.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mohamad.isram@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:57 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Perencanaan Geometrik |
JJ240817 |
2 |
0 |
2 |
28 |
4 |
25-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198903052022031010 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-9) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-11) Mampu meningkatkan kinerja proses perancangan dan pelaksanaan konstruksi melalui pengujian, pengukuran, analisis dan interpretasi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu membuat desain geometrik jalan raya yang sesuai dengan standar dan kriteria perencanaan yang digunakan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan kriteria perencanaan geometrik jalan (C2, A1) Sub CPMK 2 : Mampu menunjukkan penampang melintang jalan (C3,A2) Sub CPMK 3 : Mampu merancang trase jalan (C6, A2, P1) Sub CPMK 4 : Mampu menghitung dan merancang alinemen horisontal jalan (C3, C6, A2, P1) Sub CPMK 5 : Mampu menghitung dan merancang alinemen vertikal jalan (C3, C6, A2, P1) Sub CPMK 6 : Mampu merancang koordinasi alinemen (C6, A2, P1) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Perencanaan Geometrik mempelajari antara lain : Komponen utama dan pendukung pada jalan, Parameter perencanaan geometrik jalan (kendaraan rencana, kecepatan rencana, volume lalu lintas, tingkat pelayanan jalan, jarak pandang aman), Perencanaan alinyemen horisontal, perencanaan alinyemen vertikal, Koordinasi alinyemen horisontal dan alinyemen vertikal, dan Stasioning | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Kriteria perencanaan geometrik jalan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mohamad Isram M. Ain, |
Mata Kuliah |
Perencanaan Geometrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ240817 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan kriteria perencanaan geometrik jalan (C2, A1) |
Ketepatan menjelaskan definisi dan klasifikasi jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah di kelas Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : [1], [3], [4] |
1 |
|||
2 | Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan kriteria perencanaan geometrik jalan (C2, A1) |
Ketepatan menjelaskan karakteristik jalan dan karakteristik lalu lintas |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah di kelas Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : [1], [3], [4] |
1 |
|||
3 | Sub CPMK 2 : Mampu menunjukkan penampang melintang jalan (C3,A2) |
Ketepatan menentukan profil penampang melintang jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah di kelas Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Penampang Melintang Jalan Pustaka : [1], [3], [4] |
2 |
|||
4 | Sub CPMK 3 : Mampu merancang trase jalan (C6, A2, P1) |
Ketepatan dalam menetapkan trase jalan terpilih |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Trase Jalan Pustaka : [1],[2], [3], [4] |
5 |
|||
5 | Sub CPMK 4 : Mampu menghitung dan merancang alinemen horisontal jalan (C3, C6, A2, P1) |
Ketepatan menghitung gaya sentrifungal |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Gaya Senrifungal
Pustaka : [1],[2], [3], [4] |
3 |
|||
6 | Sub CPMK 4 : Mampu menghitung dan merancang alinemen horisontal jalan (C3, C6, A2, P1) |
Ketepatan menghitung jarak pandang |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Jarak Pandang
Pustaka : [1],[2], [3], [4] |
3 |
|||
7 | Sub CPMK 4 : Mampu menghitung dan merancang alinemen horisontal jalan (C3, C6, A2, P1) |
Ketepatan menghitung lengkung peralihan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Gaya Senrifungal
Pustaka : [1],[2], [3], [4] |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub CPMK 4 : Mampu menghitung dan merancang alinemen horisontal jalan (C3, C6, A2, P1) |
ketepatan merancang tikungan jenis full circle (FC) |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Tikungan Full Circle
Pustaka : [1],[2], [3], [4], [5] |
3 |
|||
10 | Sub CPMK 4 : Mampu menghitung dan merancang alinemen horisontal jalan (C3, C6, A2, P1) |
ketepatan merancang tikungan jenis spiral circle spiral (SCS) |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Tikungan Spiral Circle Spiral
Pustaka : [1],[2], [3], [4], [5] |
3 |
|||
11 | Sub CPMK 4 : Mampu menghitung dan merancang alinemen horisontal jalan (C3, C6, A2, P1) |
Ketepatan merancang tikungan jenis spiral spiral (SS) |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Tikungan Spiral Spiral
Pustaka : [1],[2], [3], [4], [5] |
3 |
|||
12 | Sub CPMK 4 : Mampu menghitung dan merancang alinemen horisontal jalan (C3, C6, A2, P1) |
Ketepatan merancang pelebaran perkerasan jalan pada tikungan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Pelebaran Perkerasan Pada TIkungan Jalan
Pustaka : [1],[2], [3], [4], [5] |
2 |
|||
13 | Sub CPMK 5 : Mampu menghitung dan merancang alinemen vertikal jalan (C3, C6, A2, P1) |
Ketepatan menghitung kelandaian pada rencana trase jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Kelandaian Kontur
Pustaka : [1],[2], [3], [4], [5] |
2 |
|||
14 | Sub CPMK 5 : Mampu menghitung dan merancang alinemen vertikal jalan (C3, C6, A2, P1) |
Ketepatan merancang lengkung vertikal cembung dan cekung pada rencana desain jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri) |
Materi Pembelajaran : Alinemen Vertikal Cembung dan Cekung
Pustaka : [1],[2], [3], [4], [5] |
5 |
|||
15 | Sub CPMK 6 : Mampu merancang koordinasi alinemen (C6, A2, P1) |
Ketepatan merancang koordinasi alinemen horisontal dan vertikal jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Project Based Learning (PjBL) Estimasi waktu: 170 menit x 2 sks = 340 menit (100 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, dan 120 menit belajar mandiri |
Materi Pembelajaran : Koordinasi Alinemen
Pustaka : [1],[2], [3], [4], [5] |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
35 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mohamad Isram M. Ain lahir di Kali pada tanggal 05-03-1989 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|