.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:farida@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 17, 2025, 12:18 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
DEKORASI MAKANAN |
TB120315 |
2 |
1 |
3 |
70 |
2 |
27-05-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Farida S.Pd., M.Pd. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 197808122021212009 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menunjukkan sikap responsif dan inovatif, profesional sesuai dengan global code ethic of tourism |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai prinsip dasar pengolahan dan penyajian makanan dan minuman (P-3) Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metoda teknologi pengolahan pangan (food processing technology), khususnya pengolahan makanan (P-9) Menguasai pengetahuan tentang merencanakan, mengevaluasi, dan menganalisis menu (P-18) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi persuasi dalam pemasaran produk-produk masakan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yangs esuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-6) Mampu menerapkan seni kuliner (KK-12) Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif (KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif (KK-16) Mampu melakukan evaluasi etrhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK-1: Mampu memahami tentang dekorasi makakan, unsur-unsur dekorasi, tujuan dan penerapan unsur dasat dekorasi makanan yang benar. CP-MK2: Mampu memahami, menyiapkan, merancang garnish dan ramgkaian buah dan sayur dengan baik. CP-MK-3: Mampu mengidentifikasi, mendesain dan merancang fruit and vegetables carving dengan baik dan benar CP-MK-4: Mampu memahami, mengidentifikasi, dan memilih bahan dari sayuran yang digunakan pada pembuatan garnish rangkaian sayuran dengan tepat dan benar CP-MK-5: Mampu memahami, mengidentikasi, dan memilih bahan dari buah-buahan yang digunakan pada pembuatan garnis dan rangkaian buah dengan tepat CP-MK-6: Mampu memahami, mengidentifikasi, dan memilih bahan dari daun-daunan dan bahan lainnya dengan tepat CP-MK-7: Mampu memahami, mengidentifikasi dan memilih bahan pewarna makanan pembuatan garnish dengan tepat. CP-MK-8: Mampu memahami, mengidentifikasi peralatan yang digunakan pada pembuatan garnish dengan tepat. CP-MK-9: Mampu memahami, mengidentifikasi, merancang jenis dan bentuk-bentuk lipatan daun dengan tepat. CP-MK-10: Mampu memahami, mengidentifikasi, merancang jenis dan bentuk-bentuk lipatan janur dengan tepat. CP-MK-11: Mampu memahami, mendesain dan merancang tentang ice carving dengan baik dan tepat. CP-MK-12: Mampu memahami, mendesain butter carving dengan baik dan tepat. CP-MK-13: Mampu memahami, merancang hiasan pada makanan sesuai dengan menu dengan tepat. CP-MK-14: Mampu memahami, mendesain dan merancang lay out untuk mendisplay center piece sesuai dengan tema event yang tepat. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB-CPMK1: Mampu membuat perencanaan tentang unsur-unsur yang digunakan dalam merancang dekorasi maknanan dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] SUB-CPMK2: Mampu mendesain. menyusun dan membuat garnish, rangkaian buah dan sayuran, dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etik profesi. [C1,C2,C3] SUM-CPMK3: Mampu membuat fruit and vegetables carving dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesi. [C1, C2, C3,C5] SUB-CPMK4: Mampu memilih, membuat desain, dan membuat garnish dan rangkaian dari sayur-sayuran, dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] SUB-CPMK5: Mampu memilih, membuat desain, dan membuat garnish rangkaian dari buah-buahan, dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] SUB-CPMK6: Mampu memilih, membuat desain, dan membuat garnish dari daun-daun dan bahan lainnya, dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] SUB-CPMK7: Mampu memilih, dan menggunakan bahan pewarna makanan pada pembuatan garnish sesuai dengan bentuk dan bahan yang digunakan, dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] SUB-CPMK8: Mampu memilih, dan menggunakan peralatan pada pembuatan garnish sesuai dengan bahan dan bentuk yang digunakan, dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] SUB-CPMK9: Mampu memilih, membuat dan menyusun lipatan daun sesuai dengan makanan yang dibuat dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesi. [C1, C2, C3,C5] SUB-CPMK10: Mampu memilih, membuat dan menyusun lipatan janur sesuai dengan makanan yang dibuat dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesi. [C1, C2, C3,C5] SUB-CPMK11: Mampu mendesain dan merancang ice carving sesuai dengan tema event dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesi. [C1, C2, C3,C5] UB-CPMK12: Mampu mendesain dan merancang butter carving sesuai dengan tema event dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesi. [C1, C2, C3,C5 SUB-CPMK13: Mampu mendesain, merancang, dan menata hiasan pada makanan sesuai dengan menu , dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] SUB-CPMK14: Mampu mendesain, merancang lay out untuk mendisplay center piece sesuai dengan tema event dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah DEKORASI MAKANAN mempelajari tentang pengenalan dekorasi makanan, garnish, bahan pembuatan makanan, bahan pembuatan makanan dari sayuran dan buah-buahan, bahan pewarna makanan, peralatan pembuatan garnish, lipatan daun dan janur, fruit and vegetables carving, Ice carving, butter carving, menata hidangan dan mendisplay | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengenalan Dekorasi Makanan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: AKPAR
Makassar (1998), Teknik pengolahan makanan BPLP Bali
(1991), Teknik pengolahan makanan Gisslen, Wayne
1983. Profesional Cooking. New York : John Willey & Sons Monas Culinary Institute, Garde
Manger and Food Presentation Prihastuti
Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Sobari F, Taufik A,
2006. Ukiran Buah Dan Sayuran. Jakarta. Gramedia Tri Palupi, Esti N. Art Food Carving. Jakarta.
Gramedia
http://www.pastryschool.info/2018/07/fruit-and-vegetable-carving-teknik.html
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD, Papan Tulis, Laptop
2. Buku pegangan mahasiswa: a. Dekorasi Makanan
b. Pengantar Tata Boga
c. Penanganan Peralatan |
|||||||
Dosen Pengampu |
Farida, |
Mata Kuliah |
DEKORASI MAKANAN |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB120315 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB-CPMK1: Mampu membuat perencanaan tentang unsur-unsur yang digunakan dalam merancang dekorasi maknanan dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian dekorasi makanan, macam-macam dekorasi makanan, unsur-unsur dekorasi makanan, tujuan dan penerapan unsur dekorasi makanan |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk : Non tes, Tanya Jawab |
Kuliah (teori) dan Tanya Jawab TM 1x (3x50) BT 1x (2x50) |
Pengertian tentang pengertian dekorasi makanan, macam-macam dekorasi makanan, unsur-unsur dekorasi makanan, tujuan dan penerapan unsur dekorasi makanan AKPAR Makassar (1998), Teknik pengolahan makanan Anonimous. 1980. The Good Cook, Salad & Cold Hors D Oevre. USA : Time Life is Trademark of Time Incorporate BPLP Bali (1991), Teknik pengolahan makanan Gisslen, Wayne 1983. Profesional Cooking. New York : John Monas Culinary Institute, Garde Manger and Food Presentation Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. |
5 |
|||
2 | SUB-CPMK2: Mampu mendesain. menyusun dan membuat garnish, dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etik profesi. [C1,C2,C3] |
Mampu memahami tentang pengertian garnish (hiasan), jenis-jenis garnish (hiasan), prinsip-prinsip garnish (hiasan), bentuk-bentuk ukiran dan step by step pembuatan garnish |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes : demonstrasi dan praktikum |
Kuliah (Teori) dan diskusi Demonstrasi 1x ( 1x50) Praktikum 1x (4x50) |
Pengertian tentang garnish (hiasan), jenis-jenis garnish (hiasan), prinsipprinsip garnish (hiasan), bentukbentuk ukiran dan step by step pembuatan garnish BPLP Bali (1991), Teknik pengolahan makanan Monas Culinary Institute, Garde Manger and Food Presentation Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Sobari F, Taufik A, 2006. Ukiran Buah Dan Sayuran. Jakarta. Gramedia Tri Palupi, Esti N. Art Food Carving. Jakarta. Gramedia http://www.pastryschool.info/2018/07/fruit-and-vegetable-carving-teknik.html |
10 |
|||
3 | SUM-CPMK3: Mampu membuat fruit and vegetables carving dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesi. [C1, C2, C3,C5] |
Mampu memahami, dan membuat tentang carving, fruit and vegetables carving |
Kuliah (Teori) dan Praktikum TM 1x (1x50) Praktikum 1x (4x50) |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non test : Demonstrasi dan Praktikum |
Materi tentang carving, fruit and vegetables carving BPLP Bali (1991), Teknik pengolahan makanan Monas Culinary Institute, Garde Manger and Food Presentation Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Sobari F, Taufik A, 2006. Ukiran Buah Dan Sayuran. Jakarta. Gramedia Tri Palupi, Esti N. Art Food Carving. Jakarta. Gramedia http://www.pastryschool.info/2018/07/fruit-and-vegetable-carving-teknik.html |
10 |
|||
4 | SUB-CPMK4: Mampu memilih, membuat desain, dan membuat garnish dan rangkaian dari sayur-sayuran, dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] |
Mampu memahami tentang bahan- bahan pembuatan garnish (hiasan) dan rangkaian dari sayur- sayuran, pengenalan bahan dari sayuran. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk praktikum: |
Kuliah : (Teori) dan Praktikum TM 1x (2x50) Praktikum: 1x (3x50) |
Pengertian tentang bahan- bahan pembuatan garnish (hiasan) dari sayur-sayuran, pengenalan bahan dari sayuran, rangkaian sayuran AKPAR Makassar (1998), Teknik pengolahan makanan BPLP Bali (1991), Teknik pengolahan makanan Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Sobari F, Taufik A, 2006. Ukiran Buah Dan Sayuran. Jakarta. Gramedia Tri Palupi, Esti N. Art Food Carving. Jakarta. Gramedia |
20 |
|||
5 | SUB-CPMK5: Mampu memilih, membuat desain, dan membuat garnish rangkaian dari buah-buahan, dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] |
Mampu memahami tentang bahan- bahan pembuatan garnish (hiasan) dan rangkaian dari buah-buahan, pengenalan bahan dari buah-buahan. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non test : Demonstrasi dan Praktikum |
Kuliah : Teori dan Praktek TM 1x (1x50) Demonstrasi dan Praktikum 1x (4x50) |
Pengertian tentang bahan- bahan pembuatan garnish (hiasan) dari buah-buahan, pengenalan bahan dari buah-buahan, rangkaian buah. AKPAR Makassar (1998), Teknik pengolahan makanan BPLP Bali (1991), Teknik pengolahan makanan Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Sobari F, Taufik A, 2006. Ukiran Buah Dan Sayuran. Jakarta. Gramedia Tri Palupi, Esti N. Art Food Carving. Jakarta. Gramedia |
10 |
|||
6 | SUB-CPMK6: Mampu memilih, membuat desain, dan membuat garnish dari daun-daun dan bahan lainnya, dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] |
Mampu memahami tentang bahan pada pembuatan garnish (hiasan) dari daun dan aneka bahan lainnya (aneka sauce) |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non test : tanya jawab |
Kuliah : Teori dan tanya jawab TM 1x (1x50) BT 1x (4x50) |
Pengertian tentang bahan pada pembuatan garnish (hiasan) dari daun dan aneka bahan lainnya (aneka sauce) AKPAR Makassar (1998), Teknik pengolahan makanan BPLP Bali (1991), Teknik pengolahan makanan Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Sobari F, Taufik A, 2006. Ukiran Buah Dan Sayuran. Jakarta. Gramedia Tri Palupi, Esti N. Art Food Carving. Jakarta. Gramedia |
10 |
|||
7 | SUB-CPMK7: Mampu memilih, dan menggunakan bahan pewarna makanan pada pembuatan garnish sesuai dengan bentuk dan bahan yang digunakan, dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] |
Memahami tentang tentang pewarna makanan, pewarna makanan alami, pewarna makanan buatan. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi, diskusi dan presentasi Bentuk non tes : Diskusi dan presentasi |
Kuliah (teori dan diskusi dan presentasi TM 1x (1x50) Diskusi dan presentasi 1x (4x50) |
Penegrtian tentang tentang pewarna makanan, pewarna makanan alami, pewarna makanan buatan. Deddy Rustandi, 2011. Produksi Mi. Solo. Metagaf Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | SUB-CPMK8: Mampu memilih, dan menggunakan peralatan pada pembuatan garnish sesuai dengan bahan dan bentuk yang digunakan, dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] |
Mampu memahami tentang peralatan yang digunakan pada pembuatan garnish (hiasan) |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non test : diskusi, tanya jawab |
Kuliah : (Teori dan diskusi TM 1x (1x50) BT 1x (4x50) |
Materi tentang peralatan yang digunakan pada pembuatan garnish (hiasan) Novriyanda. 2004, Seni Ukir Buah dan Sayuran dalam Rangkaian Bunga dan Dekorasi. Jakarta. Gramedia. Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Tri Palupi, Esti Nurtjatrukmi, 2015. Art Food Carving Teknik Dasar Mengukir Bentuk Flora dan fauna. Jakarta. Gramedia |
5 |
|||
10 | SUB-CPMK9: Mampu memilih, membuat dan menyusun lipatan daun sesuai dengan makanan yang dibuat dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesi. [C1, C2, C3,C5] |
Mampu memahami tentang lipatan daun. macam-macam lipatan daun untuk tumpeng, lipatan daun untuk aneka kue dan masakan. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non test : Demonstrasi dan praktikum |
Kuliah : (Teori) dan Praktikum TM 1x (1x50) BT 1x (4x50) |
Materi tentang lipatan daun. macammacam lipatan daun untuk tumpeng, lipatan daun untuk aneka kue dan masakan. Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan ekolah Menengah Kejuruan Primarasa, 1998. Kelas Masak 10. Jakarta. Femina. Sufi S.Y, 1998. Aneka Kreasi Tumpeng. Jakarta. Gramedia |
10 |
|||
11 | SUB-CPMK10: Mampu memilih, membuat dan menyusun lipatan janur sesuai dengan makanan yang dibuat dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesi. [C1, C2, C3,C5] |
Mampu memahami tentang lipatan janur. macam-macam lipatan janur untuk tketupat, lipatan janur untuk aneka kue dan masakan. Lipatan janur, macam-macam lipatan janur |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non test : Demonstrasi dan praktikum |
Kuliah (Teori) dan Praktikum TM 1x (1x50) Praktikum 1x (4x50) |
Materi tentang lipatan janur macam-macam lipatan janur untuk tumpeng, lipatan daun untuk aneka kue dan masakan. Lipatan janur, macam-macam lipatan janur Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan ekolah Menengah Kejuruan Primarasa, 1998. Kelas Masak 10. Jakarta. Femina. Sufi S.Y, 1998. Aneka Kreasi Tumpeng. Jakarta. Gramedia |
10 |
|||
12 | SUB-CPMK11: Mampu mendesain dan merancang ice carving sesuai dengan tema event dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesi. [C1, C2, C3,C5] |
Mampu memahami tentang ice carving, jenis-jenis bentuk ice carving |
Kriteria : Ketepatan pemahaman materi Bentuk non test : diskusi dan tanya jawab |
Kuliah : (Teori) dan diskusi dan tanya jawab TM 1 x (3 x 50) TB 1 x (2 x 50) |
Pengertian tentang ice carving, macam-macam ice carving Bartolomeo Scappi, Opera (1570; Venice: Alessandro de Vecchi, 1622), cited in Visser, The Rituals of Dinner Butter Sculpture Tradition Melting Away". china.org.cn. Retrieved 2006-08-12. Pamela H. Simpson. Butter Cows and Butter Buildings: A History of an Unconventional Sculptural Medium, Winterthur Portfolio 41, no. 1 (Spring 2007): 1-19. Phyllis Pray Bober, Art, Culture, and Cuisine: Ancient and Medieval Gastronomy (Chicago: University of Chicago Press, 1999), 66–67; also George C. Boon, "A Roman Pastry Cook’s Mould from Silchester", Antiquaries Journal 38 ( July 1958): 237–40. |
5 |
|||
13 | UB-CPMK12: Mampu mendesain dan merancang butter carving sesuai dengan tema event dan mempresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesi. [C1, C2, C3,C5 |
Mampu memahami tentang butter carving, jenis-jenis butter carving |
Kriteria : Ketepatan pemahaman materi Bentuk non test : diskusi dan tanya jawab |
Kuliah : (Teori) dan diskusi dan tanya jawab TM 1 x (3 x 50) TB 1 x (2 x 50) |
Pengertian tentang butter carving Bartolomeo Scappi, Opera (1570; Venice: Alessandro de Vecchi, 1622), cited in Visser, The Rituals of Dinner Butter Sculpture Tradition Melting Away". china.org.cn. Retrieved 2006-08-12. Pamela H. Simpson. Butter Cows and Butter Buildings: A History of an Unconventional Sculptural Medium, Winterthur Portfolio 41, no. 1 (Spring 2007): 1-19. Phyllis Pray Bober, Art, Culture, and Cuisine: Ancient and Medieval Gastronomy (Chicago: University of Chicago Press, 1999), 66–67; also George C. Boon, "A Roman Pastry Cook’s Mould from Silchester", Antiquaries Journal 38 (July 1958): 237–40. |
5 |
|||
14 | SUB-CPMK13: Mampu mendesain, merancang, dan menata hiasan pada makanan sesuai dengan menu , dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] |
Mampu memahami tentang menata hidangan dan mendisplay center piece, menghias makanan |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non test : tanya jawab |
Kuliah : (Teori) dan praktikum TM : 1x (1x50) TB : 1x (4x50) |
Materi tentang menata hidangan, menghias hidangan
AKPAR Makassar (1998), Teknik pengolahan makanan BPLP Bali (1991), Teknik pengolahan makanan Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Tim PS MTB, 200. Pengetahuan Dasar Pengolahan Makanan. STP Bandung Pengetahuan Tata Boga II. Akedemi Pariwisata Makassar. Monas Culinary Institute, Garde Manger and Food Presentation |
5 |
|||
15 | SUB-CPMK14: Mampu mendesain, merancang lay out untuk mendisplay center piece sesuai dengan tema event dan mepresentasikan dengan tanggung jawab dan etika profesional [C1, C2,C3,C6, A4] |
Mampu memahami tentang menata hidangan dan mendisplay center piece, |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non test : Ujian Praktikum |
Kuliah : (Teori) dan praktikum TM : 1x (1x50) BT : 1x (4x50) |
Materi tentang menata hidangan dan mendisplay center piece, menghias makanan, jenis-jenis meja buffe AKPAR Makassar (1998), Teknik pengolahan makanan BPLP Bali (1991), Teknik pengolahan makanan Prihastuti Eakawatiningsih dkk, 2008. Restoran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Tim PS MTB, 200. Pengetahuan Dasar Pengolahan Makanan. STP Bandung Pengetahuan Tata Boga II. Akedemi Pariwisata Makassar. Monas Culinary Institute, Garde Manger and Food Presentation |
20 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Farida lahir di Lampa pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|