
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
|

|
|
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK
|
|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023
|
|
MATA KULIAH
|
KODE
|
BOBOT SKS
|
JAM/SMT
|
SEMESTER
|
TANGGAL PENYUSUNAN
|
|
T
|
P
|
TOTAL
|
|
Workshop Elektronika Daya |
TL230222 |
0 |
2 |
2 |
84 |
3 |
09-02-2023 |
|
OTORISASI
|
DOSEN PENGEMBANG RPS
|
KETUA PROGRAM STUDI
|
|

Scan QR untuk Akses
Dokumen ini
|
|
|
|
|
Andi Sri Irtawaty S.T., M.Eng. |
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
|
NIP/NIK. 197704012021212005
|
NIP/NIK. 199411012019031015
|
|
Capaian Pembelajaran
(CPL)
|
CPL
- PRODI
|
|
SIKAP
|
|
(S-9) menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, dan
|
|
PENGETAHUAN
|
|
(P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar IEC . (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali
|
|
KETRAMPILAN
UMUM
|
|
(KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian perapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
|
|
KETERAMPILAN
KHUSUS
|
|
(KK-1) Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi & pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20 KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah (KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. (KK-6) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran kelaikan instalasi berdasarkan prosedur dan standar (SNI, IEC, SPLN), dengan menyajikan hasil analisis berdasarkan metoda yang dipilih.
|
|
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK)
|
CP
- MK
|
|
CPMK 1 : Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar IEC. serta menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P2), (P4). CPMK 2 : Mampu mengperasikan dan mengendalikan platan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD, kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT, serta mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur. (KK5),(KU2). CPMK 3 : menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekera di bidang keahliannya secara mandiri serta mampu ahkan masalah pekerjaan dengan sifatn konteks yang sesuai dengan bidang keahlian penerapannya didasarkan pemikiran logis inovatif dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri. (S9), (KU3). CPMK 4 : Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi & pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20 KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah, , Mampu melakukan pengujian dan pengukuran kelaikan instalasi berdasarkan prosedur dan standar (SNI, IEC, SPLN), dengan menyajikan hasil analisis berdasarkan metoda yang dipilih., serta mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya. (KK1), (KK 6), (KU5)
|
|
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK)
|
|
Sub-CPMK 1: Mampu membedakan dan menggunakan alat ukur dan keselamatan kerja (hardware dan software) di bidang kelistrikan. Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan Rangkaian Clipper dan Clamper Sub-CPMK 3 : Mampu merangkai dan menganalisa Single Phase Half Wave Rectifier Sub-CPMK 4 : Mampu merangkai dan menganalisa Single Phase Full Wave Rectifier Sub-CPMK 5 : Mampu merangkai dan menganalisa rangkaian Three Phase Half Wave Rectifier Sub-CPMK 6 : Mampu menjelskan dan menganalisa rangkaian Three Phase Full Wave Rectifier Sub-CPMK 7 : Mampu menjelaskan dan menganalisa fungsi rangkaian FIlter dalam elektronika daya. Sub-CPMK 8 : Mampu merangkai dan menganalisa SCR sebagai pengatur tegangan DC. Sub-CPMK 9 : Mampu merangkai dan menganalisa SCR sebagai pengatur tegangan AC. Sub-CPMK 10 : Mampu merangkai dan menganalisa TRIAC sebagai phase control Sub-CPMK 11 : Mampu merangkai dan menganalisa Buck Converter Sub-CPMK 12 : Mampu merangkai dan menganalisa Boost Converter Sub-CPMK 13 : Mampu merangkai dan menganalisa Single Phase Inverter Sub-CPMK 14 : Mampu merangkai dan menganalisa Three Phase Inverter
|
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
Matakuliah Workshop Elektronika Daya mempelajari tentang : - Alat ukur dan keselamatan kerja (hardware dan software).
- Rangkaian Clipper dan Clamper
- Single Phase Half Wave Rectifier
- Single Phase Full Wave Rectifier
- Three Phase Half Wave Rectifier
- Three Phase Full Wave RectifierÂ
- Rangkaian Filter
- SCR sebagai pengatur tegangan DC
- SCR sebagai pengatur tegangan ACÂ
- TRIAC sebagai phase control
- Buck Converter
- Boost Converter
- Single Phase Inverter
- Three Phase Inverter
|
|
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan
|
Alat ukur dan keselamatan kerja (hardware dan software). Rangkaian Clipper dan Clamper Single Phase Half Wave Rectifier Single Phase Full Wave Rectifier Three Phase Half Wave Rectifier Three Phase Full Wave Rectifier Filter SCR sebagai pengatur tegangan DC SCR sebagai pengatur tegangan AC TRIAC sebagai phase control Buck Converter Boost Converter Single Phase Inverter Three Phase Inverter
|
|
Pustaka
|
Pustaka Utama: 1. PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
2. Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
3. M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
4. Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
5. Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
|
Media Pembelajaran
|
Media : - Laptop
- Proyektor
- Jaringan Interner
- Peralatan Praktikum
|
|
Dosen Pengampu
|
Andi Sri Irtawaty,
|
|
Minggu ke-
|
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk
Penilaian
|
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu)
|
Materi Pembelajaran
(Pustaka)
|
Bobot Penilaian
(%)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Sub-CPMK 1: Mampu membedakan dan menggunakan alat ukur dan keselamatan kerja (hardware dan software) di bidang kelistrikan. |
- Mahasiswa mampu membedakan alat ukur analog dan alat ukur digital serta mampu membandingkannya dengan aplikasi software ukur multisim.
- Mahasiswa mampu menjelaskan keselamatan kerja dalam melakukan pekerjaan bidang kelistrikan.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Prakkum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
- Karalteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi Pembelajaran :
- Pengantar Perkuliahan
- Mata Kuliah Prasyarat
- Pre-test
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
2
|
Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan Rangkaian Clipper dan Clamper |
- Mahasiswa mampu menjelaskan rangkaian Clipper.
- Mahasiswa mampu menjelaskan rangkaian Clamper
|
- Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karalteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi Pembelajaran :
- Rangkaian Clipper.
- Rangkaian Clamper
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
3
|
Sub-CPMK 3 : Mampu merangkai dan menganalisa Single Phase Half Wave Rectifier |
- Mahasiswa mampu merangkai single phase wave rectifier.
- Mahasiswa mampu menganalisa output dari rangkaian single phase wave rectifier.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi pembelajaran :
- Konsep dasar single phase wave rectifier.
- Gambar rangkaian single phase wave rectifier.
- Prinsip kerja rangkaian single phase wave rectifier.
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
4
|
Sub-CPMK 4 : Mampu merangkai dan menganalisa Single Phase Full Wave Rectifier |
- Mahasiswa mampu merangkai single phase full wave rectifier.
- Mahasiswa mampu menganalisa output dari rangkaian single phase full wave rectifier.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi pembelajaran :
- Konsep dasar Single Phase Full Wave Rectifier
- Gambar rangkaian Single Phase Full Wave Rectifier
- Prinsip kerja rangkaian Single Phase Full Wave Rectifier
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
5
|
Sub-CPMK 5 : Mampu merangkai dan menganalisa Three Phase Half Wave Rectifier |
- Mahasiswa mampu merangkai Three Phase Half Wave Rectifier
- Mahasiswa mampu menganalisa output dari rangkaian Three Phase Half Wave Rectifier
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi pembelajaran :
- Konsep dasar Three Phase Half Wave Rectifier
- Gambar rangkaian Three Phase Half Wave Rectifier
- Prinsip kerja rangkaian Three Phase Half Wave Rectifier
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
6
|
Sub-CPMK 6 : Mampu menjelskan dan menganalisa rangkaian Filter |
- Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi filter pada elektronika daya.
- Mahasiswa mampu menganalisa prinsip kerja rangkaian filter pada elektronika daya.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi Pembelajaran :
- Fungsi filter pada elektronika daya.
- Prinsip kerja rangkaian filter pada elektronika daya.
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
7
|
Sub-CPMK 7 : Mampu merangkai dan menganalisa SCR sebagai pengatur tegangan DC |
- Mahasiswa mampu merangkai rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan DC.
- Mahasiswa mampu menganalisa output dari rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan DC.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi pembelajaran :
- SCR sebagai pengatur tegangan DC.
- Gambar rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan DC..
- Analisa output rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan DC..
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester
|
15
|
9
|
Sub-CPMK 8 : Mampu merangkai dan menganalisa SCR sebagai pengatur tegangan AC |
- Mahasiswa mampu merangkai rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan AC.
- Mahasiswa mampu menganalisa output dari rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan AC.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi pembelajaran :
- SCR sebagai pengatur tegangan AC.
- Gambar rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan AC..
- Analisa output rangkaian SCR sebagai pengatur tegangan AC..
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
10
|
Sub-CPMK 10 : Mampu merangkai dan menganalisa TRIAC sebagai phase control |
- Mahasiswa mampu merangkai rangkaian TRIAC sebagai phasa control.
- Mahasiswa mampu menganalisa output rangkaian TRIAC sebagai phasa control.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugas-tugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi pembelajaran :
- Rangkaian TRIAC sebagai phasa control.
- Prinsip kerja Rangkaian TRIAC sebagai phasa control.
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
11
|
Sub-CPMK 11 : Mampu merangkai dan menganalisa Buck Converter |
- Mahasiswa mampu merangkai rangkaian Buck Converter
- Mahasiswa mampu menganalisa output rangkaian Buck Converter.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugas-tugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
- Gambar rangkaian Buck Converter
- Analisa output rangkaian Buck Converter.
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
12
|
Sub-CPMK 12 : Mampu merangkai dan menganalisa Boost Converter |
- Mahasiswa mampu merangkai rangkaian Boost Converter
- Mahasiswa mampu menganalisa output rangkaian Boost Converter.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugas-tugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi Pembelajaran :
- Gambar rangkaian Boost Converter
- Analisa output rangkaian Boost Converter.
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
13
|
Sub-CPMK 13 : Mampu merangkai dan menganalisa Single Phase Inverter |
- Mahasiswa mampu merangkai rangkaian Single Phasa Inverter.
- Mahasiswa mampu menganalisa output rangkaian Single Phasa Inverter.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugas-tugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi Pembelajaran :
- Gambar rangkaian Single Phasa Inverter.
- Analisa output rangkaian Single Phasa Inverter.
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
14
|
Sub-CPMK 14 : Mampu merangkai dan menganalisa Three Phase Inverter |
- Mahasiswa mampu merangkai rangkaian Three Phasa Inverter.
- Mahasiswa mampu menganalisa output rangkaian Three Phasa Inverter.
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugas-tugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
Materi Pembelajaran :
- Gambar rangkaian Three Phasa Inverter.
- Analisa output rangkaian Three Phasa Inverter.
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
5
|
15
|
Sub-CPMK 14 : Mampu merangkai dan menganalisa Three Phase Inverter |
- Mahasiswa mampu melaksanakan ujian praktek sesuai lembar kerja yang disajkan.
- Mahasiswa mampu menguji hasil akhir .
|
- Kriteria : Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
- Bentuk penilaian : • Menilai tugas-tugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran:
- Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")]
- Penugasan Terstruktur (PT: 1 x 60")
- Kegiatan Mandiri (KM: 1 x 60")
- Praktikum (P: 170"): Mengerjakan tugas-tugas
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
UJIAN PRAKTEK
Pustaka :
- PEDC, Modul Praktikum Praktikum Elektronika Daya, Bandung.
- Lander, Cyrill W, 1981, Power Electronics, McGraw Hill Book Company (UK), Limited, England.
- M. H. Rasyid, 1993, Elektronika daya, PT Prenhallindo, Jakarta.
- Tony R. Kuphaldt, Lesson In Electric Circuits Volume III-Semiconductor, Fifth edition, july 2007.
- Jacob Millman and Criston Halkias, 1985, Integrated Electronic, Analog and Digital Circuits and System, McGraw Hill Book Company Inc, New York.
|
10
|
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|