.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:48 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pendidikan Pancasila |
TS120322 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-5) Menguasai prinsip ilmu lingkungan, pengetahuan faktual tentang Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), ekonomi, dan sosial |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius CPMK-2: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika CPMK-3: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila CPMK-4: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan CPMK-5: Bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki CPMK-6: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya CPMK-7: Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam mengembangkan pengetahuan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara Sub-CPMK3: Mampu menganalisaPancasila sebagai dasar negara Sub-CPMK4: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai ideologi Sub-CPMK5: Mampu menganalisa ideologi pancasila dan membandingkan dengan ideologi lain Sub-CPMK6: Mampu menjelaskan Filsafat Pancasila Sub-CPMK7: Mampu menganalisa filsafat Pancasila Sub-CPMK8: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai sistem etika Sub-CPMK9: mampu menerapkan etika Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Sub-CPMK10: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sub-CPMK11: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sub-CPMK12: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional Sub-CPMK13: Mampu menganalisa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dalam bidang politik dan ekonomi Sub-CPMK14: Mampu menganalisa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dalam bidang sosial dan budaya dan pertahanan keamanan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan dan menganalisis Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa, Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Ideologi,Pancasila sebagai Filsafat , Pancasila sebagai sistem etika, Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : White board, slide, Proyektor, hand out/buku/referensi lainnya yang berisikan tentang pendidikan pancasila |
|||||||
Dosen Pengampu |
Fatmawati, |
Mata Kuliah |
Pendidikan Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa |
Ketepatan menjelaskan Pancasila era sebelum kemerdekaan dan Pancasila era sesudah kemerdekaan. |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk penilaian: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
1. Menyampaikan protokol kesehatan dan kontrak pembelajaran 2. Pancasila era sebelum kemerdekaan 3. Pancasila era sesudah kemerdekaan
Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
4 |
|||
2 | Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara 2. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945 3. Pokok kaidah yang fundamental 4. Hubungan Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 |
ketepatan dan pemahaman materi Bentuk penilaian: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
1. Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara 2. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945 3. Pokok kaidah yang fundamental 4. Hubungan Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
5 |
|||
3 | Sub-CPMK3: Mampu menganalisaPancasila sebagai dasar negara |
Ketepatan menganalisa: Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan Negara dalam bidang politik ekonomi, social budaya dan Hankam |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk penilaian: kajian literatur dan presentasi |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan Negara dalam bidang politik ekonomi, social budaya dan Hankam Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6 |
4 |
|||
4 | Sub-CPMK4: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai ideologi |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian ideologi 2. Unsur ideologi 3. Ideologi terbuka dan tertutup 4. Pancasila sebagai ideologi terbuka 5. Pancasila sebagai ideologi Berbangsa dan bernegara |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk penilaian: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
1. Pengertian ideologi 2. Unsur ideologi 3. Ideologi terbuka dan tertutup 4. Pancasila sebagai ideologi terbuka 5. Pancasila sebagai ideologi Berbangsa dan bernegara Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 |
4 |
|||
5 | Sub-CPMK5: Mampu menganalisa ideologi pancasila dan membandingkan dengan ideologi lain |
Ketepatan menganalisa dan membandingkan idelogi 1. Ideologi Pancasila 2. Ideologi Liberal 3. Ideologi Komunis 4. Ideologi keagamaan |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk penilaian: presentasi dan diskusi |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
1. Ideologi pancasila 2. Ideologi Liberal 3. Ideologi Komunis 4. Ideologi keagamaan Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
5 |
|||
6 | Sub-CPMK6: Mampu menjelaskan Filsafat Pancasila |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian Filsafat 2. Aliran aliran filsafat 3. Pengertian Pancasila secara filsafat |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk penilaian: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
1. Pengertian Filsafat 2. Aliran aliran filsafat 3. Pengertian Pancasila secara filsafat Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK7: Mampu menganalisa filsafat Pancasila |
Mampu menganalisa filsafat Pancasila Ketepatan menganalisa 1. Aspek ontologi 2. Aspek epistimologi 3. Aspek aksiologi 4. Teori kebenaran Pancasila |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk penilaian: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
1. Aspek ontologi 2. Aspek epistimologi 3. Aspek aksiologi 4. Teori kebenaran Pancasila Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK8: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai sistem etika |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian etika 2. Pengertian nilai, moral dan Norma 3. Aliran etika |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk penilaian: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
1. Pengertian etika 2. Pengertian nilai, moral dan Norma 3. Aliran etika Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK9: mampu menerapkan etika Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara |
Ketepatan menerapkan 1. Etika pancasila 2. Etika politik dalam berbangsa dan bernegara |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk penilaian: Pembelajaran berbasis masalah |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
1. Etika pancasila 2. Etika politik dalam berbangsa dan bernegara Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK10: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Ketepatan menjelaskan 1. Perkembangan ilmu dan tehnologi 2. Masalah nilai dalam pengembangan ilmu dan tehnologi |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk penilaian: kajian literatur |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
1. Perkembangan ilmu dan teknologi 2. Masalah nilai dalam pengembangan ilmu dan teknologi Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK11: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Ketepatan menganalisa: Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan IPTEK |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan IPTEK. Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK12: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
Ketepatan menjelaskan: Pengertian paradigma menjelaskan Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional. |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
1. Pengertian paradigma 2. Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK13: Mampu menganalisa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dalam bidang politik dan ekonomi |
Ketepatan menjelaskan Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang Politik , ekonomi. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang Politik , ekonomi. Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK14: Mampu menganalisa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dalam bidang sosial dan budaya dan pertahanan keamanan |
Ketepatan menjelaskan: Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah Kuliah dan diskusi |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50') Karakteristik Pembelajaran: Interaktif dan Holistik. |
Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan. Pustaka: 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. |
4 |
|||
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|