.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:chardina.dianovita@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:10 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
ILMU GIZI LANJUTAN |
TB120515 |
2 |
1 |
3 |
70 |
2 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Chardina Dianovita S.Gz., M.Gz. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 198703162019032007 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-5) Menguasai penentuan kandungan gizi makanan dan minuman |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yangs esuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif (KK-16) Mampu melakukan evaluasi etrhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu memproses dan menciptakan menu makanan bergizi sesuai dengan jenis penyakit yang diderita |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan tentang pola budaya terhadap makanan Mampu menjelaskan tentang malnutrisi Mampu menjelaskan tentang diet makanan biasa, makanan lunak, dan makanan cair Mampu menjelaskan tentang Diet Tinggi Kalori dan Tinggi Protein (TKTP), Diet Rendah Sisa, dan Diet Rendah Serat Mampu menjelaskan tentang Diet Rendah Garam dan Diet Penyakit Jantung Mampu menjelaskan tentang Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia Mampu menjelaskan tentang Diet Penyakit Saluran Cerna Mampu menjelaskan tentang Diet Diabetes Mellitus dan Diet Gangguan Ginjal Mampu menjelaskan tentang Diet Rendah Purin Mampu mengolah menu Diet TKTP, Diet Rendah Sisa dan Rendah Serat Mampu mengolah menu Diet Rendah Garam dan Diet Penyakit Jantung Mampu mengolah menu Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia Mampu mengolah menu Diet Saluran Cerna Mampu mengolah menu Diet DM, Gangguan Ginjal dan Rendah Purin |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah ILMU GIZI LANJUTAN mempelajari tentang kebutuhan gizi seseorang sesuai dengan keadaan penyakit yang dideritanya | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Antropologi Gizi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Almatsier, S. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Gibson, R.S. 2005. Principle of Nutritional and Assessment. New York: Oxford University Press Khomsan, A. 2004. Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LCD, Laptop |
|||||||
Dosen Pengampu |
Chardina Dianovita, |
Mata Kuliah |
ILMU GIZI LANJUTAN |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB120515 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan tentang pola budaya terhadap makanan |
Ketepatan menjelaskan tentang pola budaya terhadap makanan (interaktif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : review artikel dan merangkum materi |
TM : 2 x 50' Praktek : 1 x 170' (Mereview artikel/jurnal tentang sosioantropologi gizi) TT : 3 x 60' (menyusun ringkasan materi terkait sosioantopologi gizi) BM : 3x 60'
|
Sosiologi dan Antropologi Gizi |
2 |
|||
2 | Mampu menjelaskan tentang malnutrisi |
Ketepatan menjelaskan tentang malnutrisi (interaktif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : review artikel dan merangkum materi |
TM : 2 x 50' Praktek : 1 x 170' (Mereview artikel/jurnal tentang malnutrisi) TT : 3 x 60' (menyusun ringkasan materi terkait malnutrisi) BM : 3x 60' |
Malnutrisi Status Gizi |
2 |
|||
3 | Mampu menjelaskan tentang diet makanan biasa, makanan lunak, dan makanan cair |
Ketepatan menganalisis tentang diet makanan biasa, makanan lunak, dan makanan cair (interaktif dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : membuat contoh menu diet makanan biasa, makanan lunak, dan makanan cair |
TM : 2 x 50' Praktek : 1 x 170' (Membuat contoh menu diet makanan biasa, makanan lunak, dan makanan cair) TT : 3 x 60' (laporan tertulis) BM : 3x 60' |
Diet Makanan Biasa Diet Makanan Lunak Diet Makanan Cair |
3 |
|||
4 | Mampu menjelaskan tentang Diet Tinggi Kalori dan Tinggi Protein (TKTP), Diet Rendah Sisa, dan Diet Rendah Serat |
Ketepatan menganalisis tentang Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP), Diet Rendah Sisa, dan Diet Rendah Serat (interaktif dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : membuat contoh menu Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP), Diet Rendah Sisa, dan Diet Rendah Serat |
TM : 2 x 50' Praktek : 1 x 170' (Membuat contoh menu Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP), Diet Rendah Sisa, dan Diet Rendah Serat) TT : 3 x 60' (laporan tertulis) BM : 3x 60' |
Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP) Diet Rendah Sisa Diet Rendah Serat |
3 |
|||
5 | Mampu menjelaskan tentang Diet Rendah Garam dan Diet Penyakit Jantung |
Ketepatan menganalisis tentang Diet Rendah Garam (RG) dan Diet Penyakit Jantung (interaktif dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : membuat contoh menu Diet Rendah Garam (RG) dan Diet Penyakit Jantung |
TM : 2 x 50' Praktek : 1 x 170' (Membuat contoh menu Diet Rendah Garam (RG) dan Diet Penyakit Jantung) TT : 3 x 60' (laporan tertulis) BM : 3x 60' |
Diet Rendah Garam Diet Penyakit Jantung |
3 |
|||
6 | Mampu menjelaskan tentang Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia |
Ketepatan menganalisis tentang Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia (interaktif dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : membuat contoh menu Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia |
TM : 2 x 50' Praktek : 1 x 170' (Membuat contoh menu Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia) TT : 3 x 60' (laporan tertulis) BM : 3x 60' |
Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia |
3 |
|||
7 | Mampu menjelaskan tentang Diet Penyakit Saluran Cerna |
Ketepatan menganalisis tentang Diet Penyakit Saluran Cerna (interaktif dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : membuat contoh menu Diet Penyakit Saluran Cerna |
TM : 2 x 50' Praktek : 1 x 170' (Membuat contoh menu Diet Penyakit Saluran Cerna) TT : 3 x 60' (laporan tertulis) BM : 3x 60' |
Diet Saluran Cerna |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu menjelaskan tentang Diet Diabetes Mellitus dan Diet Gangguan Ginjal |
Ketepatan menganalisis tentang Diet Diabetes Mellitus dan Diet Gangguan Ginjal (interaktif dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : membuat contoh menu Diet Diabetes Mellitus dan Diet Gangguan Ginjal |
TM : 2 x 50' Praktek : 1 x 170' (Membuat contoh menu Diet Diabetes Mellitus dan Diet Gangguan Ginjal) TT : 3 x 60' (laporan tertulis) BM : 3x 60' |
Diet Diabetes Mellitus Diet Gangguan Ginjal |
3 |
|||
10 | Mampu menjelaskan tentang Diet Rendah Purin |
Ketepatan menganalisis tentang Diet Rendah Purin (interaktif dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : membuat contoh menu Diet Rendah Purin |
TM : 2 x 50' Praktek : 1 x 170' (Membuat contoh menu Diet Rendah Purin) TT : 3 x 60' (laporan tertulis) BM : 3x 60' |
Diet Rendah Purin |
3 |
|||
11 | Mampu mengolah menu Diet TKTP, Diet Rendah Sisa dan Rendah Serat |
Ketepatan dalam mengolah menu untuk Diet TKTP, Diet Rendah Sisa dan Diet Rendah Serat (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk penilaian : jobsheet praktikum Praktek : Mengolah menu untuk Diet TKTP, Diet Rendah Sisa dan Diet Rendah Serat |
Praktek: 3 x 170' (mengolah menu) TT : 3 x 60' (menyusun laporan hasil praktikum) BM : 3 x 60 |
Praktek Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP) Praktek Diet Rendah Sisa Praktek Diet Rendah Serat |
5 |
|||
12 | Mampu mengolah menu Diet Rendah Garam dan Diet Penyakit Jantung |
Ketepatan dalam mengolah menu untuk Diet Rendah Garam dan Diet Penyakit Jantung (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk penilaian : jobsheet praktikum Praktek : Mengolah menu untuk Diet Rendah Garam dan Diet Penyakit Jantung |
Praktek: 3 x 170' (mengolah menu) TT : 3 x 60' (menyusun laporan hasil praktikum) BM : 3 x 60 |
Praktek Diet Rendah Garam Praktek Diet Penyakit Jantung |
5 |
|||
13 | Mampu mengolah menu Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia |
Ketepatan dalam mengolah menu untuk Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk penilaian : jobsheet praktikum Praktek : Mengolah menu untuk Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia |
Praktek: 3 x 170' (mengolah menu) TT : 3 x 60' (menyusun laporan hasil praktikum) BM : 3 x 60 |
Praktek Diet Obesitas, Kolesterol, dan Dislipidemia |
5 |
|||
14 | Mampu mengolah menu Diet Saluran Cerna |
Ketepatan dalam mengolah menu untuk Diet Saluran Cerna (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk penilaian : jobsheet praktikum Praktek : Mengolah menu untuk Diet Saluran Cerna |
Praktek: 3 x 170' (mengolah menu) TT : 3 x 60' (menyusun laporan hasil praktikum) BM : 3 x 60 |
Praktek Diet Saluran Cerna |
5 |
|||
15 | Mampu mengolah menu Diet DM, Gangguan Ginjal dan Rendah Purin |
Ketepatan dalam mengolah menu untuk Diet DM, Gangguan Ginjal, dan Diet Rendah Purin (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk penilaian : jobsheet praktikum Praktek : Mengolah menu untuk Diet DM, Gangguan Ginjal, dan Diet Rendah Purin |
Praktek: 3 x 170' (mengolah menu) TT : 3 x 60' (menyusun laporan hasil praktikum) BM : 3 x 60 |
Praktek Diet DM Praktek Diet Gangguan Ginjal Praktek Diet Rendah Purin |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Chardina Dianovita lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|