.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ali.abrar@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:23 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Electric Drive & Elektronics Control System |
PAB2425 |
1 |
2 |
3 |
70 |
4 |
19-03-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ali Abrar S.Si., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197702032015041003 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) (KK-4) Mampu melakukan pengujian, penyetelan, dan menganalisa pada system-system alata berat berdasarkan service literature (KK-5) Mampu melakukan proses melepas dan memasang komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-6) Mampu melakukan proses membongkar dan merakit komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-7) Mampu melakukan pemeriksaan visual dengan menggunakan checklist dan service literature kebocoran, kerusakan struktur, kelainan suara, kelainan gas buang, kelainan system dengan memperhatikan K3L (KK-8) Mampu melakukan diagnose dan pemecahan masalah sederhana pada unit alat berat dengan memperhatikan konsep troubleshooting dengan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Memeriksa berbagai aplikasi di area dimana penggunaan electric drive sangat penting. Mengklasifikasikan jenis sistem electric drive berdasarkan sifat beban, tujuan kontrol, kinerja, dan keandalan Menggabungkan konsep mesin listrik, kontrol dan elektronika daya untuk memenuhi kebutuhan otomasi di industri Memilih jenis dan spesifikasi kombinasi penggerak motor yang paling sesuai untuk konversi dan kontrol tenaga listrik yang efisien. Mengidentifikasi area kritis di tingkat aplikasi, dan mendapatkan solusi spesifik. Merancang dan menguji kontrol baru dan skema konversi daya untuk menerapkan solusi alternatif dengan mempertimbangkan masalah kritis dan kontemporer. Mengetahui komponen, fungsi dan maintenance electronic control system. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan konsep, klasifikasi dan keuntungan electric drive dengan sistematis (C2, A3) Mampu menguraikan model, klasifikasi dan metode motor power rating dengan sumber rujukan bermutu (C2, A4) Mampu menunjukkan komponen starting and breaking of electric drives dengan kinerja mandiri (C3,P2,A3) Mampu memilih dan membandingkan DC, induction dan synchronous motor drives dengan terukur (C4,A4) Mampu merancang aplikasi electric drive dalam bidang alat berat dengan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (C6,A3, P3) Mampu menjelaskan konsep dasar electronic control system dengan sistematis (C2, A3) Mampu menguraikan komponen serta fungsi-fungsi electronic control system dengan sumber rujukan bermutu (C2, P2,A4) Mampu mendiagnosis dan menganalisis proses maintenance dan troubleshooting electronic control system dengan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (C4,A3, P3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Electric Drive & Electronics Control System mempelajari sistem penggerak listrik dan kontrol yang tepat untuk kebutuhan Industri sesuai dengan spesifikasi dan desain yang diberikan dalam skala laboratorium dengan menggunakan berbagai teori mekanika, elektronika dan sistem pengendalian otomatis. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengenalan Electric Drive |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :Ā Modul, Buku Referensi, Proyektor, laptop/notebook, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru), alat tulis serta alat praktek. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ali Abrar, |
Mata Kuliah |
Electric Drive & Elektronics Control System |
|||
Kode Mata Kuliah |
PAB2425 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||||||
1,2 | Mampu menjelaskan konsep, klasifikasi dan keuntungan electric drive dengan sistematis (C2, A3) |
|
Kriteria: Pedoman penskoran (marking Scheme) Teknik non-test: Meringkas materi kuliah Teknik non-test: Kuis-1: Soal Pilihan Ganda |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu: [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] PB = Proses Belajar, PT = Penugasan Terstruktur, KM = Kegiatan Mandiri T = Teori, P = Praktek |
Sosialisasi Perkuliahan dan Pendahuluan [1] hal.: 1 - 13 |
2 |
||||||
Mampu menjelaskan konsep, klasifikasi dan keuntungan electric drive dengan sistematis (C2, A3) |
|
Kriteria: Pedoman penskoran (marking Scheme) Teknik non-test: Meringkas materi kuliah Teknik test: Kuis-2: Soal Pilihan Ganda |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Pengenalan Electric Drive [2] hal.: 1 - 11 |
3 |
|||||||
3 | Mampu menguraikan model, klasifikasi dan metode motor power rating dengan sumber rujukan bermutu (C2, A4) |
|
Kriteria: Rubrik Holistik Teknik non-test: Meringkas materi kuliah Teknik test: Kuis-3: soal esai |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Motor Power Rating [3] hal.: 466 - 496 [4] hal.: 137 - 164 |
3 |
||||||
4,5 | Mampu menunjukkan komponen starting and breaking of electric drives dengan kinerja mandiri (C3,P2,A3) |
Ketepatan menjelaskan pengaruh starting pada power supply, motor, dan beban serta metode menyalakan motor listrik. |
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik non-test:
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Starting of Electric Drive [4] hal.: 89 - 106 |
3 |
||||||
Mampu menunjukkan komponen starting and breaking of electric drives dengan kinerja mandiri (C3,P2,A3) |
Ketepatan menjelaskan tipe-tipe dan bagaimana melakukan breaking pada Motor DC. |
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik non-test:
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Breaking of Electric Drive [4] hal.: 107 - 136 |
3 |
|||||||
6 | Mampu memilih dan membandingkan DC, induction dan synchronous motor drives dengan terukur (C4,A4) |
|
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik non-test:
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Sistem penggerak DC motor [5] hal.: 188 - 227 [6] hal.: 36 - 173 [7] hal.: 307 - 534 |
3 |
||||||
7 | Mampu merancang aplikasi electric drive dalam bidang alat berat dengan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (C6,A3, P3) |
Ketepatan menjelaskan aplikasi electric drive dalam bidang alat berat. |
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik non-test:
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Aplikasi electric drive dalam bidang alat berat. [8] hal.: 59 -74 |
5 |
||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
||||||||||
9 | Mampu menjelaskan konsep dasar electronic control system dengan sistematis (C2, A3) |
|
Kriteria: Pedoman penskoran (marking Scheme) Teknik non-test: Meringkas materi kuliah Teknik test: Kuis-4: Soal Pilihan Ganda |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Pengenalan Electronic Control System [8] hal.: 112 - 139 |
3 |
||||||
10 | Mampu menjelaskan konsep dasar electronic control system dengan sistematis (C2, A3) |
|
Kriteria: Pedoman penskoran (marking Scheme) Teknik non-test: Meringkas materi kuliah Teknik test: Kuis-5: Soal Essai |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Komponen dan rangkaian electronic control system. [8] hal.: 112 -139 |
5 |
||||||
11,12,13,14 | Mampu menguraikan komponen serta fungsi-fungsi electronic control system dengan sumber rujukan bermutu (C2, P2,A4) |
|
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik non-test:
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Engine/Pump/valve composite control function. [9] hal.: 200 - 206 |
5 |
||||||
Mampu menguraikan komponen serta fungsi-fungsi electronic control system dengan sumber rujukan bermutu (C2, P2,A4) |
|
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik non-test:
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
One-touch power maximizing & Auto-deceleration function [9] hal.: 207 - 210 |
5 |
|||||||
Mampu menguraikan komponen serta fungsi-fungsi electronic control system dengan sumber rujukan bermutu (C2, P2,A4) |
|
Kriteria:
Bentuk non-test:Tutorial |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Auto-warm-up/Overheat prevention & Swing control functio [9] hal.: 211 - 214 |
5 |
|||||||
Mampu menjelaskan konsep dasar electronic control system dengan sistematis (C2, A3) |
|
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik non-test:
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Travel control function & ATT flow control, circuit selector function [9] hal.: 215 - 217 |
5 |
|||||||
15 | Mampu mendiagnosis dan menganalisis proses maintenance dan troubleshooting electronic control system dengan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (C4,A3, P3) |
|
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik non-test:
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : [PB:1Tx(1sks x 50')+2Px(2sksx50')] [PT:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] [KM:1Tx(1sks x 60')+2Px(2sksx60')] |
Maintenance serta traoubleshooting electronic control system
|
5 |
||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
||||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ali Abrar lahir di Curup pada tanggal 3 Februari 1977 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|