.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mariatul.kiptiah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 12, 2025, 2:28 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Rekayasa Pondasi 1 |
JJ240522 |
3 |
0 |
3 |
42 |
4 |
23-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mariatul Kiptiah S.T., M.Eng. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199008172019032031 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-9) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-3) Mampu mengelola survey (merencanakan, mengimplementasikan, mengendalikan) dan interpretasi data (tata guna lahan, kontur, lalu lintas, hidrologi), uji dan analisa kelaikan tanah (geoteknik), uji dan analisa material, untuk menghasilkan perancangan teknik rinci sesuai dengan norma-standar-pedoman dan manual 3 (KK-11) Mampu meningkatkan kinerja proses perancangan dan pelaksanaan konstruksi melalui pengujian, pengukuran, analisis dan interpretasi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Students have competence and understanding in foundation design (shallow foundations and retaining walls) for road and bridge infrastructure |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1 : Mampu memahami pengertian dasar sifat fisik tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK2 : Mampu memahami jenis-jenis pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK3 : Mampu menganalisis teori daya dukung pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK4 : Mampu menghitung pengaruh air terhadap pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK5 : Mampu menganalisis pondasi dangkal pada tanah kohesif & granular [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK6 : Mampu menganalisis pondasi dangkal pada beban asimetri [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK7 : Kemampuan menganalisis penurunan pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK8 : Mampu memahami jenis-jenis dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK9 : Mampu menganalisis teori tekanan tanah lateral [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK10 : Mampu menganalisis tekanan pori air dan beban eksternal pada desain dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK11 : Mampu menganalisis stabilitas dinding penahan tanah (geser & guling) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK12 : Mampu menganalisis daya dukung dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK13 : Mampu menganalisa penurunan dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) Sub CP-MK14 Mampu menganalisa dinding penahan tanah menggunakan software (LEM) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Rekayasa Pondasi 1 mempelajari pondasi dangkal dan dinding penahan tanah | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Fondasi dangkal dan dinding penahan tanah |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mariatul Kiptiah, |
Mata Kuliah |
Rekayasa Pondasi 1 |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ240522 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK1 : Mampu memahami pengertian dasar sifat fisik tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat mengetahui sifat fisik tanah untuk rekayasa pondasi (B) dengan benar |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan RPS dan menjelaskan pendahuluan materi yang akan dipelajari) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktrur) |
Sifat fisik tanah Pustaka: Referensi 1, 2, 3, 4, 5 & 6 |
2 |
|||
2 | Sub CP-MK2 : Mampu memahami jenis-jenis pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) mampu memahami jenis-jenis pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
Dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur) |
Jenis pondasi dangkal
Pustaka: Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
3 | Sub CP-MK3 : Mampu menganalisis teori daya dukung pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menganalisis teori daya dukung pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca RPS dan Materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan Pemaparan materi dan diskus) BT : 3 x 60 menit (tugas tersruktur)
|
Teori daya dukung pondasi dangkal Pustaka: Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK4 : Mampu menghitung pengaruh air terhadap pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis pengaruh air terhadap pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan Teknik non test: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Efek muka air tanah pada pondasi dangkal Pustaka: Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
5 | Sub CP-MK5 : Mampu menganalisis pondasi dangkal pada tanah kohesif & granular [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menghitung pondasi dangkal pada tanah kohesif dan granular (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes Pustaka: Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
6 | Sub CP-MK6 : Mampu menganalisis pondasi dangkal pada beban asimetri [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis pondasi dangkal dengan beban asimetri (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
Dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (belajar terstruktur) |
Beban asimetri pada pondasi dangkal Pustaka: Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
7 | Sub CP-MK7 : Kemampuan menganalisis penurunan pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis penyelesaian pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Penurunan tanah pada pondasi dangkal Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Sub CP-MK8 : Mampu memahami jenis-jenis dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis jenis-jenis dinding penahan tanah (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 23x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Jenis-jenis dinding penahan Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
2 |
|||
10 | Sub CP-MK9 : Mampu menganalisis teori tekanan tanah lateral [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menganalisis teori tekanan tanah lateral (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (Tugas terstruktur)
|
Teori tekanan tanah lateral Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
11 | Sub CP-MK10 : Mampu menganalisis tekanan pori air dan beban eksternal pada desain dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menganalisis tekanan air pori dan beban luar pada dinding (B) dengan benar |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menganalisis tekanan air pori dan beban luar pada dinding (B) dengan benar |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur) |
Tekanan pori air dan beban eksternal pada dinding Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
12 | Sub CP-MK11 : Mampu menganalisis stabilitas dinding penahan tanah (geser & guling) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis stabilitas geser & guling (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Stabilitas geser & guling (faktor keamanan) Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
13 | Sub CP-MK12 : Mampu menganalisis daya dukung dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis daya dukung dinding (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Daya dukung dinding penahan Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
14 | Sub CP-MK13 : Mampu menganalisa penurunan dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis penurunan dinding (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan
Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Penurunan dinding penahan Pustaka: Reference 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
15 | Sub CP-MK14 Mampu menganalisa dinding penahan tanah menggunakan software (LEM) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat mendesain dinding penahan tanah menggunakan software (LEM) (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi soal dan jawaban serta penugasan Bentuk penilaian: wawancara non tes dan uraian tes |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 3 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 3 x 60 menit (tugas terstruktur)
|
Desain dinding penahan tanah menggunakan perangkat lunak (LEM) Referensi 1, 2, 3, 4, 5, & 6 |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mariatul Kiptiah lahir di Palangka Raya pada tanggal 17-08-1990 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|