.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:aryati.muhaymin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:55 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Termodinamika |
AB120622 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
14-03-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Aryati Muhaymin Marali S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199209062022032009 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1 : Mampu menjelaskan pengertian Thermodinamika CPMK2 : Mampu menjelaskan Hukum thermodinamika CPMK3 : Mampu memahami prinsip Kalor CPMK4 : Mampu memahami perpindahan panas CPMK6 : Mampu memahami prinsip termodinamika mesin kalor CPMK7 : Mampu memahami prinsip thermodinamika reversible dan irreversible CPMK8 : Mampu memahami prinsip pengaplikasian hukum thermodinamika |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1 - Mampu menjelaskan pengertian dasar thermodinamika (CPMK 1) (S-9 , P-1) Sub CPMK2 - Mampu menjelaskan hukum thermodinamika I (CPMK 2) (S-9 , P-1 ) Sub CPMK3 - Mampu memahami kalor dan energi (CPMK 3) (S-9 , P-1 ) Sub CPMK4 - Mampu memahami dan menjelaskan pengertian perpindahan panas (CPMK 4) (S-9 , P-1 ) Sub CPMK5 - Mampu menjelaskan pengertian gas ideal (CPMK 6) (S-9 , P-1) Sub CPMK6 : Mampu melakukan perhitungan efisiensi mesin (CPMK 6) (S-9 , P-1, KK-1) Sub CPMK7 : Mampu memahami pengertian proses thermodinamika pada mesin kalor (CPMK 6) (S-9 , P-1) Sub CPMK8 : Mampu memahami dan menjelaskan adiabatik dan isothermal (CPMK 2) (CPMK 6) (S-9 , P-1) Sub CPMK9 : Mampu memahami dan menjelaskan mengenai proses thermodinamika revesible dan irreversible (CPMK 7) (S-9 , P-1) Sub CPMK10 : Mampu memahami dan menjelaskan hukum thermodinamika II (CPMK 2) (S-9 , P-1) Sub CPMK 11 : Mampu memahami prinsip dari entropi (CPMK 2) (S-9 , P-1) Sub CPMK 12 : Mampu memahami aplikasi hukum thermodinamika (CPMK8) (S-9 , P-1, KU-1, KK-1) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Termodinamika mempelajari tentang dasar hukum thermodinamika I dan II. Pada thermodinamika mempelajari ilmu thermodinamika dan mengaplikasikan secara langsung pada motor bakar, serta dapat menganalisa bagaimana proses perpindahan panas yang terjadi pada saat motor bakar bekerja. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Hukum thermodinamika I |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Cengel, Yunus A. etc. Thermodynamics : an engineering approach. 2017. Ed.5th 2. Cengel, Yunus A. etc. Heat Transfer: an engineering approach. 2002. Ed.2nd |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Video pembelajaran Slides Audio pembelajaran Alat : Laptop LCD Perangkat audio-visual Kertas karton Alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Aryati Muhaymin Marali, |
Mata Kuliah |
Termodinamika |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB120622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1 - Mampu menjelaskan pengertian dasar thermodinamika (CPMK 1) (S-9 , P-1) |
Ketepatan dalam menjelaskan pengertian thermodinamika |
Kriteria : Ketepatan dalam menjelaskan pengertian prinsip thermodinamika Bentuk non-test : Diskusi
|
Metode Pembelajaran :
|
Prinsip dasar thermodinamika
1 (chapter 1; hal.1-5) |
2 |
|||
2 | Sub CPMK2 - Mampu menjelaskan hukum thermodinamika I (CPMK 2) (S-9 , P-1 ) |
Ketepatan dalam memahami dan menjelaskan hukum termodinamika I |
Kriteria : Ketepatan dalam menjelaskan pengertian hukum thermodinamika I dan penyelesaian perhitungannya Bentuk test : Tugas Tertulis Bentuk non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran :
|
Hukum thermodinamika I 1 (chapter 2-6 ; hal.70-78) |
2 |
|||
3 | Sub CPMK3 - Mampu memahami kalor dan energi (CPMK 3) (S-9 , P-1 ) |
|
Kriteria :
Bentuk Penilaian non-test: Diskusi |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Kalor
1 (chapter 2-3; Hal. 60-62) |
2 |
|||
4 | Sub CPMK3 - Mampu memahami kalor dan energi (CPMK 3) (S-9 , P-1 ) |
|
Kriteria :
Bentuk Penilaian non-test: Diskusi |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Energi
1 (Chapter 2-4; Hal. 62 - 65) |
2 |
|||
5 | Sub CPMK4 - Mampu memahami dan menjelaskan pengertian perpindahan panas (CPMK 4) (S-9 , P-1 ) |
Memahami dan menjelaskan pengertian perpindahan panas |
Kriteria :
Bentuk Test : Kuis Bentuk Non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Perpindahan Panas
2 (chapter 1 ; hal. 2 - 27) |
4 |
|||
6 | Sub CPMK4 - Mampu memahami dan menjelaskan pengertian perpindahan panas (CPMK 4) (S-9 , P-1 ) |
Mampu menyelesaikan pertanyaan - pertanyaan yang diberikan, berkaitan dengan panas dan kalor |
Kriteria :
Bentuk Penilaian test : Tugas Tertulis |
Metode Pembelajaran:
|
Perpindahan Panas dan kalor
2 (Chapter 2 ; Hal. 27 - 40) |
2 |
|||
7 | Sub CPMK5 - Mampu menjelaskan pengertian gas ideal (CPMK 6) (S-9 , P-1) |
|
Kriteria : Ketepatan dalam memahami pengertian gas ideal, menyelesaikan pertanyaan yang berkaitan dengan gas ideal. Bentuk test : Tugas tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Gas ideal
1 (Chapter 3-1 , 3-2, 3-4 ; Hal. 112 - 118) |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK6 : Mampu melakukan perhitungan efisiensi mesin (CPMK 6) (S-9 , P-1, KK-1) |
|
Kriteria :
Bentuk Test : Kuis |
Metode Pembelajaran:
|
Efisiensi mesin
1 (Chapter 6 - 3; Hal. 282 - 286) |
2 |
|||
10 | Sub CPMK7 : Mampu memahami pengertian proses thermodinamika pada mesin kalor (CPMK 6) (S-9 , P-1) |
|
Kriteria :
Bentuk test : Tugas tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
|
Proses thermodinamika mesin kalor
1 (Chapter 6 - 3; Hal. 282 - 286) |
2 |
|||
11 | Sub CPMK8 : Mampu memahami dan menjelaskan adiabatik dan isothermal (CPMK 2) (CPMK 6) (S-9 , P-1) |
Mampu memahami dan menjelaskan adiabatik dan isothermal |
Kriteria:
Bentuk Non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Adiabatik dan Ishothermal
1 (Chapter 5-2 ; Hal; 230-232 dan Chapter 6-2, 6 - 7 ; Hal. 281 - 301) |
5 |
|||
12 | Sub CPMK9 : Mampu memahami dan menjelaskan mengenai proses thermodinamika revesible dan irreversible (CPMK 7) (S-9 , P-1) |
|
Kriteria:
Bentuk Test : Tugas tertulis Bentuk Non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
reversible dan irreversible
1 (chapter 6-6 ; hal. 296 - 299) |
5 |
|||
13 | Sub CPMK10 : Mampu memahami dan menjelaskan hukum thermodinamika II (CPMK 2) (S-9 , P-1) |
|
Kriteria :
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
|
Hukum Thermodinamika II
1 (chapter 6 ; hal. 280 - 308) |
2 |
|||
14 | Sub CPMK 11 : Mampu memahami prinsip dari entropi (CPMK 2) (S-9 , P-1) |
|
Kriteria :
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Entropi
1 (chapter 7-1, 7-2 ; hal. 332 - 337) |
5 |
|||
15 | Sub CPMK 12 : Mampu memahami aplikasi hukum thermodinamika (CPMK8) (S-9 , P-1, KU-1, KK-1) |
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian Non-test: Diskusi & Keaktifan mahasiswa di dalam kelompok |
Metode pembelajaran : CBL (Interaktif, Integratif, Konstektual, Tematik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa) Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Aplikasi thermodinamika
1 dan 2 |
15 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Aryati Muhaymin Marali lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|