.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 1:53 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Metode Penelitian |
MP360921 |
2 |
0 |
2 |
28 |
6 |
02-03-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademi |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan bidang keahliannya untuk menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni (KK-4) Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni yang mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
1.Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni di bidangnya melalui penelitian untuk memberikan inovasi pada dunia Perhotelan 2. Memahami isu-isu terkini serta memiliki wawasan luas yang berkaitan dengan bidang Perhotelan 3. Menguasai konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran metodologi penelitian 4. Mampu mengaplikasikan teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu melalui proses pembelajaran metodologi penelitian terkait isu-isu di bidang Perhotelan 5. Mampu merancang penelitian skripsi dan mempresentasikannya dengan tanggung jawab dan etika |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Mampu mengkaji dasar-dasar penelitian 2. Mampu mengklasifikasi komponen-komponen dasar sebuah penelitian ilmiah 3. Mampu menjelaskan teori atau konsep ilmiah dalam mendapatkan tujuan penelitian 4 Mampu menyusun tahapan atau proses penelitian 5. Mampu menerapkan pendekatan kuantitatif pada penelitian Perhotelan 6. Mampu menerapkan pendekatan kualitatif pada penelitian Perhotelan 7. Mampu menjelaskan dasar validitas dan reabilitas data penelitian bidang Perhotelan 8. Mampu mengklasifikasi langkah dan alat analysis penelitian melalui reviu hasil penelitian bidang Perhotelan 9. Mampu menerapkan kaidah pengutipan dalam penelitian 10. Mampu menyusun rancangan penelitian sesuai kaidah penulisan penelitian ilmiah 11. Mampu menyajikan rancangan penelitian secara lisan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Metode Penelitian merupskan mata kuliah wajib pada program studi D-IV Pengelolaan Perhotelan. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS dan wajib lulus dengan nilai minimal C. Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prunsip dan metode penelitian yang akan digunakan saat melalukan penelitian SkripsiĀ | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Hakikat penelitian ilmiah |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Creswell, J.W. (2003). Research design: quantitative, qualitative, and mixed method approach (4th ed). Washington: SAGE Publication Inc |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, Proyektor, dan Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
Metode Penelitian |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP360921 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. Mampu mengkaji dasar-dasar penelitian |
1. Ketepatan menjelaskan hakikat penelitian ilmiah 2. Ketepatan mengemukaan kriteria atau karakter berpikir ilmiah |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran
Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): • Kuliah • Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
.1. Hakikat penelitian ilmiah 2. Kriteria berpikir ilmiah |
2 |
|||
2,3 | 2. Mampu mengklasifikasi komponen-komponen dasar sebuah penelitian ilmiah |
1. Ketepatan menjelaskan objek atau subjek penelitian ilmiah 2. Ketepatan menetapkan lokasi penelitian 3. Ketepatan merumuskan masalah penelitian 4. Ketepatan merumuskan tujuan penelitian 5. Ketepatan menguraikan variabel penelitian |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): • Kuliah Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
1. Subjek/Objek penelitian 2. Lokasi penelitian 3. Masalah dan tujuan penelitian 4. Variabel penelitian |
3 |
|||
2. Mampu mengklasifikasi komponen-komponen dasar sebuah penelitian ilmiah |
|
|
Proses belajar: 1 minggu x (2 SKS x 50') Kuliah: Diskusi Penugasan Terstruktur ( 1 minggu x (2 SKS x 60') Kegiatan Mandiri: 1 minggu x 2 SKS x 60' |
|
3 |
||||
4 | 3. Mampu menjelaskan teori atau konsep ilmiah dalam mendapatkan tujuan penelitian |
1. Ketepatan menetapkan teori untuk rancangan penelitian 2. Ketepatan mneguraikan pustaka yang relevan denngan topik penelitian 3. Ketepatan menentukan hipotesis penelitian |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): • Kuliah • Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
1. Teori-teori peneliian perhotelan 2. Kajian pustaka 3. Hipotesis penelitian |
4 |
|||
5 | 4 Mampu menyusun tahapan atau proses penelitian |
1. Ketepatan menyusun persiapan penelitian 2. Ketepatan menyusun langkahlangkah pelaksanaan penelitian 3. Ketepatan menyusun proses pelaporan hasil penelitian |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): •Kuliah •Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Proses persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan penelitian |
3 |
|||
6 | 5. Mampu menerapkan pendekatan kuantitatif pada penelitian Perhotelan |
1. Ketepatan mengidentifikasi metode kuantitatif pada isu atau topik penelitian perhotelan 2. Ketepatan menentukan data kuantitatif yang diperlukan dalam penelitian bidang perhotelan 3. Ketepatan menemukan sumber data kuantitatif penelitian bidang perhotelan 4. Ketepatan mengidentifikasi metode kualitatif dalam menjelaskan masalah penelitian bidang perhotelan Ketepatan menentukan data kuantitatif yang diperlukan dalam penelitian bidang perhotelan 5. Ketepatan menemukna sumber data kuantitatif penelitian bidang perhotelan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): • Kuliah • Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Pendekaan kuantitatif |
4 |
|||
7 | 6. Mampu menerapkan pendekatan kualitatif pada penelitian Perhotelan |
1. Ketepatan mengidentifikasi metode kualitatiff pada isu atau topik penelitian perhotelan 3. Ketepatan menemukna sumber data kuantitatif penelitian bidang perhotelan 4. Ketepatan mengidentifikasi metode kualitatif dalam menjelaskan masalah penelitian bidang perhotelan Ketepatan menentukan data kuantitatif yang diperlukan dalam penelitian bidang perhotelan 5. Ketepatan menemukna sumber data kualitatif penelitian bidang perhotelan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): • Kuliah • Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Pendekatan kualitatif |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | 7. Mampu menjelaskan dasar validitas dan reabilitas data penelitian bidang Perhotelan |
1. Ketepatan menjelaskan skala pengukuran penelitian 2. Ketepatn menguraikan langkah validasi data penelitian 3. Ketepatan mengidentifikasi reliabilitas data penelitian |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observas |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): •Kuliah •Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
1. Skala pengukuran 2. Validitas dan Reliabilitas |
4 |
|||
10,11 | 8. Mampu mengklasifikasi langkah dan alat analysis penelitian melalui reviu hasil penelitian bidang Perhotelan |
1. Ketepatan memahami isi laporan penelitian bidang perhotelan dengan teknik analiis profit chain 2. ketepatan memahami isi laporan penelitian bidang perhotelan dengan teknik analiis segmen pasar 3. Ketepatan menemukan berbagai alat analisis penelitian melalui isi laporan penelitian bidang perhotelan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): • Kuliah • Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Reviu hasil/laporan penelitian bidang perhotelan |
3 |
|||
8. Mampu mengklasifikasi langkah dan alat analysis penelitian melalui reviu hasil penelitian bidang Perhotelan |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk Penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses belajar (1 minggu x (2 sks x 50'):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60") Kegiatan Mandiri: (1 minggu x (2 sks x 60") |
Reviu hasil/laporan penelitian bidang perhotelan |
3 |
||||
12 | 9. Mampu menerapkan kaidah pengutipan dalam penelitian |
1. Ketepatan menggunakan software Mendeley dalam laporan penelitian 2. Ketepatan menyusun bibliografi sesuai pedoman laporan penelitian |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): • Kuliah • Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
1. Sitasi 2. Bibliografi |
3 |
|||
13,14 | 10. Mampu menyusun rancangan penelitian sesuai kaidah penulisan penelitian ilmiah |
1. Ketepatan menyusun bagian pendahuluan rancangan penelitian 2. Ketepatan menyusun bagian teori dan kajian pustaka rancangan penelitian 3. Ketepatan menyusun bagian metode rancangan penelitian |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: Portofolio |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): • Kuliah • Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Proposal Penelitian |
4 |
|||
15 | 11. Mampu menyajikan rancangan penelitian secara lisan |
1. Ketepatan menyusunan Salindia/Presentasi 2. Ketepatan memaparkan isi rancangan penelitian secara lisan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: Portofolio |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): • Kuliah • Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Presentasi rancangan penelitian |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
10. Mampu menyusun rancangan penelitian sesuai kaidah penulisan penelitian ilmiah |
1. Ketepatan menyusun bagian pendahuluan rancangan penelitian 2. Ketepatan menyusun bagian teori dan kajian pustaka rancangan penelitian 3. Ketepatan menyusun bagian metode rancangan penelitian |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: Portofolio |
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): • Kuliah • Diskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Proposal Penelitian |
4 |
||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|