.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mohamad.isram@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:03 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Praktek Perkerasan Jalan |
JJ360617 |
0 |
2 |
2 |
84 |
6 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198903052022031010 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-4) Menguasai perkembangan teknologi khususnya di bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-9) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi konstruksi jalan dan jembatan (P-10) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) konstruksi jalan dan jembatan di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-3) Mampu mengelola survey (merencanakan, mengimplementasikan, mengendalikan) dan interpretasi data (tata guna lahan, kontur, lalu lintas, hidrologi), uji dan analisa kelaikan tanah (geoteknik), uji dan analisa material, untuk menghasilkan perancangan teknik rinci sesuai dengan norma-standar-pedoman dan manual 3 (KK-11) Mampu meningkatkan kinerja proses perancangan dan pelaksanaan konstruksi melalui pengujian, pengukuran, analisis dan interpretasi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
1. Mampu membuat job mix design bahan perkerasan jalan lentur berdasarkan standar yang berlaku 2. Mampu melaukan pemeriksaan struktur perkerasan jalan lentur |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan jenis alat dan bahan yang digunakan dalam pelaksanaan perkerasan jalan [C2, A2] Sub CPMK 2 : Mampu melakukan pengujian sifat-sifat fisis aspal serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] Sub CPMK 3 : Mampu melakukan pengujian sifat-sifat fisis agregat campuran aspal serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] Sub CPMK 4 : Mampu melakukan pengujian campuran perkerasan jalan lentur serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] Sub CPMK 5 : Mampu melakukan pengujian strukrural perkerasan jalan lentur serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Praktek Perkerasan Jalan melaukan praktikum tentang pengujian material penyusun perkerasan lentur. Mahasiswa melakukan observasi dan pengujian agregat kasar, agregat halus, filler, dan aspal. Mahasiswa merancang benda uji dan mencampurnya. Mahasiswa melakukan pengujian Marshall untuk mendapatkan nilai stabilitas dan kelenturan campuran yang dirancang | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengujian Aspal: Daktilitas, berat jenis aspal, penetrasi, titik nyala, titik lembek |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Bina Marga. (2010). Spesifikasi Umum 2010 Divisi 6 Revisi 3. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta 2. Laboratorium Jalan dan Transportasi. (2022). Pedoman Praktikum Perkerasan Jalan. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Balikpapan, Balikpapan.
3. Saodang, H. (2005). Konstruksi Jalan Raya: Perancangan Perkerasan Jalan Raya. Nova, Bandung |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD Projector 2. Alat-Alat Praktikum Perkerasan Jalan |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mohamad Isram M. Ain, |
Mata Kuliah |
Praktek Perkerasan Jalan |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ360617 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan jenis alat dan bahan yang digunakan dalam pelaksanaan perkerasan jalan [C2, A2] |
|
Kriterian : Ketepatan dalam menjelaskan fungsi alat serta fungsi dan jenis bahan pelaksanaan perkerasan jalan Bentuk Penilaian Diskusi penguasaan materi |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran langsung dengan ceramah dan diskusi Estimasi Waktu 4 x 50 menit |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : [1], [2] |
1 |
|||
2 | Sub CPMK 2 : Mampu melakukan pengujian sifat-sifat fisis aspal serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Penetrasi Aspal Pustaka : [1]. [2], [3] |
2 |
|||
3 | Sub CPMK 2 : Mampu melakukan pengujian sifat-sifat fisis aspal serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Titik Lembek Aspal
Pustaka : [1]. [2], [3] |
3 |
|||
4 | Sub CPMK 2 : Mampu melakukan pengujian sifat-sifat fisis aspal serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Berat JenisAspal
Pustaka : [1]. [2], [3] |
3 |
|||
5 | Sub CPMK 2 : Mampu melakukan pengujian sifat-sifat fisis aspal serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Rolling Thin-Film Ovens Test
Pustaka : [1]. [2], [3] |
3 |
|||
6 | Sub CPMK 2 : Mampu melakukan pengujian sifat-sifat fisis aspal serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Daktalitas Aspal
Pustaka : [1]. [2], [3] |
3 |
|||
7 | Sub CPMK 3 : Mampu melakukan pengujian sifat-sifat fisis agregat campuran aspal serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Analisis Saringan Agregat Halus dan Agregat Kasar
Pustaka : [1]. [2], [3] |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
15 |
|||||||
9 | Sub CPMK 3 : Mampu melakukan pengujian sifat-sifat fisis agregat campuran aspal serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Berat Jenis dan Penyerapan Agregat Kasar
Pustaka : [1]. [2], [3] |
3 |
|||
10 | Sub CPMK 3 : Mampu melakukan pengujian sifat-sifat fisis agregat campuran aspal serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Keausan Agregat Kasar
Pustaka : [1]. [2], [3] |
3 |
|||
11 | Sub CPMK 4 : Mampu melakukan pengujian campuran perkerasan jalan lentur serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Job Mix Design Campuran Perkerasa Jalan Lentur
Pustaka : [1]. [2], [3] |
7 |
|||
12 | Sub CPMK 4 : Mampu melakukan pengujian campuran perkerasan jalan lentur serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Pengujian Campuran Perkerasan Menggunakan Metode Marshall
Pustaka : [1]. [2], [3] |
4 |
|||
13 | Sub CPMK 5 : Mampu melakukan pengujian strukrural perkerasan jalan lentur serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Project Based Learning Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Pengujian Kerapatan Perkerasan Lentur
Pustaka : [1]. [2], [3] |
10 |
|||
14 | Sub CPMK 5 : Mampu melakukan pengujian strukrural perkerasan jalan lentur serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Project Based Learning Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Pengujian Kelendutan Perkerasan Lentur Menggunakan LWD
Pustaka : [1]. [2], [3] |
10 |
|||
15 | Sub CPMK 5 : Mampu melakukan pengujian strukrural perkerasan jalan lentur serta mampu menganalisis hasil pengujian [C3, C4, A2, P1] |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Project Based Learning Estimasi Waktu : 4 x 50 Menit |
Materi : Pengujian Kelendutan Perkerasan Lentur Menggunakan FWD
Pustaka : [1]. [2], [3] |
15 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mohamad Isram M. Ain lahir di Kali pada tanggal 05-03-1989 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|