.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mohamad.isram@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:30 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Laboratorium Uji Bahan |
TS120822 |
0 |
2 |
2 |
84 |
2 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198903052022031010 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip pengujian dan pengukuran komponen bangunan sipil sesuai codes dan standar (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) (P-8) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunangedung di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu melakukan pengujian dan kontrol mutu berdasarkan prosedur dan standar uji bahan konstruksi, uji kelayakan tanah, mengolah data uji dan membuat laporan pengujian untuk keperluan fase konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa dapat menjelaskan sifat fisis dan mekanis material pembuatan beton, mampu memahami dan menerapkan mix design beton,mampu menjelaskan pengujian beton segar dan mampu membuat/menguji/menghitung kuat tekan beton, mampu membuat beton dengan campuran admixture. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan jenis alat dan bahan yang digunakan dalam pengujian bahan konstruksi [C2, A2] Sub-CPMK 2 : Mampu menguji sifat fisis dan mekanis material pembuatan beton serta mampu menjelaskan hasil pengujian [C2, A2, P1] Sub-CPMK 3 : Mampu menghitung kebutuhan campuran beton berdasarkan standart SNI [C3, A2, P2] Sub-CPMK 4 : Mampu mengaplikasikan hasil desain campuran beton [C3, A2, P2] Sub-CPMK 5 : Mampu melakukan uji kuat tekan sampel beton [C2, A2, P1] Sub-CPMK 6 : Mampu melakukan uji kuat tarik sampel tulangan [C2, A2, P1] Sub-CPMK 7 : Mampu mendesain campuran beton dengan dengan bahan tambah admixture [C3, A2, P2] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Laboratorium Uji Bahan mempelajari periksaan gradasi, kadar air, pemeriksaan berat jenis & penyerapan, pemeriksaan berat isi, kadar lumpur, uji keausan, perencanaan campuran beton normal, pembuatan dan perawatan benda uji, pengujian slump, berat volume beton segar, pengujian kuat tekan beton dan perencanaan campuran beton dengan bahan admixture | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
|
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD Projector 2. Modul Praktikum Lab Uji Bahan 3. Video Tutorial |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mohamad Isram M. Ain, |
Mata Kuliah |
Laboratorium Uji Bahan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan jenis alat dan bahan yang digunakan dalam pengujian bahan konstruksi [C2, A2] |
|
Kriterian : Ketepatan dalam menjelaskan fungsi alat serta fungsi dan jenis bahan pembuatan beton Bentuk Penilaian Diskusi penguasaan materi |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran langsung dengan ceramah dan diskusi Estimasi Waktu 6 x 50 menit |
Pustaka : [1], [3], [5], [6] |
1 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu menguji sifat fisis dan mekanis material pembuatan beton serta mampu menjelaskan hasil pengujian [C2, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [6] |
2 |
|||
3 | Sub-CPMK 2 : Mampu menguji sifat fisis dan mekanis material pembuatan beton serta mampu menjelaskan hasil pengujian [C2, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [6] |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 2 : Mampu menguji sifat fisis dan mekanis material pembuatan beton serta mampu menjelaskan hasil pengujian [C2, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [6] |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 2 : Mampu menguji sifat fisis dan mekanis material pembuatan beton serta mampu menjelaskan hasil pengujian [C2, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [6] |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 2 : Mampu menguji sifat fisis dan mekanis material pembuatan beton serta mampu menjelaskan hasil pengujian [C2, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Gradasi Agregat Halus Pustaka [1], [3], [4], [6] |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 2 : Mampu menguji sifat fisis dan mekanis material pembuatan beton serta mampu menjelaskan hasil pengujian [C2, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [6] |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 3 : Mampu menghitung kebutuhan campuran beton berdasarkan standart SNI [C3, A2, P2] |
Mampu melakukan perhitungan kebutuhan bahan campuran beton berdasarkan SNI 03-6468-2000 |
Kriteria:
Bentuk Penilaian:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Perhitungan Campuran Beton SNI 03-6468-2000 Pustaka [1], [3], [4], [5], [6] |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 4 : Mampu mengaplikasikan hasil desain campuran beton [C3, A2, P2] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [5], [6] |
6 |
|||
11 | Sub-CPMK 5 : Mampu melakukan uji kuat tekan sampel beton [C2, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [5], [6] |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 6 : Mampu melakukan uji kuat tarik sampel tulangan [C2, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Kuat Tarik Tulangan Beton Pustaka [1], [3], [4], [5], [6] |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK 7 : Mampu mendesain campuran beton dengan dengan bahan tambah admixture [C3, A2, P2] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Chemical Admixture Pustaka : [1], [2], [5], [6] |
7 |
|||
14 | Sub-CPMK 7 : Mampu mendesain campuran beton dengan dengan bahan tambah admixture [C3, A2, P2] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Additive Admixture Pustaka : [1], [2], [5], [6] |
7 |
|||
15 | Sub-CPMK 7 : Mampu mendesain campuran beton dengan dengan bahan tambah admixture [C3, A2, P2] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka : [1], [2], [5], [6] |
7 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mohamad Isram M. Ain lahir di Kali pada tanggal 05-03-1989 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|