.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lilik.damayanti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:54 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Indonesia |
TS120222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lilik Damayanti S.S., M.Hum. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198203122021212005 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-9) Mampu membuat dokumen kontrak dan syarat-syarat administrasi untuk tahap perencanaan, pelaksanaan dan pasca konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menjelaskan hakikat dan konsep bahasa Indonesia sebagai bagian dari keragaman budaya Mampu menjelaskan beragam fungsi bahasa Mampu menjelaskan ragam bahasa Mampu menjelaskan unsur pembentuk stuktur bahasa Indonesia Mampu menyampaikan gagasan ilmiah dalam strukur kalimat efektif Mampu menghasilkan wacana dalam teks mikro dan makro sesuai kaidah tulisan ilmiah Mampu membangun dan menuliskan argumen dalam teks makro Mampu memahami dan mnejelaskan informasi teknik penulisan karya ilmiah dan nonilmiah Mampu menghasilkan karya tulis krearif dalam berbagai bentuk teks akademik Mampu menerapkan pengunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,secara tertulis maupun lisan, dalam penugasan mata kuliah. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1: Mampu memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia Sub CP-MK2: Mampu memahami hakikat dan fungsi bahasa Indonesia Sub CP-MK3: Mampu memahami dan membedakan ragam bahasa Indonesia Sub CP-MK4: Mampu membedakan kelas kata dalam struktur bahasa Indonesia Sub CP-MK5: Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia Sub CP-MK6: Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektif Sub CP-MK7: Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar Sub CP-MK8: Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) Sub CP-MK9: Mampu menuangkan gagasan secara tepat dalam paragraph (teks Mikro) Sub CP-MK10: Mampu menulis esai dengan karakateristik dan struktur yang tepat Sub CP-MK11: Mampu menjelaskan struktur dan sistematika penulisan artikel Sub CP-MK12: Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal Sub CP-MK13: Mampu memahami dan mengeksplorasi karya tulis Sub CP-MK14: Mampu menjelaskan orisinalitas karya tulis |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Indonesia mempelajari Sejarah Bahasa Indonesia, Perkembangan Bahasa Indonesia, Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam bahasa, Struktur bahasa Indonesia/Kalimat efektif, Eksplorasi Karya Tulis, dan Orisinalitas karya Tulis | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
A. Sejarah Bahasa Indonesia |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2. Pusat Bahasa. (2007). Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional 3. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 4. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 5. Sneddon, J.N. et al. (2010). Indonesian References Grammar 2nd Edition. Melbourne: Allen & Unwin. 6. Hacker, D. & Sommers, N. (2016). APA Version: A Pocket Style Manual 7th Edition. New York: Bedford/St. Martin’s. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD proyektor 2. Laptop 3. White board |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lilik Damayanti, |
Mata Kuliah |
Bahasa Indonesia |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK1: Mampu memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, diskusi (kontekstual, interaktif, integratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 1: Presentasi data kebahasaan bahasa yang ditemukan sebagai bagian dari perkembangan bahasa Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Daftar Pustaka 1 |
3 |
|||
2 | Sub CP-MK2: Mampu memahami hakikat dan fungsi bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, diskusi (kontekstual, interaktif, integratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 2: Mengumpulkan data kebahasan melalui berbagai sumber, seperti media sosial, TV, spanduk, poster, dll Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 sks |
Hakikat bahasa Indonesia Fungsi bahasa Indonesia Daftar Pustaka 1 |
3 |
|||
3 | Sub CP-MK3: Mampu memahami dan membedakan ragam bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, integratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 3: Melakukan survei penggunaan ragam bahasa di lingkungan sekitar Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Daftar Pustaka 1 dan 2 |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK4: Mampu membedakan kelas kata dalam struktur bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, integratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Daftar Pustaka 1 dan 2 |
4 |
|||
5 | Sub CP-MK5: Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, presentasi, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, kolaboratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Daftar Pustaka 3 dan 4 |
3 |
|||
6 | Sub CP-MK6: Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektif |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, presentasi, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, kolaboratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 4: Menyusun laporan dengan kalimat efektif dan presentasi terkait kegiatan survei ragam bahasa (topik 3) Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Kalimat Efektif dalam bahasa Indonesia Daftar Pustaka 3 dan 4 |
5 |
|||
7 | Sub CP-MK7: Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, efektif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 5: Menemukan kesalahan ejaan dalam laporan penelitian Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Ejaan bahasa Indonesia Daftar Pustaka 3 dan 4 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CP-MK8: Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, praktik, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, efektif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 6: Membuat video penggunaan diksi sesuai konteks Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Penggunaan diksi dalam genre makro Daftar Pustaka 4 dan 5 |
3 |
|||
10 | Sub CP-MK9: Mampu menuangkan gagasan secara tepat dalam paragraph (teks Mikro) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
roses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, praktik, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, efektif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 7: Mengidentifikasi jensi paragraph dalam teks Makro Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Pengembangan ide dalam paragraph (teks mikro) Daftar Pustaka 4 dan 5 |
4 |
|||
11 | Sub CP-MK10: Mampu menulis esai dengan karakateristik dan struktur yang tepat |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, praktik (holistik, kontekstual, integratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 8: Menulis esai sesuai dengan topik yang ditentukan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menuangkan gagasan dalam esai Daftar Pustaka 4 dan 5 |
4 |
|||
12 | Sub CP-MK11: Mampu menjelaskan struktur dan sistematika penulisan artikel |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, praktik (holistik, kontekstual, integratif, interaktif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Struktur dan sistematika artikel ilmiah Daftar Pustaka 5 dan 6 |
0 |
|||
13 | Sub CP-MK12: Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): PjBL, Diskusi (Tematik, holistik, integratif, interaktif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menyusun Proposal PKM Daftar Pustaka 5 dan 6 |
4 |
|||
14 | Sub CP-MK13: Mampu memahami dan mengeksplorasi karya tulis |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah, Diskusi (kontekstual, integratif, interaktif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 9: Menyusun argumentasi dalam sebuah teks ulasan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menulis teks ulasan Daftar Pustaka 5 dan 6 |
5 |
|||
15 | Sub CP-MK14: Mampu menjelaskan orisinalitas karya tulis |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Ceramah, diskusi (holistik, kontekstual, integratif, interaktif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 10: Menginternalisasi nilai-nilai orisinalistas karya tulis dalam proposal Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menerapkan sistem kutipan dan pustaka untuk menghindari plagiasi Daftar Pustaka 5 dan 6 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lilik Damayanti lahir di Polmas pada tanggal 12-03-1982 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|