.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:angga.wahyu@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:23 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Elektronika Daya |
TL-S-3 -23-3 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
06-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199411012019031015 |
NIP/NIK. 199411012019031015 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
mahasiswa mampu mendemonstrasikan rangkaian clipper dan clamper mahasiswa mampu mendesain rangkaian penyearah mahasiswa mampu mendesain rangkaian filter mahasiswa mampu mendesaian rangkaian pengatur tegangan mahasiswa mampu mendesain rangkaian DC to DC Converter mahasiswa mampu mendesain rangkaian DC to AC Converter |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
mahasiswa mampu menjelaskan, menghitung kebutuhan komponen dan merancang rangkaian clipper dan clamper mahasiswa mampu mendesain rangkaian HWR dan FWR baik terkendali dan tidak terkendali mahasiswa mampu mendesain filter pada rangkaian penyearah mahasiswa mampu mendemonstrasikan dan mendesain rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan mahasiswa mampu mendesain rangkaian Buck, Boost dan Buck Boost Converter untuk kebutuhan solar system mahasiswa mampu mendesain rangkaian DC to AC Converter untuk kebutuhan solar system |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Sebagai Mata kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), yaitu untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan mahasiswa dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai. Mata kuliah Elektronika Daya diberikan dengan maksud agar mahasiswa dapat lebih memahami tentang Aplikasi elektronika daya dalam mengendalikan motor listrik baik yang sederhana dan kompleks. Pokok Bahasan Mata kuliah Elektronika Daya adalah : menguasai pemakian Oscilloscope, melakukan pengukuran komponen elektronika daya seperti dioda, SCR, Triac, Diac, dll untuk mengetahui karakteristik sistem konverter baik rectifier ataupun inverter dan mengaplikasikannya dalam kendali motor listrik. Perkuliahan Elektronika Daya dilaksanakan dengan cara teoritis tatap muka di kelas dan praktek di laboratorium secara langsung, untuk mengidentifikasi dan memecahkan persoalan yang timbul pada praktek di lapangan secara langsung | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Karakteristik Komponen |
|||||||
Pustaka |
1. PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung |
|||||||
Media Pembelajaran |
Laptop Proyektor Peralatan Praktikum |
|||||||
Dosen Pengampu |
Angga Wahyu Aditya, |
Mata Kuliah |
Elektronika Daya |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL-S-3 -23-3 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | mahasiswa mampu menjelaskan, menghitung kebutuhan komponen dan merancang rangkaian clipper dan clamper |
Mahasiswa mampu menjelaskan rangkaian clipper dan clamper Mahasiswa mampu menghitung kebutuhan komponen clipper dan clamper Mahasiswa mampu merancang rangkaian clipper dan clamper |
Kriteria Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian Laporan dan tugas
|
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 1 mg x 2 x 50'
|
Materi Pembelajaran rangkaian clipper rangkaian clamper Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3
|
5 |
|||
2,3,4,5,6,7 | mahasiswa mampu mendesain rangkaian HWR dan FWR baik terkendali dan tidak terkendali |
Mahasiswa mampu mejelaskan rangkaian HWR dan FWR tak terkendali Mahasiswa mampu mejelaskan rangkaian HWR dan FWR terkendali |
Kriteria Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian Laporan dan tugas |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 6 mg x 2 x 50'
|
Materi Pembelajaran HWR dan FWR Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 Pustaka 4 |
5 |
|||
mahasiswa mampu mendesain rangkaian HWR dan FWR baik terkendali dan tidak terkendali |
mahasiswa mampu mendesain rangkaian HWR dan FWR terkendali mahasiswa mampu mendesain rangkaian HWR dan FWR tak terkendali |
kriteria Ketepatan dan penguasaan materi bentuk penilaian Laporan dan tugas |
metoda pembelajaran berpusat pada mahasiswa Estimasi waktu 6 mg x 2 x 50' |
materi pembelajaran HWR dan FWR Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 Pustaka 4 |
5 |
||||
mahasiswa mampu mendesain rangkaian HWR dan FWR baik terkendali dan tidak terkendali |
Mahasiswa mampu melakukan pengujian komputer HWR dan FWR tak terkendali Mahasiswa mampu melakukan pengujian komputer HWR dan FWR terkendali |
Kriteria Ketepatan dan penguasaan materi Bentuk Penilaian laporan dan tugas |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 6 mg x 2 x 50' |
Materi Pembelajaran HWR dan FWR Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 Pustaka 4 |
5 |
||||
mahasiswa mampu mendesain rangkaian HWR dan FWR baik terkendali dan tidak terkendali |
Mahasiswa mampu menganalisa rangkaian FWR dan HWR berdasarkan hasil pengujian komputer |
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian Laporan dan tugas |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 6 mg x 2 x 50'
|
Materi pembelajaran HWR dan FWR Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 Pustaka 4 |
10 |
||||
mahasiswa mampu mendesain filter pada rangkaian penyearah |
mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik dan prinsip kerja filter pada HWR dan FWR baik terkendali maupun tak terkendali |
Kriteria ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian laporan dan tugas |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 6 mg x 2 x 50' |
Materi Pembelajaran HWR dan FWR Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 Pustaka 4 |
5 |
||||
mahasiswa mampu mendesain rangkaian HWR dan FWR baik terkendali dan tidak terkendali |
mahasiswa mampu mendesain filter pada rangkaian HWR dan FWR baik terkendali maupun tak terkendali mahasiswa mampu melakukan pengujian komputer dan menganalisa filter pada rangkaian HWR dan FWR baik terkendali maupun tak terkendal |
Kriteria ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian laporan dan tugas |
Metoda Pembelajaran berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 6 mg x 2 x 50'
|
Materi pembelajaran Filter pada HWR dan FWR Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 Pustaka 4 |
15 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9,10 | mahasiswa mampu mendemonstrasikan dan mendesain rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan |
Mahasiswa mampu menjelaskan rangkaian SCR pada pengaturan tegangan |
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian Tugas |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 2 mg x 2 x 50'
|
Materi Pembelajaran SCR untuk pengaturan tegangan Pustaka 3 Pustaka 4 |
0 |
|||
mahasiswa mampu mendemonstrasikan dan mendesain rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan |
mahasiswa mampu mendesain dan melakukan pengujian komputer rangkaian SCR pada pengaturan tegangan |
kriteria ketepatan penguasaan materi bentuk penilaian tugas |
metoda pembelajaran berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 2 mg x 2 x 50' |
Materi Pembelajaran SCR sebagai penguturan tegangan Pustaka 3 Pustaka 4
|
10 |
||||
11,12,13,14,15 | mahasiswa mampu mendesain rangkaian Buck, Boost dan Buck Boost Converter untuk kebutuhan solar system |
mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja, perbedaan dan karakteristik rangkaian DC - DC Converter (buck, boost, dan buck-boost converter) pada solar system |
kriteria ketepatan penguasaan materi bentuk penilaian tugas |
metoda pembelajaran berpusat pada mahasiswa estimasi waktu 5 mg x 2 x 50' |
materi pembelajaran DC - DC Converter pada solar system pustaka 1 pustaka 2 pustaka 3 pustaka 4 |
5 |
|||
mahasiswa mampu mendesain rangkaian Buck, Boost dan Buck Boost Converter untuk kebutuhan solar system |
Mahasiswa mampu merancang rangkaian DC - DC Converter (buck, boost dan buck-boost converter) pada solar system |
Kriteria ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian tugas |
Metoda Pembelajaran berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 5 mg x 2 x 50' |
Materi Pembelajaran DC - DC Converter pada solar system Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 Pustaka 4 |
5 |
||||
mahasiswa mampu mendesain rangkaian Buck, Boost dan Buck Boost Converter untuk kebutuhan solar system |
mahasiswa mampu mendesain dan melakukan pengujian komputer rangkaian DC - DC Converter pada solar system |
kriteria ketepatan penguasaan materi bentuk penilaian tugas |
metoda pembelajaran berpusat pada mahasiswa Estimasi waktu 5 mg x 2 x 50' |
Materi Pembelajaran DC - DC Converter Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 Pustaka 4 |
10 |
||||
mahasiswa mampu mendesain rangkaian DC to AC Converter untuk kebutuhan solar system |
mahasiswa mampu menjelaskan peran, prinsip kerja dan karakteristik DC to AC Converter pada solar system |
kriteria ketepatan penguasaan materi bentuk penilaian tugas
|
Metoda Pembelajaran berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 5 mg x 2 x 50' |
Materi Pembelajaran DC to AC Converter untuk solar system Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 Pustaka 4 |
5 |
||||
mahasiswa mampu mendesain rangkaian DC to AC Converter untuk kebutuhan solar system |
mahasiswa mampu mendesain, melakukan pengujian komputer dan menganalisa rangkaian DC to AC Converter pada solar system |
Kriteria ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian Tugas |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 5 mg x 2 x 50'
|
Materi Pembelajaran DC to AC Converter Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 Pustaka 4 |
15 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Angga Wahyu Aditya lahir di Pacitan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|