.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:totok.sulistyo@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:36 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Geomatika 2 |
JJ120722 |
1 |
1 |
2 |
56 |
2 |
24-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Totok Sulistyo S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 197209022000121003 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai prinsip survey (tata guna lahan, kontur, transportasi), prinsip pengujian bahan bangunan dan prinsip perbaikan tanah dasar |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu mengelola survey (merencanakan, mengimplementasikan, mengendalikan) dan interpretasi data (tata guna lahan, kontur, lalu lintas, hidrologi), uji dan analisa kelaikan tanah (geoteknik), uji dan analisa material, untuk menghasilkan perancangan teknik rinci sesuai dengan norma-standar-pedoman dan manual 3 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 :Mampu mengetahui bagian bagian dari teodolit , Total Station, Alat Penunjang dan fungsinya CPMK 2 :Mampu melakukan Setting (Mendirikan dan Mendatarkan) Alat dengan tepat CPMK 3 :Mampu menentukan besaran sudut horizontal dengan metode bacaan kanan kekiri dan kiri kekanan. CPMK 4 :Mampu Mengukur sudut Vertikal, Menghitung jarak datar dan beda tinggi CPMK 5 :Mampu melakukan Pengukuran dan Perhitungan Data Poligon Terbuka terikat sepihak CPMK 6 :Mampu Melakukan Pengukuran dan Perhitungan dan Koreksi Pada Poligon Terbuka Terikat Sempurna CPMK 7 :Mampu Melakukan Pengukuran dan Perhitungan Data Poligon Tertutup |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 :Mampu mengidentifikasi Alat Ukur, bagian bagian alat ukur, alat penunjang dan fungsinya [C2, P3, A3] Sub-CPMK 2 :Mampu mendirikan alat dan mendatarkan alat diberbagai medan dengan tepat dan cepat [C3, P3, A3] Sub-CPMK 3 :Mampu melakukan pengukuran dan pembacaan sudut horizontal metoda kanan kekiri dan kiri kekanan [C3, P3, A4] Sub-CPMK 4 :Mampu mengukur dan mengitung jarak datar dan beda tinggi berdasarkan jarak optis, EDM dan Bacaan Sudut Vertikal [C3, P3, A4] Sub-CPMK 5 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon terbuka terikat sepihak [C3, P3, A4] Sub-CPMK 6 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon terbuka terikat sempurna [C3, P3, A4] Sub-CPMK 7 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon tertutup [C3, P3, A4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Geomatika II mempelajari Pemakaian Alat Ukur Teodholit dan Total Station, mempelajari pengukuran poligon untuk kadastral maupun pengukuran topografi, serta menentukan titik di lapangan dengan stake out. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Alat ukur Optis dan EDM |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Totok Sulistyo, |
Mata Kuliah |
Geomatika 2 |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ120722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 :Mampu mengidentifikasi Alat Ukur, bagian bagian alat ukur, alat penunjang dan fungsinya [C2, P3, A3] |
Mahasiswa mampu menjelaskan bagian bagian Teodholit, Alat Penunjang dan Fungsinya |
Kriteria: Menjelaskan dengan benar. Bentuk: Test Lisan |
Metoda: Demontratif, Observasi pada alat, Membaca Manual, Diskusi Waktu: Penjelasan Intruksi Kerja 1 x 50 Mnt Pembacaan Manual 1 x 50 Mnt Pengamatan dan Diskusi 2 x 50 Mnt (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Safety Induction, K3 dan Prokes Pengenalan Alat Ukur Teodholit dan Alat Penunjang #Pustaka 1 #Pustaka 5 |
2 |
|||
2, 3 | Sub-CPMK 2 :Mampu mendirikan alat dan mendatarkan alat diberbagai medan dengan tepat dan cepat [C3, P3, A3] |
Alat berdiri nivo tabung maupun nivo atau gelembung tilt ada ditengah (Centring) dan Patok di tengah plum teleskop |
Kriteria : Kecepatan, Ketelitian, Kehati-hatian memperlakukan alat & Safety Bentuk : (langsung) Demonstrasi, (tidak langsung) Unggah Video
|
Penjelasan dan Demontrasi , Waktu 1 x 50 Menit Praktik, waktu Waktu 3 x 50 Menit (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) |
Mendirikan dan Medatarkan Theodolit dilapangan #Pustaka 1 #Pustaka 4 |
2 |
|||
Sub-CPMK 2 :Mampu mendirikan alat dan mendatarkan alat diberbagai medan dengan tepat dan cepat [C3, P3, A3] |
Alat berdiri nivo tabung maupun nivo atau gelembung tilt ada ditengah (Centring) dan Patok di tengah plum teleskop |
Kriteria : Kecepatan, Ketelitian, Kehati-hatian memperlakukan alat & Safety Bentuk : (langsung) Demonstrasi, (tidak langsung) Unggah Video |
Penjelasan dan Demontrasi , Waktu 1 x 50 Menit Penilaian Kemampuan Individu dalam Praktik, waktu Waktu 3x 50 Menit (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) |
Penilaian Mendirikan dan Medatarkan Theodolit dilapangan
#Pustaka 1 #Pustaka 4 |
2 |
||||
4, 5 | Sub-CPMK 3 :Mampu melakukan pengukuran dan pembacaan sudut horizontal metoda kanan kekiri dan kiri kekanan [C3, P3, A4] |
|
Kriteria Kecepatan, Ketelitian Bentuk Penilian, Demonstrasi, Hasil Pengukuran |
Metoda : Praktik (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) Penjelasan 1 x 50 Mnt Praktik Sudut Ukuran 3 x 50 Mnt
|
Mengukur Sudut Horisontal (Sudut Ukuran) #Pustaka 3 #Pustaka 4 #Pustaka 5 #Pustaka 6 |
5 |
|||
Sub-CPMK 3 :Mampu melakukan pengukuran dan pembacaan sudut horizontal metoda kanan kekiri dan kiri kekanan [C3, P3, A4] |
|
Kriteria Kecepatan, Ketelitian Bentuk Penilian, Demonstrasi, Hasil Pengukuran |
Metoda : Praktik (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) Penjelasan 1 x 50 Mnt Praktik Azimuth 3 x 50 Mnt |
Mengukur Azimut #Pustaka 3 #Pustaka 4 #Pustaka 5 #Pustaka 6 |
5 |
||||
6 | Sub-CPMK 4 :Mampu mengukur dan mengitung jarak datar dan beda tinggi berdasarkan jarak optis, EDM dan Bacaan Sudut Vertikal [C3, P3, A4] |
Jarak datar dan beda tinggi dihitung dengan benar |
Kriteria : Ketelitian, Kecepatan Bentuk Penilaian : Observasi Hasil Praktik Pengukuran dan Perhitungan |
Metoda : Praktik (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) Waktu Penjelasan 1 x 50 Mnt Waktu Praktik 3 x 50 Mnt |
Perhitungan Jarak datar dan Beda tinggi hasil pengukuran Teodholit #Pustaka 1 #Pustaka 2 #Pustaka 4 #Pustaka 5 |
5 |
|||
7 | Sub-CPMK 5 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon terbuka terikat sepihak [C3, P3, A4] |
Poligon terbuka telah diukur dengan benar |
Kriteria : Ketelitian, Kecepatan Bentuk Penilaian: Observasi Data Hasil Praktik |
Metoda: Praktik (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) Waktu : Penjelasan Intruksi kerja 1 x 50 Mnt Praktik Pengukuran 3 x 50 Mnt
|
Pengukuran Poligon terbuka terikat sepihak #Pustaka 4 #Pustaka 5 #Pustaka 6 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 5 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon terbuka terikat sepihak [C3, P3, A4] |
Titik-titik Poligon dapat ditentukan koordinatnya dengan tepat, kesalahan arah dan ketinggian telah dikoreksi |
Kriteria : Ketelitian, Kecepatan Bentuk : Observasi hasil Praktik
|
Metoda : Praktik (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) Waktu : Intruksi Kerja 1 x 50 Mnt Praktik Perhitungan 3 x 50 Mnt |
Perhitungan Poligon terbuka terikat sempurna #Pustaka 1 #Pustaka 2 #Pustaka 3 #Pustaka 4 #Pustaka 5 |
5 |
|||
10, 11 | Sub-CPMK 6 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon terbuka terikat sempurna [C3, P3, A4] |
Titik-titik Poligon dapat ditentukan koordinatnya dengan tepat, kesalahan arah dan ketinggian telah dikoreksi |
Kriteria : Ketelitian, Kecepatan Bentuk : Observasi hasil Praktik |
Metoda : Praktik (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) Waktu : Intruksi Kerja 1 x 50 Mnt Praktik Pengukuran dan Perhitungan 3 x 50 Mnt |
Pengukuran Poligon terbuka terikat sempurna #Pustaka 1 #Pustaka 2 #Pustaka 4 #Pustaka 5 |
5 |
|||
Sub-CPMK 6 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon terbuka terikat sempurna [C3, P3, A4] |
Titik-titik Poligon dapat ditentukan koordinatnya dengan tepat, kesalahan arah dan ketinggian telah dikoreksi |
Kriteria : Ketelitian, Kecepatan Bentuk : Observasi hasil Praktik |
Metoda : Praktik (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) Waktu : Intruksi Kerja 1 x 50 Mnt Praktik Perhitungan 3 x 50 Mnt |
Perhitungan Poligon terbuka terikat sempurna
#Pustaka 1 #Pustaka 2 #Pustaka 4 #Pustaka 5 |
5 |
||||
12, 13, 14, 15 | Sub-CPMK 7 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon tertutup [C3, P3, A4] |
Poligon Tertutup telah diukur dengan benar, Jumlah kesalahan Sudut dalam/ Sudut Luar tidal lebih dari 30' |
Kriteria : Ketelitian, kecepatan Bentuk : Observasi hasil Praktik |
Metoda : Praktik (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) Waktu: Intruksi Kerja : 2 x 50 Mnt Praktik Pengukuran 2 x 50 Mnt |
Poligon tetutup #Pustaka 2 #Pustaka 4 #Pustaka 5
|
5 |
|||
Sub-CPMK 7 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon tertutup [C3, P3, A4] |
|
Kriteria : Ketelitian Kecepatan Penilaian : Hasil Pengukuran |
Metoda : Praktik Waktu : Pengukuran 4 x 50 Mnt
|
Pengukuran Poligon Tertutup #Pustaka 1 #Pustaka 5
|
5 |
||||
Sub-CPMK 7 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon tertutup [C3, P3, A4] |
|
Kriteria : Ketelitian Kecepatan Penilaian : Hasil Perhitungan |
Metoda : Praktik Waktu : Penjelasan 1 x 50 Mnt Perhitungan 3 x 50 Mnt |
Perhitungan Jarak, Beda tinggi, Sudut, Azimuth, Koreksi Sudut, Koreksi jarak, koreksi beda tinggi, luas poligon #Pustaka 1 #Pustaka 5 |
5 |
||||
Sub-CPMK 7 :Mampu merencanakan dan melaksanakan serta menghitung pengukuran poligon tertutup [C3, P3, A4] |
|
Kriteria : Ketelitian Kecepatan Hasil Penggambaran Poligon Sesuai Skala Luas Poligon Ditentukan dengan benar |
Metoda : Praktik Waktu : Penjelasan 1 x 50 Mnt Perhitungan 3 x 50 Mnt |
Penggambaran dan Perhitungan Luas Poligon Tertutup #Pustaka 1 #Pustaka 5 |
4 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Totok Sulistyo lahir di Sleman pada tanggal 02-09-1972 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|