.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:aryati.muhaymin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:45 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Manajemen Bengkel |
AB120222 |
1 |
1 |
2 |
42 |
2 |
26-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Aryati Muhaymin Marali S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199209062022032009 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) (KK-2) Mampu melaksanakan program perawatan terencana dan tidak terencana yang terdefinisi dengan jelas (well-defined) sesuai jadwal, checklist, analisis data yang relevan dengan service literature dengan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1 : Mampu memahami prinsip dasar manajemen bengkel CPMK2 : Mampu menjelaskan pengertian management CPMK3 : Mampu memahami dan menjelaskan maintenance management CPMK4 : Mampu memahami dan menerapkan Safety management CPMK5 : Mampu memahami prinsip manajemen pergudangan CPMK6 : Mampu memahami memahami prinsip supply chain management CPMK7 : Mampu memahami tire management CPMK8 : Mampu memahami manajemen perbengkelan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan prinsip manajemen Sub CPMK 2 : Mampu menjelaskan Unsur-unsur manajemen Sub CPMK 3 : Mampu memahami prinsip penyusunan tata letak Sub CPMK 4 : Mampu memahami prinsip Stretegi manajemen Sub CPMK 5 : Mampu memahami prinsip Sistem Manajemen K3 Sub CPMK 6 : Mampu memahami dan menjelaskan safety management Sub CPMK 7 : Mampu memahami prinsip pengertian gudang Sub CPMK 8 : Mampu memahami prinsip FIFO dan LIFO Sub CPMK 9 : Mampu memahami prinsip penerapan 5S Sub CPMK 10 : Mampu memahami prinsip manajemen ban Sub CPMK 11 : Mampu memahami manajemen alat berat Sub CPMK 12 : Mampu menjelaskan prinsip maintenance alat berat |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Manajemen Bengkel mempelajari tentang bagaimana memahami konsep manajemen bengkel, berinteraksi kerja dalam bengkel, perencanaan bengkel, pengorganisasian dan tata letak bengkel; memahami pengawasan, perawatan dan pemeliharaan bengkel; memahami manajemen keselamatan dan kesehatan kerja; merencanakan pengembangan bengkel |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Prinsip Manajemen |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Audio-visual pembelajaran, slides Alat : Laptop, LCD, white board, Alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Aryati Muhaymin Marali, |
Mata Kuliah |
Manajemen Bengkel |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB120222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan prinsip manajemen |
|
Kriteria :
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Manajemen Modul |
2 |
|||
2 | Sub CPMK 2 : Mampu menjelaskan Unsur-unsur manajemen |
|
Kriteria :
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Manajemen Modul |
2 |
|||
3 | Sub CPMK 3 : Mampu memahami prinsip penyusunan tata letak |
|
Kriteria :
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Maintenance manajemen Modul |
2 |
|||
4 | Sub CPMK 3 : Mampu memahami prinsip penyusunan tata letak |
|
Kriteria :
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Maintenance management Modul |
2 |
|||
5 | Sub CPMK 4 : Mampu memahami prinsip Stretegi manajemen |
|
Kriteria:
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Maintenance management Modul dan jurnal |
4 |
|||
6 | Sub CPMK 5 : Mampu memahami prinsip Sistem Manajemen K3 |
|
Kriteria:
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Safety management Modul |
5 |
|||
7 | Sub CPMK 6 : Mampu memahami dan menjelaskan safety management |
|
Kriteria:
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Safety management Modul |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK 7 : Mampu memahami prinsip pengertian gudang |
|
Kriteria:
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Manajemen pergudangan Modul |
2 |
|||
10 | Sub CPMK 8 : Mampu memahami prinsip FIFO dan LIFO |
|
Kriteria:
Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Supply chain management Modul |
2 |
|||
11 | Sub CPMK 9 : Mampu memahami prinsip penerapan 5S |
Mampu Memahami dan Menjelaskan Penerapan 5S |
Kriteria: Ketepatan dalam memahami dan Penerapan 5S Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Supply chain management Modul |
2 |
|||
12 | Sub CPMK 10 : Mampu memahami prinsip manajemen ban |
|
Kriteria :
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Tyre Management Modul |
2 |
|||
13 | Sub CPMK 10 : Mampu memahami prinsip manajemen ban |
Mampu memahami dan menjelaskan KPI TYRE ( Key Performance Indicator ) |
Kriteria : Mampu memahami dan menjelaskan KPI TYRE ( Key Performance Indicator ) Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Tyre Management Modul |
5 |
|||
14 | Sub CPMK 11 : Mampu memahami manajemen alat berat |
|
Kriteria:
Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Manajemen perbengkelan Modul |
10 |
|||
15 | Sub CPMK 12 : Mampu menjelaskan prinsip maintenance alat berat |
|
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu :
|
Manajemen perbengkelan Modul |
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Aryati Muhaymin Marali lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|