.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:anis.aulia@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:05 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Komputer Aplikasi Struktur |
JJ360217 |
0 |
2 |
2 |
84 |
6 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Anis Aulia Ulfa S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199309032022032014 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan (P-4) Menguasai perkembangan teknologi khususnya di bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilka prototype, prosedur baku, desain atau karya seni. (KU-4) Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-2) Mampu merumuskan esensi perancangan bangunan jalan dan jembatan sesuai dengan Standar Indonesia dan/atau Standar Internasional 2 (KK-4) Mampu merancang bangunan jalan dan jembatan dalam bentuk perancangan teknik rinci4 (detail engineering deGISn) dengan menggunakan pangkalan data dan referensi teknik konstruksi5 dengan mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi, sosial, budaya, kesehatan da keselamatan publik dan lingkungan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu merencanakan struktur jembatan menggunakan aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mahasiswa mampu menjelaskan definisi, jenis dan bagian jembatan serta mengenal fasilitas dan dasar-dasar pengoprasian aplikasi struktur pada komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C2, A2) Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu merencanakan struktur jembatan rangka baja pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu merencanakan struktur jembatan gelagar beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu merencanakan struktur underpass beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu menyajikan dan mempresentasikan hasil perencanaan jembatan menggunakan aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C5, A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Komputer Aplikasi Struktur mempelajari perencanaan jembatan rangka baja, jembatan beton bertulang dan underpass menggunakan aplikasi komputer | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
• Jenis konstruksi Jembatan • Pembebanan • Rangka batang • Gaya dalam balok dengan beban kombinasi • Gaya dalam portal dengan beban kombinasi • Penulangan balok akibat beban kombinasi • Penulangan kolom akibat beban kombinasi • Gaya dalam portal 3D • Penulangan portal 3D |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Sugito (075534007), "Modul SAP 2000 15.0 Analisa 3D Statik dan Dinamik Berdasarkan SNI-1726-2002 Beta 12-7-2012", S1PTB 2007 A, 2007. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, Proyektor, Papan tulis, Spidol, Penghapus, Buku dan BLP2 |
|||||||
Dosen Pengampu |
Anis Aulia Ulfa, |
Mata Kuliah |
Komputer Aplikasi Struktur |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ360217 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mahasiswa mampu menjelaskan definisi, jenis dan bagian jembatan serta mengenal fasilitas dan dasar-dasar pengoprasian aplikasi struktur pada komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C2, A2) |
- Ketepatan menjelaskan definisi, jenis dan bagian-bagian jembatan Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat menentukan dan mendefinisikan struktur jembatan yang akan dianalisa menggunakan fasilitas pada aplikasi struktur |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian penentuan jembatan dan definisi struktur jembatan pada aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit |
Menyampaikan protokol kesehatan dan kontrak pembelajaran Definisi jembatan, jenis dan bagian-bagian jembatan (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
6 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu merencanakan struktur jembatan rangka baja pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
- Ketepatan mahasiswa memodelkan struktur rangka batang baja pada aplikasi komputer Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat memodelkan, menghitung dan mendefinisikan beban jembatan rangka baja menggunakan aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian permodelan, perhitungan dan definisi beban jembatan rangka baja menggunakan aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit |
- Permodelan struktur rangka batang baja pada aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
7 |
|||
3 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu merencanakan struktur jembatan rangka baja pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
Ketepatan mengnalisa hasil output jembatan rangka baja pada aplikasi komputer Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat menganalisa hasil output jembatan rangka baja pada aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian analisa hasil output jembatan rangka baja pada aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Analisa hasil output jembatan rangka baja pada aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
7 |
|||
4 | Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu merencanakan struktur jembatan gelagar beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
- Ketepatan menentukan data perencanaan struktur jembatan gelagar RC Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat menentukan jembatan gelagar yang akan dianalisa dan mendefinisikan beban jembatan gelagar pada aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian penentuan jembatan gelagar yang akan dianalisa dan definisi beban jembatan gelagar pada aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Penentuan jembatan gelagar yang akan dianalisa dan definisi beban jembatan gelagar pada aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
6 |
|||
5 | Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu merencanakan struktur jembatan gelagar beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
- Ketepatan mahasiswa memodelkan struktur balok gelagar RC pada aplikasi komputer Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat memodelkan dan mendefinisikan beban balok gelagar menggunakan aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian permodelan dan definisi beban balok gelagar menggunakan aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit |
Permodelan dan definisi beban balok gelagar menggunakan aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
6 |
|||
6 | Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu merencanakan struktur jembatan gelagar beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
Ketepatan mengnalisa hasil output balok gelagar RC pada aplikasi komputer Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat menganalisa hasil output balok gelagar RC pada aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian analisa hasil output balok gelagar RC pada aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Analisa hasil output balok gelagar RC pada aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
6 |
|||
7 | Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu merencanakan struktur jembatan gelagar beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
- Kemampuan mahasiswa memodelkan struktur jembatan gelagar RC 3D pada aplikasi komputer Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat memodelkan dan mendefinisikan beban struktur jembatan gelagar RC 3D menggunakan aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian permodelan dan definisi beban struktur jembatan gelagar RC 3D menggunakan aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Permodelan dan definisi beban struktur jembatan gelagar RC 3D menggunakan aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
6 |
|||
8 | Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu merencanakan struktur jembatan gelagar beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
Ketepatan mengnalisa hasil output struktur jembatan gelagar RC 3D pada aplikasi komputer Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat menganalisa hasil output struktur jembatan gelagar RC 3D pada aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian analisa hasil output struktur jembatan gelagar RC 3D pada aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Analisa hasil output struktur jembatan gelagar RC 3D pada aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
6 |
|||
9 | Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu merencanakan struktur underpass beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
- Ketepatan menentukan data perencanaan struktur underpass Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat menentukan jembatan underpass yang akan dianalisa dan menghitung beban underpass pada aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian penentuan underpass yang akan dianalisa dan perhitungan beban underpass pada aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Penentuan underpass yang akan dianalisa dan perhitungan beban underpass pada aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
7 |
|||
10 | Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu merencanakan struktur underpass beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
- Ketepatan mahasiswa memodelkan struktur underpass 2D pada aplikasi komputer Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat memodelkan dan mendefinisikan beban struktur underpass 2D menggunakan aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian permodelan dan definisi beban struktur underpass 2D menggunakan aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Permodelan dan definisi beban struktur underpass 2D menggunakan aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
7 |
|||
11 | Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu merencanakan struktur underpass beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
Ketepatan mengnalisa hasil output struktur underpass 2D pada aplikasi komputer Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat menganalisa hasil output struktur underpass 2D pada aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian analisa hasil output struktur underpass 2D pada aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Analisa hasil output struktur underpass 2D pada aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
7 |
|||
12 | Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu merencanakan struktur underpass beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
- Ketepatan mahasiswa memodelkan struktur underpass 3D pada aplikasi komputer Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat memodelkan dan mendefinisikan beban struktur underpass 3D menggunakan aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian permodelan dan definisi beban struktur underpass 3D menggunakan aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Permodelan dan definisi beban struktur underpass 3D menggunakan aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
7 |
|||
13 | Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu merencanakan struktur underpass beton bertulang pada aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C4, A2) |
Ketepatan mengnalisa hasil output struktur underpass 3D pada aplikasi komputer Pengalaman belajar: Mahasiswa dapat menganalisa hasil output struktur underpass 3D pada aplikasi komputer |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian analisa hasil output struktur underpass 3D pada aplikasi komputer Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Analisa hasil output struktur underpass 3D pada aplikasi komputer (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
7 |
|||
14 | Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu menyajikan dan mempresentasikan hasil perencanaan jembatan menggunakan aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C5, A2) |
- Ketepatan mahasiswa menyajikan laporan dan mempresentasikan hasil perencanaan struktur jembatan rangka baja Pengalaman belajar: mahasiswa dapat menyajikan laporan dan mempresentasikan hasil perencanaan struktur jembatan rangka baja |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian presentasi hasil perencanaan struktur jembatan rangka baja Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Presentasi hasil perencanaan struktur jembatan rangka baja (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu menyajikan dan mempresentasikan hasil perencanaan jembatan menggunakan aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C5, A2) |
- Ketepatan mahasiswa menyajikan laporan dan mempresentasikan hasil perencanaan struktur jembatan gelagar RC Pengalaman belajar: mahasiswa dapat menyajikan laporan dan mempresentasikan hasil perencanaan struktur jembatan gelagar RC |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian presentasi hasil perencanaan struktur jembatan gelagar RC Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Presentasi hasil perencanaan struktur jembatan gelagar RC (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
5 |
|||
16 | Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu menyajikan dan mempresentasikan hasil perencanaan jembatan menggunakan aplikasi komputer dengan sikap tanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya (C5, A2) |
- Ketepatan mahasiswa menyajikan laporan dan mempresentasikan hasil perencanaan struktur underpass Pengalaman belajar: mahasiswa dapat menyajikan laporan dan mempresentasikan hasil perencanaan struktur underpass |
- Sikap dan keaktifan - Rubrik penilaian presentasi hasil perencanaan struktur underpass Karakteristik: Interaktif |
TM Praktik, 2 x 170 menit
|
Presentasi hasil perencanaan struktur underpass (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)(11) |
5 |
|||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Anis Aulia Ulfa lahir di Balikpapan pada tanggal 03-09-1993 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|