.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mariatul.kiptiah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 12, 2025, 3:24 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Indonesia |
TS360116 |
2 |
0 |
2 |
28 |
6 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mariatul Kiptiah S.T., M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199008172019032031 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-9) Mampu membuat dokumen kontrak dan syarat-syarat administrasi untuk tahap perencanaan, pelaksanaan dan pasca konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1 : Mampu menjelaskan hakikat dan konsep bahasa Indonesia sebagai bagian dari keragaman budaya CPMK-2 : Mampu mengaplikasikan penulisan ejaan yang telah disempurnakan dengan benar CPMK-2 : Mampu membuat penulisan karya ilmiah |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1: Mampu memahami hakikat dan fungsi bahasa Indonesia [C2, A3] Sub CP-MK2: Mampu menjelaskan penulisan Bahasa Indonesia yang baku [C2, A3] Sub CP-MK3: Mampu menerapkan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang disepurnakan [C3, A4] Sub CP-MK4: Mampu menerapkan penggunaan kalimat efektif [C3, A4] Sub CP-MK5: Mampu menerapkan penulisan paragraf secara tepat [C3, A4] Sub CP-MK6: Mampu menentukan topik dan judul karya ilmiah [C3, A4] Sub CP-MK7: Mampu menyusun karya ilmiah tugas akhir [C3, A4] Sub CP-MK8: Mampu menyusun jurnal karya ilmiah [C3, A4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Indonesia mempelajari fungsi dan kedudukan bahasa indnesia, penulisan dengan bahasa indonesia yang baik dan benar hingga sistematika dan pembuatan suatu karya ilmiah | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
hakikat dan fungsi Bahasa Indonesia, penulisan Bahasa Indonesia yang baku, Ejaan yang disempurnakan, Kalimat efektif yang baik dan benar hingga sistematika dna pembuatan suatu karya ilmiah |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mariatul Kiptiah, |
Mata Kuliah |
Bahasa Indonesia |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS360116 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK1: Mampu memahami hakikat dan fungsi bahasa Indonesia [C2, A3] |
|
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan hakikat dan fungsi Bahasa Indonesia Teknik: Diskusi penguasaan materi |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2x 60 menit ( |
Refrensi 1 |
2 |
|||
2 | Sub CP-MK2: Mampu menjelaskan penulisan Bahasa Indonesia yang baku [C2, A3] |
Mampu menjelaskan bentuk penulisan Bahasa Indonesia yang baku |
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan bentuk penulisan bahasa Indonesia yang baku Teknik: Diksusi penguasaan materi |
Metode Pembelajaran:
Dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Penu;isan Bahasa Indonesia yang baku Referensi 3 |
2 |
|||
3 | Sub CP-MK3: Mampu menerapkan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang disepurnakan [C3, A4] |
Mampu menerapkan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD) da;am bentuk artikel |
Kriteria: Ketepatan dalam menerapkan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) Bentuk Penilaian: Tes Lisan
|
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit
|
Referensi 2 |
2 |
|||
4 | Sub CP-MK4: Mampu menerapkan penggunaan kalimat efektif [C3, A4] |
Mampu menerapkan penulisan dalam bentuk kalimat efektif |
Kriteria: Ketepatan dalam menerapkan bentuk kalimat efektif Bentuk Penilaian: Tes lisa |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit
|
Ksalimat efektif dalam Bahasa Indonesia Referensi 2 dan 3 |
2 |
|||
5,6 | Sub CP-MK5: Mampu menerapkan penulisan paragraf secara tepat [C3, A4] |
Mampu menerapkan paragraf dalam suatu penulisansecara tepat |
Kriteria: Ketepatan dalam menerapkan paragraf dalam suatu penulisan
Bentuk penilaian: Tes lisan |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit
|
Referensi 4 |
2 |
|||
Sub CP-MK5: Mampu menerapkan penulisan paragraf secara tepat [C3, A4] |
Mampu mengembangkan paragraf dalam suatu bentu penulisan |
Kriteria : Ketepatan dalam mengembangkan bentuk paragraf dalam suatu penulisan
Bentuk Penilian: Tugas mandiri |
Metode Pembelajaran :
Estimasi waktu : TM = 2 x 50 menit BT = 2 x 60 menit BM = 2 x 60 menit |
Refrensi 4 |
2 |
||||
7 | Sub CP-MK6: Mampu menentukan topik dan judul karya ilmiah [C3, A4] |
Mampu membuat topik dan judul karya ilmiah |
Kriteria : ketepatan dalam pembautan topik dan judul karya ilmiah
Bentuk penilaian: Tes Lisan |
Metode Pembelajaran:
(Interaktif, konstektual, berpusat pada mahasiswa)
Estimasi waktu: TM = 2 x 50 menit BT = 2 x 60 menit BM = 2 x 60 menit |
Refrensi 5 |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9, 10, 11, 12, 13 | Sub CP-MK7: Mampu menyusun karya ilmiah tugas akhir [C3, A4] |
Mampu menejelaskan bentuk kerangka sistematika penulisan karya ilmiah |
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan bentuk kerangka sistematika penulisan karya ilmiah
Bentuk penilaian: Diskusi penguasaan materi |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2x 60 menit
|
Referensi 5 |
5 |
|||
Sub CP-MK7: Mampu menyusun karya ilmiah tugas akhir [C3, A4] |
Mampu membuat latar belakang, tujuan , manfaat dan rumusan masalah dalam karya ilmiah |
Kriteria: Ketepatan dalam mebuat latar belakang, tujuan, manfaat dan rumusan masalah dalam karya ilmiah Bentuk penilaian: Tugas Mandiri |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit
|
Referensi 5 |
5 |
||||
Sub CP-MK7: Mampu menyusun karya ilmiah tugas akhir [C3, A4] |
Mampu membuat kutipan dan diagram alir rencana penulisan karya ilmiah |
Kriteria: Ketepatan dalam membuat kutipan dan diagram alir rencana penulisan karya ilmiah
Bentuk penilaian: Tugas mandiri |
Metode Pembalajaran: Case Based Learning (CBL) Dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 3 x 60 menit TM : 3 x 50 menit BT : 3 x 60 menit |
Referensi 5 |
5 |
||||
Sub CP-MK7: Mampu menyusun karya ilmiah tugas akhir [C3, A4] |
Mampu menjelaskan bentuk pengumpulan data dan penyususnan kesimpulan karya ilmiah |
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan bentuk pengumpulan data dan penyusunan kesimpulan karya ilmiah
Bentuk penilaian: Diskusi penguasaan materi |
Metode Pembalajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit
|
Referensi 5 |
5 |
||||
Sub CP-MK7: Mampu menyusun karya ilmiah tugas akhir [C3, A4] |
Mmapu menyusun daftar pustkan berdasarkan isi karya ilmiah |
Kriteria: Ketepatan dalam menyusun daftar pustaka
Bentuk penilaian: Tugas mandiri |
Metode Pembalajaran: Case Based Learning (CBL)
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit
|
Penulisan daftar pustaka dalam karya ilmiah Reference 5 |
5 |
||||
14, 15 | Sub CP-MK8: Mampu menyusun jurnal karya ilmiah [C3, A4] |
Mampumenyusun jurnal karya ilmiah |
Kriteria: Ketepatan dalam menyusun jurnal karya ilmiah Bentuk Penliaian: Tugas mandiri |
Metode Pembelajaran: case Based Learning (CBL)
(Interaktif, Konstektual, berpusat pada mahasiswa)
TM = 2 x 50 menit BT = 2 x 60 menit BM = 2 x 60 menit
|
Refrensi 5 |
5 |
|||
Sub CP-MK8: Mampu menyusun jurnal karya ilmiah [C3, A4] |
Mampu membuat orisnalitas jurnal karya ilmiah |
Kriteria: ketepatan dalam membuat orisnalitas jurnal karya ilmiah
Bentuk penilaian: Tugas Mandiri |
Metode Pembelajaran: case Based Learning (CBL)
(Interaktif, konstektual, berpusat pada mahasiswa)
TM = 2 x 50 menit BT = 2 x 60 menit BM = 2 x 60 menit |
Refrensi 5 |
5 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mariatul Kiptiah lahir di Palangka Raya pada tanggal 17-08-1990 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|