai dengan ketentuan [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan dan melakukan pemasangan pekerjaan bekisting balok bangunan gedung Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bekisting balok bangunan gedung 1, 2, 3, 7, 8 |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 6: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting plat lantai sesuai ketentuan [C2,A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan dan melakukan pemasangan pekerjaan bekisting plat lantai bangunan gedung Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bekisting plat lantai bangunan gedung 1, 2, 3, 7, 8 |
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 6: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting plat lantai sesuai ketentuan [C2,A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan dan melakukan pemasangan pekerjaan bekisting plat lantai bangunan gedung Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bekisting plat lantai bangunan gedung 1, 2, 3, 7, 8 |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK 7: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting tangga bangunan gedung sesuai ketentuan [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan dan melakukan pemasangan pekerjaan bekisting tangga bangunan gedung Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktik |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bekisting tangga bangunan gedung 1, 2, 3, 7, 8 |
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 7: Mampu merancang dan melakukan pekerjaan bekisting tangga bangunan gedung sesuai ketentuan [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan dan melakukan pemasangan pekerjaan bekisting tangga bangunan gedung Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek |
Metode Pembelajaran: Praktikum (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Praktek membuat bekisting tangga bangunan gedung 1, 2, 3, 7, 8 |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK 8: Mampu melakukan pembersihan kembali dan pelaporan hasil pekerjaan [C2, A2, P3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam melakukan pembersihan dan membuat laporan hasil pekerjaan Bentuk Penilaian: Kualitas bentuk hasil praktek dan laporan |
Metode Pembelajaran: Praktikum dan laporan (Interaktif, Efektif dan Berpusat kepada Mahasiswa) Estimasi Waktu: TM: 9 x 50 Menit (Interaktif, SCL, Kontekstual, Integratif) |
Pelaporan hasil pekerjaan 4, 5, 6 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Sunarno lahir di Sragen pada tanggal 13-04-1964 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|