.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:10 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Komputer Aplikasi Manajemen |
JJ240617 |
0 |
2 |
2 |
84 |
4 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-4) Menguasai perkembangan teknologi khususnya di bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-5) Menguasai konsep teoritis manajemen proyek konstruksi (P-7) Menguasai issue terkini di bidang transportasi, teknologi jalan dan jembatan, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan dan keselamatan publik, lingkungan dan analisa dampak lingkungan akibat lalu lintas (andalalin) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu merumuskan esensi perancangan bangunan jalan dan jembatan sesuai dengan Standar Indonesia dan/atau Standar Internasional 2 (KK-5) Mampu merencanakan, melaksanakan, mengawasi proses konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan publik, serta menerapkan sistem manajemen, keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (SMK3L) dengan mengacu dokumen perancangan teknik rinci (KK-6) Mampu menerapkan prinsip manajerial pelaksanaan (biaya, mutu, waktu) sesuai dokumen kontrak, dokumentasi (arsip) dan aspek hukum yang berlaku (KK-7) Mampu menganalisis pekerjaan untuk menghasilkan laporan kemajuan pekerjaan (mingguan dan bulanan) (KK-8) Mampu mengevaluasi kesesuaian hasil kerja dengan perancangan teknik rinci dan Rencana Kerja dan Syarat (RKS) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menggunakan software sebagai alat bantu dalam perhitungan penjadwalan serta analisis kegiatan proyek, mampu menemukan sumber masalah selama jadwal pelaksanaan konstruksi sesuai dengan penjadwalan yang direncanakan, kemudian mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil perancangan penjadwalan yang komunikatif dengan teknik manual maupun digital mengelola pembelajaran secara mandiri. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu Menjelaskan Tentang Perangkat Aplikasi Manajemen Konstruksi Microsoft Project Secara Menyeluruh [C2,A2], Sub-CPMK 2 : Mampu Mengatur Jadwal Start serta Info Project [C2,A2] Sub-CPMK 3 : Mampu Mengatur Working Time serta melakukan modifikasi kalender [C2,A2] Sub-CPMK 4 : Mampu Menyusun Formula Pada Costum Field [C2,A2] Sub-CPMK 5 : Mampu Menjelaskan Isi Toolbar [C2,A2] Sub-CPMK 6 : Mampu Menyusun Resource Sesuai Standar Project [C2,A2] Sub-CPMK 7: Mampu Membuat Set Baseline [C2,A2] Sub-CPMK 8: Mampu Membuat Report (Critical Task, Kurva S, Dashboard) [C2,A2] Sub-CPMK 9 : Mampu Melakukan Tracking Waktu Menggunakan Costum Field [C2,A2] Sub-CPMK 10 : Mampu Melakukan Cost Control dari Costum Field [C2,A2] Sub-CPMK 11: Mampu Melakukan Update Project [C2,A2] Sub-CPMK 12 : Mampu Melakukan Status Date Untuk Pelaporan [C2,A2] Sub-CPMK 13 : Mampu Memasukkan Task dan Durasi [C2,A2] Sub-CPMK 14 : Mampu Memasukkan Volume Resource Dari AHSP [C2,A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini mempelajari tentang berbagai aplikasi program komputer di bidang Teknik Sipil, yaitu program Microsoft Project. Dengan menggunakan aplikasi program tersebut, mahasiswa dapat membuat alur program Microsoft Project, pemahaman logika pemrograman. Jobsheet Microsoft Project mempelajari cara-cara penggunaan Microsoft Project dalam perencanaan penjadwalan kegiatan konstruksi. Mahasiswa belajar untuk memodelkan penjadwalan berupa barchart, kurva dll. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Penjadwalan, Resources, dan Cost Control |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Laptop, Proyektor, Papan Tulis, Buku Ajar, Blended Learning Poltekba |
|||||||
Dosen Pengampu |
Fatmawati, |
Mata Kuliah |
Komputer Aplikasi Manajemen |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ240617 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu Menjelaskan Tentang Perangkat Aplikasi Manajemen Konstruksi Microsoft Project Secara Menyeluruh [C2,A2], |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan tentang perangkat aplikasi manajemen konstruksi microsoft project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Metode Ceramah BM, 2x50menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 1, BT, 2x60 menit |
1. Menjelaskan prosedur prokes selama perkuliahan 2. Pengertian aplikasi manajemen konstruksi microsoft project 3. Pengertian sumber daya proyek dan macamnya, serta pengertian SDP 4. Pengertian tahapan pelaksanaan proyek dan pengertian masing-masing tahapan Pustaka 6, 7, 8 |
4 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu Mengatur Jadwal Start serta Info Project [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mengatur jadwal mulai pekerjaan dan mendeskripsikan info pekerjaan (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas Mandiri BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Jadwal Start dan Info Project Referensi 6, 7, 8 |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mampu Mengatur Working Time serta melakukan modifikasi kalender [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan dan mengatur working time (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Mengatur working timedari data rencana anggaran biaya yang dimiliki Referensi 6, 7, 8 |
4 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mampu Menyusun Formula Pada Costum Field [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun formula pada costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Menyusun Formula dalam Costume Field Pustaka 5, 6, 7 |
4 |
|||
5 | Sub-CPMK 5 : Mampu Menjelaskan Isi Toolbar [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan isi toolbar dalam microsoft project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Isi toolbar dalam aplikasi microsoft project
Pustaka 5, 6, 7 |
4 |
|||
6 | Sub-CPMK 6 : Mampu Menyusun Resource Sesuai Standar Project [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun resource sesuai standart project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Sumber daya dalam proyek Pustaka 1, 6, 7 |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 7: Mampu Membuat Set Baseline [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun set baselinepelaksanaan proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Baseline Pustaka 1,7, 8 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 9 : Mampu Melakukan Tracking Waktu Menggunakan Costum Field [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta membuat laporan baik itu pekerjaan kritis dam penjadwalan kurva S (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Laporan, Pekerjaan Kritis, dan Dashboard Pustaka 2, 3, 6 |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK 10 : Mampu Melakukan Cost Control dari Costum Field [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta melakukan tracking time menggunakan costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Tracking Time Pustaka 3, 4, 6 |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 11: Mampu Melakukan Update Project [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menganalisis cost control dari costum field (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Cost controll Pustaka 7 Pustaka 8 |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 12 : Mampu Melakukan Status Date Untuk Pelaporan [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta melakukan update project (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Updated project Pustaka 7, 8 |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK 13 : Mampu Memasukkan Task dan Durasi [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun status date untuk pelaporan (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Status date Pustaka 6, 7 |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK 13 : Mampu Memasukkan Task dan Durasi [C2,A2] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun task dan durasi pelaksanaan proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit - Pemaparan materi task dan durasi Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
TAsk dn durasi pustaka 6, 7, 8 |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK 14 : Mampu Memasukkan Volume Resource Dari AHSP [C2,A2) |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mendeskripsikan serta menyusun volume sumber daya proyek (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Project Base Learning BM, 2x60menit - Pemaparan materi task dan durasi Tugas 4, BT, 2x60 menit Karakteristik: |
Resources Pustaka 6,7,8 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|