.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 2:00 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Indonesia |
TE320119 |
2 |
0 |
2 |
28 |
6 |
28-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Indonesia mempelajari | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
|
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
Bahasa Indonesia |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE320119 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 1: Mengumpulkan data kebahasan melalui berbagai sumber, seperti media sosial, TV, spanduk, poster, dll Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x
|
Sejarah bahasa Indonesia Perkembangan bahasa Indonesia Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Pendidikan Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tinggi. Jakarta: DIKTI |
3 |
|||
2 | Mampu memahami kedudukan dan fungsi bahasa |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 2: Presentasi data kebahasaan bahasa yang ditemukan sebagai bagian dari perkembangan fungsi bahasa Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
|
3 |
|||
3 | Mampu membedakan ragam atau variasi bahasa |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 3: Melakukan survei penggunaan ragam bahasa di lingkungan sekitar Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
|
3 |
|||
4 | Mampu menjelaskan peran dan kategori kata dalam struktur bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
|
3 |
|||
5 | Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
|
3 |
|||
6 | Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektif |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 4: Menyusun laporan dengan kalimat efektif dan presentasi terkait kegiatan survei ragam bahasa (topik 3) Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Kalimat Efektif dalam bahasa Indonesia |
5 |
|||
7 | Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 5: Menemukan kesalahan ejaan dalam laporan penelitian Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Ejaan bahasa Indonesia |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 6: Membuat video penggunaan diksi sesuai konteks Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Penggunaan diksi dalam genre makro |
3 |
|||
10 | Mampu menyatakan gagasan secara tepat dalam paragraph (teks Mikro) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 7: Mengidentifikasi jensi paragraph dalam teks Makro Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Pengembangan ide dalam paragraph (teks mikro) |
4 |
|||
11 | Mampu menulis esai dengan karakateristik dan sturktur yang tepat |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 8: Menulis esai sesuai dengan topik yang ditentukan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menuangkan gagasan dalam esai |
4 |
|||
12 | Mampu menjelaskan struktur dan sistematika penulisan artikel |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Struktur dan sistematika artikel ilmiah |
4 |
|||
13 | Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Menyusun Proposal PKM |
5 |
|||
14 | Mampu mengeksplorasi karya tulis |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): 1. Kuliah 2. DIskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 9: Menyusun argumentasi dalam sebuah teks ulasan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menulis teks ulasan |
3 |
|||
15 | Mampu menjelaskan orisinalistas karya tulis |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): 1. Kuliah 2. Diskusi Tugas 10: Menginternalisasi nilai-nilai orisinalistas karya tulis dalam proposal Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menerapkan sistem kutipan dan pustaka untuk menghindari plagiasi |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|