.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:emil.azmanajaya@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 16, 2025, 9:55 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Metodologi Penelitian |
JJ470217 |
2 |
0 |
2 |
28 |
7 |
09-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Emil Azmanajaya S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 197702242012121001 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai perkembangan teknologi khususnya di bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-7) Menguasai issue terkini di bidang transportasi, teknologi jalan dan jembatan, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan dan keselamatan publik, lingkungan dan analisa dampak lingkungan akibat lalu lintas (andalalin) (P-8) Menguasai prinsip dan teknik berkomunikasi (lisan, tulisan, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu merumuskan esensi perancangan bangunan jalan dan jembatan sesuai dengan Standar Indonesia dan/atau Standar Internasional 2 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mampu untuk merancang eksperimen, serta menganalisis dan menginterpretasi data |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
CPMK 1 : Mampu menjelaskan faktor-faktor dalam penelitian CPMK 2 : Mampu berfikir logis dan terstruktur CPMK 3 : Mampu menentukan topik penelitian CPMK 4 : Mampu membuat dan mempresentasikan proposal penelitian |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Metodologi Penelitian mempelajari tentang konsep dasar penelitian. Materi yang akan dipelajari antara lain pengertian penelitian; prinsip-prinsip penelitian; paradigma penelitian dalam bidang keteknik sipilan, dan dokumentasi; konseptualisasi dalam penelitian; hipotesis penelitian; metode sampling; perancangan peneltian; penelitian survei; penelitian eksperimen; data dan teknik pengumpulan data; pembuatan kuesioner; teknik wawancara dan observasi; cara menentukan sampel; teknik analisis data dan pengujian hipotesis; penulisan proposal penelitian; penulisan laporan dan hasil penelitian | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Ilmu pengetahuan dan penelitian |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Leedy, P.D., 1997, “Practical Research: Planning and Design”, Sixth Edition, Prentice Hall, New
Jersey.
2. Sharp, J.A., and Howard, K., 1983, “The Management of A Student Research Project”, Gower,
London.
3. Moh. Nazir, Ph.D, “Metode Penelitian”, Ghalia Indonesia, Bogor, 2005. 4. Montgomery, D.C., and Runger, G.C., 2003, “Applied statistics and probability for engineers”, Third
Edition, John Wiley & Son’s, New York
5. Montgomery, D.C., 2001, “Design and Analysis of Experiments”, Fifth Edition, John Wiley & Sons |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Komputer, Infokus, Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Emil Azmanajaya, |
Mata Kuliah |
Metodologi Penelitian |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ470217 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | CPMK 1 : Mampu menjelaskan faktor-faktor dalam penelitian |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakterisik proses pembelajaran interakif, konstektual, scienific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka (1, 5) |
2 |
|||
2 | CPMK 1 : Mampu menjelaskan faktor-faktor dalam penelitian |
Mahasiswa dapat menjelaskan faktor-faktor dalam penelitian |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: laihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakterisƟk proses pembelajaran interakif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Faktor-faktor dalam penelitian Pustaka (1,5) |
2 |
|||
3 | CPMK 2 : Mampu berfikir logis dan terstruktur |
Mahasiswa dapat mengkonseptualisasi masalah penelitian |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Konseptualisasi masalah penelitian Pustaka (2,3) |
2 |
|||
4 | CPMK 2 : Mampu berfikir logis dan terstruktur |
Mahasiswa dapat menyusun hipotesis |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Menyusun hipotesis Pustaka (2,3) |
2 |
|||
5 | CPMK 2 : Mampu berfikir logis dan terstruktur |
Mahasiswa dapat menganalisis data dan menguji hipotesis |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50' |
Pustaka (2,3) |
2 |
|||
6 | CPMK 2 : Mampu berfikir logis dan terstruktur |
Mahasiswa dapat membandiungkan beberapa metoda sampling yang umum digunakan dalam penelitian |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Metode sampling Pustaka (4) |
3 |
|||
7 | CPMK 2 : Mampu berfikir logis dan terstruktur |
Mahasiswa dapat berfikir logis dan terstruktur |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Metodologi Penelitian Pustaka (2,3) |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | CPMK 3 : Mampu menentukan topik penelitian |
Mahasiswa dapat mereview beberapa jurnal dan melakukan gap analisis |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakterisƟk proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka (2,5) |
2 |
|||
10 | CPMK 3 : Mampu menentukan topik penelitian |
Mahasiswa dapat menentukan tema/topik penelitian dalam bidang teknik sipil |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. |
Penentuan topik penelitian Pustaka (2,5) |
2 |
|||
11 | CPMK 4 : Mampu membuat dan mempresentasikan proposal penelitian |
Mahasiswa mampu membuat latar belakang dan identifikasi masalah penelitian |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pustaka (2,5) |
2 |
|||
12 | CPMK 4 : Mampu membuat dan mempresentasikan proposal penelitian |
Mahasiswa mampu merumuskan maksud dan tujuan penelitian |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Rumusan maksud dan tujuan penelitian Pustaka (2,5) |
2 |
|||
13 | CPMK 4 : Mampu membuat dan mempresentasikan proposal penelitian |
Mahasiswa mampu membuat tinjauan pustaka sesuai materi penelitian |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Tinjauan pustaka (studi literatur) Pustaka (2,5) |
2 |
|||
14 | CPMK 4 : Mampu membuat dan mempresentasikan proposal penelitian |
Mahasiswa mampu membuat diagram alur penelitian dan menjelaskan setiap langkah dalam diagram alur tersebu |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Diagram alur penelitian Pustaka (2,5) |
2 |
|||
15 | CPMK 4 : Mampu membuat dan mempresentasikan proposal penelitian |
Mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan baik |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Proposal penelitian Pustaka (2,5) |
2 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
40 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Emil Azmanajaya lahir di Jambi pada tanggal 24-02-1977 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|