.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:masrul.huda@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:13 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Inggris Profesi |
TE360122 |
2 |
0 |
2 |
56 |
6 |
25-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Masrul Huda M.A. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198810072018031001 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-9) Mampu menerapkan regulasi K3 diberbagai sektor tempat kerja |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mahasiswa mampu untuk mempersiapkan dan membuat dokumen yang diperlukan dalam Job Getting CPMK 2: Mahasiswa mampu untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan wawancara CPMK 3: Mahasiswa mampu untuk memahami materi yang berkaitan dengan tes TOEIC CPMK 4: Mahasiswa mampu untuk menjawab soal-soal dalam tes TOEIC |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu untuk memahami sikap yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja Sub CPMK 2: Mampu mencari lowongan pekerjaan yang kredible Sub CPMK 3: Mampu untuk membuat surat lamaran pekerjaan Sub CPMK 4: Mampu untuk membuat Resume Sub CPMK 5: Mampu untuk membuat Curriculum Vitae Sub CPMK 6: Mampu untuk memahami hal yang berkaitan dengan wawancara kerja Sub CPMK 7: Mampu untuk menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja Sub CPMK 8: Mampu untuk memahami konsep Noun Sub CPMK 9: Mampu untuk memahami konsep Adjective Sub CPMK 10: Mampu untuk memahami konsep Adverb Sub CPMK 11: Mampu untuk memahami konsep Verb Sub CPMK 12: Mampu untuk menjawab soal dalam tes TOEIC - Listening Part Sub CPMK 13: Mampu untuk menjawab soal dalam tes TOEIC - Reading Part |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Inggris III mempelajari mengenai hal yang berkaitan dengan Job Getting dan tes TOEIC | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sikap yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja |
|||||||
Pustaka |
1. Dalton, Steve. (2020). The 2-Hour Job Search: Using Technology to Get The Right Job Faster. USA: Ten Speed Press
2. Dan, Clay. (2018). How to Write The Perfect Resume: Stand Out, Land Interviews, and Get The Job You Want. UK: Book Depository International
3. Innes, James. (2012). The Cover Letter Book. UK: FtPr
4. Kelley, Thea. (2021). The Quick and Complete Guide to a Winning Interview. USA: Plovercrest Press
5. Roberts, David. (2014) How to Write a Cover Letter for Job Applications. USA: Bookbaby
6. Azar, Betty Schrampher. (2002). Understanding and Using English Grammar, 3rd Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. 7. Azar, Betty Schrampher. (1993). Fundamentals of English Grammar, 2nd Edition. Jakarta: Binarupa Aksara 8. Eastwood, J. (1996). Oxford Practice Grammar. Oxford: Oxford University Press
9. ETS. (2015). The New TOEIC Official Test Preparation Guide. Jakarta: PT International Test Center
10. Ibbotson, Mark. (2009). Professional English in Use. Oxford: Cambridge University Press
11. Murphy, Raymond. (1995). English Grammar in Use. Great Britain: Cambridge University Press
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Laptop, LCD, Marker, Whiteboard |
|||||||
Dosen Pengampu |
Masrul Huda, |
Mata Kuliah |
Bahasa Inggris Profesi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE360122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu untuk memahami sikap yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja |
Ketepatan dalam menentukan sikap yang diperlukan dalam hal persiapan memasuki dunia kerja |
Sikap dan Keaktifan |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Safety Induction & Prokes Sikap dalam Job Getting
#Pustaka 1 |
1 |
|||
2 | Mampu mencari lowongan pekerjaan yang kredible |
Ketepatan untuk mencari dan menganalisa job position dalam sebuah iklan lowongan pekerjaan yang kredibel |
Sikap dan Keaktifan Tugas 1 (Mencari iklan lowongan pekerjaan) |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh lowongan pekerjaan yang kredibel #Pustaka 1 |
5 |
|||
3 | Mampu untuk membuat surat lamaran pekerjaan |
Ketepatan dalam membuat surat lamaran pekerjaan dengan format yang sesuai dan serta menggunakan tata bahasa dan diksi yang baku di dalam Bahasa Inggris |
Sikap dan Keaktifan Tugas 2 (Membuat surat lamaran pekerjaan) |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik
|
Contoh surat lamaran pekerjaan #Pustaka 3 #Pustaka 5 |
5 |
|||
4 | Mampu untuk membuat Resume |
Ketepatan dalam membuat Resume dengan menggunakan format dan tata bahasa yang baku |
Sikap dan Keaktifan Tugas 3 (Membuat Resume) |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh Resume #Pustaka 2 |
5 |
|||
5 | Mampu untuk membuat Curriculum Vitae |
Ketepatan dalam membuat Curriculum Vitae dengan menggunakan format dan tata bahasa yang baku |
Sikap dan Keaktifan Tugas 4 (Membuat Curriculum Vitae) |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh Curriculum Vitae #Pustaka 2 |
5 |
|||
6 | Mampu untuk memahami hal yang berkaitan dengan wawancara kerja |
Ketepatan untuk bersikap dalam hal persiapan wawancara kerja |
Sikap dan Keaktifan |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Sikap dan Performance untuk persiapan wawancara kerja #Pustaka 4 |
2 |
|||
7 | Mampu untuk menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja |
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja |
Sikap dan Keaktifan Roleplay |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi - Roleplay Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Pertanyaan dalam wawancara kerja #Pustaka 4 |
10 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu untuk memahami konsep Noun |
Ketepatan dalam menggunakan Noun dalam konteks kalimat |
Sikap dan Keaktifan |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Noun dan contoh soal yang berkaitan dengan Noun #Pustaka 6 |
2 |
|||
10 | Mampu untuk memahami konsep Adjective |
Ketepatan dalam menggunakan Adjective dalam konteks kalimat |
Sikap dan Keaktifan |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Adjective dan contoh soal yang berkaitan dengan Adjective #Pustaka 7 |
2 |
|||
11 | Mampu untuk memahami konsep Adverb |
Ketepatan dalam menggunakan Adverb dalam konteks kalimat |
Sikap dan Keaktifan |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Adverb dan contoh soal yang berkaitan dengan Adverb #Pustaka 8 |
2 |
|||
12 | Mampu untuk memahami konsep Verb |
Ketepatan dalam menggunakan Verb dalam konteks kalimat |
Sikap dan Keaktifan |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Verb dan contoh soal yang berkaitan dengan Verb #Pustaka 11 |
2 |
|||
13 | Mampu untuk menjawab soal dalam tes TOEIC - Reading Part |
Ketepatan dalam menjawab soal dalam tes TOEIC di bagian Reading - Short Passages |
Sikap dan Keaktifan |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh soal Short Passages dalam tes TOEIC - Reading Part #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
3 |
|||
14 | Mampu untuk menjawab soal dalam tes TOEIC - Reading Part |
Ketepatan dalam menjawab soal dalam tes TOEIC di bagian Reading - Long Passages |
Sikap dan Keaktifan Tugas 5 (Menjawab soal Reading Comprehension Test) |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh soal Long Passages dalam tes TOEIC - Reading Part #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
3 |
|||
15 | Mampu untuk menjawab soal dalam tes TOEIC - Listening Part |
Ketepatan dalam menjawab soal dalam tes TOEIC di bagian Listening |
Sikap dan Keaktifan Tugas 6 (Menjawab soal Listening Comprehension Test) |
TM (2x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh soal dalam tes TOEIC - Listening Part #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Masrul Huda lahir di Kediri pada tanggal 07-10-1988 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|