.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:wahyu.yusuf@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:03 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Komputer Aplikasi Manajemen Kontruksi |
TS240116 |
0 |
2 |
2 |
84 |
4 |
01-03-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Wahyu Yusuf Rio S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199005082019031014 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-3) Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-8) Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur, Rencana Kerja dan Syarat, dan nilai kontrak, dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) (KK-9) Mampu membuat dokumen kontrak dan syarat-syarat administrasi untuk tahap perencanaan, pelaksanaan dan pasca konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menggunakan software sebagai alat bantu dalam perhitungan penjadwalan serta analisis kegiatan proyek, mampu menemukan sumber masalah selama jadwal pelaksanaan konstruksi sesuai dengan penjadwalan yang direncanakan, kemudian mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil perancangan penjadwalan yang komunikatif dengan teknik manual maupun digital mengelola pembelajaran secara mandiri. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK I: Mampu Menjelaskan Tentang Perangkat Aplikasi Manajemen Konstruksi Microsoft Project Secara Menyeluruh [C2,A2], Sub-CPMK II: Mampu Mengatur Jadwal Start serta Info Project [C2,A2] Sub-CPMK III: Mampu Mengatur Working Time [C2,A2] Sub-CPMK IV: Mampu Menyusun Formula Pada Costum Field [C2,A2] Sub-CPMK V: Mampu Menjelaskan Isi Toolbar [C2,A2] Sub-CPMK VI: Mampu Menyusun Resource Sesuai Standar Project [C2,A2] Sub-CPMK VII: Mampu Membuat Set Baseline [C2,A2] Sub-CPMK VIII: Mampu Membuat Report (Critical Task, Kurva S, Dashboard) [C2,A2] Sub-CPMK IX: Mampu Melakukan Tracking Waktu Menggunakan Costum Field [C2,A2] Sub-CPMK X: Mampu Melakukan Cost Control dari Costum Field [C2,A2] Sub-CPMK XI: Mampu Melakukan Update Project [C2,A2] Sub-CPMK XII: Mampu Melakukan Status Date Untuk Pelaporan [C2,A2] Sub-CPMK XIII: Mampu Memasukkan Task dan Durasi [C2,A2] Sub-CPMK XIV: Mampu Memasukkan Volume Resource Dari AHSP [C2,A2] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini mempelajari tentang berbagai aplikasi program komputer di bidang Teknik Sipil, yaitu program Microsoft Project. Dengan menggunakan aplikasi program tersebut, mahasiswa dapat membuat alur program Microsoft Project, pemahaman logika pemrograman. Jobsheet Microsoft Project mempelajari cara-cara penggunaan Microsoft Project dalam perencanaan penjadwalan kegiatan konstruksi. Mahasiswa belajar untuk memodelkan penjadwalan berupa barchart, kurva dll. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Penjadwalan, Resources, dan Cost Control |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Laptop, Proyektor, Papan Tulis, Buku Ajar, Blended Learning Poltekba |
|||||||
Dosen Pengampu |
Wahyu Yusuf Rio, Fatmawati, |
Mata Kuliah |
Komputer Aplikasi Manajemen Kontruksi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS240116 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK I: Mampu Menjelaskan Tentang Perangkat Aplikasi Manajemen Konstruksi Microsoft Project Secara Menyeluruh [C2,A2], |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan tentang perangkat aplikasi manajemen konstruksi microsoft project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Metode Ceramah BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 1, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
4 |
|||
2 | Sub-CPMK II: Mampu Mengatur Jadwal Start serta Info Project [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mengatur jadwal mulai pekerjaan dan mendeskripsikan info pekerjaan (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Jadwal Start dan Info Project 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta 8. Trihendradi C., 2011, Microsoft Project Pendekatan Siklus Proyek Langkah Cerdas Merencanakan dan Mengelola Proyek, Andi Offset, Yogyakarta. |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK III: Mampu Mengatur Working Time [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan dan mengatur working time (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Mengatur working time dari data rencana anggaran biaya yang dimiliki 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK IV: Mampu Menyusun Formula Pada Costum Field [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun formula pada costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Menyusun Formula dalam Costume Field 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK V: Mampu Menjelaskan Isi Toolbar [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan isi toolbar dalam microsoft project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Isi toolbar dalam aplikasi microsoft project 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK VI: Mampu Menyusun Resource Sesuai Standar Project [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun resource sesuai standart project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Sumber daya dalam proyek 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
3 |
|||
7 | Sub-CPMK VII: Mampu Membuat Set Baseline [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun set baseline pelaksanaan proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Baseline 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK VIII: Mampu Membuat Report (Critical Task, Kurva S, Dashboard) [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta membuat laporan baik itu pekerjaan kritis dam penjadwalan kurva S (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Laporan, Pekerjaan Kritis, dan Dashboard 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK IX: Mampu Melakukan Tracking Waktu Menggunakan Costum Field [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta melakukan tracking time menggunakan costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Tracking time 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK X: Mampu Melakukan Cost Control dari Costum Field [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menganalisis cost control dari costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Cost Control 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK XI: Mampu Melakukan Update Project [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta melakukan update project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Update Project 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK XII: Mampu Melakukan Status Date Untuk Pelaporan [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun status date untuk pelaporan (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Status date 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK XIII: Mampu Memasukkan Task dan Durasi [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun task dan durasi pelaksanaan proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit - Pemaparan materi task dan durasi Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Task dan Durasi 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK XIV: Mampu Memasukkan Volume Resource Dari AHSP [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun volume sumber daya proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Resource 1. Ali, T. H. 1992, Prinsip-Prinsip Network Planning, Gramedia, Jakarta |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Wahyu Yusuf Rio lahir di Samarinda pada tanggal 08-05-1990 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|