.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:aryati.muhaymin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:03 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Kinematika dan Dinamika |
AB120722 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Aryati Muhaymin Marali S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199209062022032009 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1 : Mampu memahami prinsip dasar kinematika dan dinamika CPMK2 : Mampu memahami dan menjelaskan vektor CPMK3 : Mampu memahami dan menjelaskan derajat kebebasan CPMK4 : Mampu memahami dan menjelaskan sifat-sifat gerakan CPMK5 : Mampu memahami rangkaian batang penghubung CPMK6 : Mampu memahami Pusat sesaat CPMK7 : Mampu menentukan kecepatan dengan kecepatan relatif CPMK8 : Mampu menentukan percepatan dengan kecepatan relatif CPMK9 : Mampu memahami Analisa gaya statis dalam mesin CPMK10 : Mampu menentukan translasi dan rotasi matriks pada suatu mekanisme CPMK11 : Mampu memahami prinsip dasar manipulator kinematis CPMK12 : Mampu merancang mekanisme |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1 : Mampu memahami prinsip dasar kinematika dan dinamika Sub CPMK 2 : Mampu memahami vektor Sub CPMK 3 : Mampu memahami dan menjelaskan derajat kebebasan Sub CPMK 4 : Mampu memahami lintasan dan kecepatan linier Sub CPMK 5 : Mampu memahami percepatan sudut dan kecepatan sudut Sub CPMK 6 : Mampu memahami pusat sesaat Sub CPMK 7 : Mampu mengetahui cara menentukan kecepatan Linier dengan pusat sesaat Sub CPMK 8 : Mampu memahami Prinsip-prinsip dasar Penentuan kecepatan dengan kecepatan relatif Sub CPMK 9 : Mampu memahami prinsip dasar daya statis dalam mesin Sub CPMK 10 : Mampu memahami pemindah gaya dalam suatu mesin Sub CPMK 11 : Mampu memahami prinsip mekanisme engkol peluncur Sub CPMK 12 : Mampu memahami rangkaian batang penghubung Sub CPMK 13 : Mampu memahami prinsip translasi dan rotasi matriks pada suatu mekanisme Sub CPMK 14 : Mampu memahami dan menentukan contoh manipulator kinematis Sub CPMK 15 : Mampu merancang mekanisme kinematika dan dinamika |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Kinematika dan Dinamika mempelajari konsep dasar kinematika dan |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Prinsip dasar kinematika dan dinamika |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Martin, G.H., Ir. Setiyobakti. Kinematika dan Dinamika Teknik. Ed.2nd. 2020. Erlangga |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Slides, Media video dan audio Alat : Laptop, LCD, papan tulis, alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Aryati Muhaymin Marali, |
Mata Kuliah |
Kinematika dan Dinamika |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB120722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1 : Mampu memahami prinsip dasar kinematika dan dinamika |
|
Kriteria:
Bentuk non-test:Diskusi dan cerama |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Prinsip dasar kinematika dan dinamika Modul & Jurnal Internet |
2 |
|||
2 | Sub CPMK 2 : Mampu memahami vektor |
|
Kriteria:
Bentuk Test : Tugas tertulis Bentuk non-test: Diskusi dan ceramah |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50')
|
Vektor Modul |
2 |
|||
3 | Sub CPMK 3 : Mampu memahami dan menjelaskan derajat kebebasan |
|
Kriteria :
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Derajat Kebebasan Modul |
2 |
|||
4 | Sub CPMK 4 : Mampu memahami lintasan dan kecepatan linier |
|
Kriteria :
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Lintasan dan kecepatan linier Modul |
2 |
|||
5 | Sub CPMK 5 : Mampu memahami percepatan sudut dan kecepatan sudut |
Mampu mengetahui dan memahami percepatan dan kecepatan sudut |
Kriteria : Kemampuan dalam memahami percepatan dan kecepatan sudut Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Percepatan dan kecepatan sudut Modul |
2 |
|||
6 | Sub CPMK 6 : Mampu memahami pusat sesaat |
|
Kriteria :
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Pusat Sesaat Modul |
2 |
|||
7 | Sub CPMK 7 : Mampu mengetahui cara menentukan kecepatan Linier dengan pusat sesaat |
|
Kriteria :
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Kecepatan linier dengan pusat sesaat Modul |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK 8 : Mampu memahami Prinsip-prinsip dasar Penentuan kecepatan dengan kecepatan relatif |
|
Kriteria :
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Kecepatan relatif Modul |
3 |
|||
10 | Sub CPMK 10 : Mampu memahami pemindah gaya dalam suatu mesin |
|
Kriteria :
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik, peserta didik melakukan riview jurnal perihal pemindah gaya dalam suatu mesin |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Gaya Statis - Pemindah daya dalam suatu mesin Modul |
4 |
|||
11 | Sub CPMK 11 : Mampu memahami prinsip mekanisme engkol peluncur |
|
Kriteria :
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Mekanisme engkol peluncur Modul |
4 |
|||
12 | Sub CPMK 12 : Mampu memahami rangkaian batang penghubung |
|
Kriteria :
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Rangkaian batang penghubung Modul |
3 |
|||
13 | Sub CPMK 13 : Mampu memahami prinsip translasi dan rotasi matriks pada suatu mekanisme |
|
Kriteria:
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Translasi dan rotasi matriks pada suatu mekanisme Modul |
2 |
|||
14 | Sub CPMK 14 : Mampu memahami dan menentukan contoh manipulator kinematis |
|
Kriteria:
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Manipulator Kinematis Modul |
10 |
|||
15 | Sub CPMK 15 : Mampu merancang mekanisme kinematika dan dinamika |
|
Kriteria :
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Aplikasi kinematika dan dinamika Modul |
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Aryati Muhaymin Marali lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|