.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mailbox.etc1@gmail.com |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:37 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pemrograman Web |
TE220619 |
1 |
1 |
2 |
56 |
4 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Erick Sorongan S.T., M.Eng. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198904222019031012 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-6) Mampu mengimplementasikan sistem kendali, mikrokontroler, PLC berdasarkan standar IEC (KK-8) Mampu mengintegrasikan sistem kendali dengan menggunakan komunikasi kabel dan atau nirkabel |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Menguasai pengetahuan perangkat pemrograman dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali, serta menguasai konsep teoritis tentang sains terapan (P3)(P5) CPMK-2: Mampu menggunakan teknologi informasi untuk rekayasa penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali dengan kinerja yang bermutu dan terukur dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KK5, KU2) CMPK-3: Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3, dan lingkungan. (KK4, KK6,KK7,KK8) CPMK-4: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri maupun bekerja sama dalam tim. (S9, KU5) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB-CPMK-1: Mampu merumuskan algoritma dan flowchart penyelesaian suatu masalah. SUB-CPMK-2: Mampu merancang dan mengimplementasikan user interface. SUB-CPMK-3: Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia. SUB-CPMK-4: Mampu menyusun fungsi, file, atau sumber daya pemrograman yang lain dalam organisasi yang rapi. SUB-CPMK-5: Mampu menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices SUB-CPMK-6: Mampu mengimplementasikan pemrograman terstruktur SUB-CMPK-7: Mampu menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Pemrograman Web adalah mata kuliah yang membahas tentang logika pemrograman serta perancangan dan pembuatan aplikasi berbasis web dengan bahasa Prepocessor Hypertext Programming (PHP) dan Framework. Selain itu mata kuliah ini juga mempelajari cara pembuatan user interface menggunakan bootstrap dan sekaligus koneksi ke database management system yang diterapkan pada bidang elektronika. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Merumuskan algoritma dan flowchart penyelesaian suatu masalah. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama : Pustaka Pendukung: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Erick Sorongan, |
Mata Kuliah |
Pemrograman Web |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE220619 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB-CPMK-1: Mampu merumuskan algoritma dan flowchart penyelesaian suatu masalah. |
1.1 Ketepatan menginstalasi alat bantu pengembangan web pada komputer kerja |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: 1. Kuliah dan Diskusi [PB: (1 x 50")] Catatan: Penugasan Terstruktur, Kegiatan Mandiri, dan Praktikum menggunakan RTM1 Karakteristik Pembelajaran: |
Pengantar Algoritma dan Flowchart Utama : |
2 |
|||
2,3 | SUB-CPMK-2: Mampu merancang dan mengimplementasikan user interface. |
2.1. Ketepatan merancang User Interface |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Mengimplementasikan dan mengidentifikasi rancangan user interface Utama : |
2 |
|||
SUB-CPMK-2: Mampu merancang dan mengimplementasikan user interface. |
3.1. Ketepatan mengembangkan program aplikasi yang sudah ada menjadi program aplikasi yang sesuai kebutuhan |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakterisik Pembelajaran: |
Mengimplementasikan User Interface Utama: |
10 |
||||
4,5,6,7 | SUB-CPMK-3: Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia. |
4.1. Ketepatan mengidentifikasi mekanisme running atau eksekusi source code |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia Utama: |
3 |
|||
SUB-CPMK-3: Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia. |
5.1. Ketepatan menggunakan Fungsi Javascript |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia Utama: |
2 |
||||
SUB-CPMK-3: Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia. |
6.1. Ketepatan mengeksekusi source code (XAMPP, PHP) |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia Utama: |
2 |
||||
SUB-CPMK-3: Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia. |
7.1. Ketepatan membuat Login Validation |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia Utama: |
10 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
10 |
|||||||
9 | SUB-CPMK-4: Mampu menyusun fungsi, file, atau sumber daya pemrograman yang lain dalam organisasi yang rapi. |
9.1. Ketepatan mengksekusi script Web sesuai skenario |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menyusun fungsi, file, atau sumber daya pemrograman yang lain dalam organisasi yang rapi Utama: |
5 |
|||
10 | SUB-CPMK-5: Mampu menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices |
10.1. Ketepatanmenggunakan tipe data dan kontrol program pada PHP |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices. Utama: |
5 |
|||
11,12,13 | SUB-CPMK-6: Mampu mengimplementasikan pemrograman terstruktur |
11.1. Ketepatan membuat program sederhana |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur Utama: |
2 |
|||
SUB-CPMK-6: Mampu mengimplementasikan pemrograman terstruktur |
12.1 Ketepatan membuat program menggunakan array |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur Utama: |
2 |
||||
SUB-CPMK-6: Mampu mengimplementasikan pemrograman terstruktur |
13.1 Ketepatan membuat data entry pada website |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur Utama: |
10 |
||||
14,15 | SUB-CMPK-7: Mampu menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing |
14.1 Ketepatan membuat fungsi Create & Read dari/ke database |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing Utama: |
10 |
|||
SUB-CMPK-7: Mampu menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing |
15.1. Ketepatan Membuat Program Update dan Delete pada PHP dengan Menggunakan Database MySQL |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Proyek ke-6: Karakteristik Pembelajaran: |
Menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing Utama: |
15 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
10 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Erick Sorongan lahir di Tarakan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|